8 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Ibu hamil dianjurkan untuk menerapkan pola makan sehat dengan nutrisi seimbang agar kehamilan dapat berjalan dengan lancar. Salah satu jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah buah naga. Karena kaya nutrisi, maka manfaat buah naga untuk ibu hamil memang cukup besar sehingga dapat dikonsumsi secara rutin.

Asal-Usul dan Kandungan Nutrisi Buah Naga

Pasti Bunda sudah familiar dengan buah naga, yang kulitnya memiliki warna pink tua dengan bentuk kulit seperti sisik besar.

Ada dua jenis buah naga yang banyak ditemukan, ada yang memiliki daging warna putih, dan ada yang dagingnya berwarna merah keunguan. Tidak ada perbedaan signifikan di antara kedua jenis buah naga ini selain warna dan nama latinnya.

Buah yang berasal dari Amerika Tengah kini banyak ditemukan di Asia, Mexico, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Buah ini tumbuh dari sejenis tanaman kaktus berjenis Hylocereus. Rasanya manis dan memiliki daging buah yang lunak. 

Menurut data dari Departemen Pertanian AS (USDA), di dalam 100 gram buah naga (kira-kira satu buah naga) terdapat kandungan nutrisi berupa: 

  • Kalori: 60 kcal.
  • Protein: 1,18 g
  • Lemak: 0 g
  • Karbohidrat: 12,94 g
  • Serat pangan: 2,9 g
  • Gula (total): 7,65 g
  • Kalsium: 18 mg
  • Zat besi: 0,74 g
  • Magnesium: 40 mg
  • Vitamin C: 2,5 mg
  • Vitamin A: 59 IU
  • Riboflavin: 0,1 mg
  • Niacin: 0,353 mg

Apa Saja Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil?

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, buah naga memiliki manfaat yang cukup banyak, di antaranya: 

Membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas

Ini karena buah naga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dalam bentuk betacyanins dan betaxanthins. Selain itu, kandungan antioksidan ini juga dapat membantu mencegah terjadinya peradangan di tubuh.

Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan dan tiamin yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin. Buah naga juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu tubuh menghasilkan energi, serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi.

Membantu menurunkan kadar gula dalam darah

Para peneliti menyebutkan hal ini mungkin terjadi karena kandungan antioksidan di buah naga membantu mengganti kerusakan sel-sel di pankreas, tempat produksi insulin (hormon yang membantu tubuh mengurai gula). 

Membantu menjaga saluran pencernaan

Buah naga mengandung prebiotik yang merupakan makanan bakteri baik di usus besar yang disebut probiotik. Ini membuat jumlah bakteri probiotik di usus besar semakin meningkat, terutama lactobacilli dan bifidobacteria. Bakteri-bakteri baik di usus ini dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini diberikan oleh kandungan kalsium. Tak hanya bermanfaat bagi janin, asupan kalsium juga penting bagi tulang dan gigi ibu hamil.

Membantu mencegah sembelit

Kandungan serat pangan yang cukup tinggi dapat membantu ibu hamil buang air besar dengan lancar. Apalagi, ibu hamil termasuk rentan mengalami sembelit. Konsumsi buah naga secara rutin dapat membantu mengatasi masalah ini.

Membantu menjaga kesehatan jantung

Di dalam daging buah naga terdapat biji-bijian berwarna hitam yang ternyata mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 serta minyak alami. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Membantu mencegah anemia

Kandungan zat besi di dalamnya lah yang memberi manfaat buah naga untuk ibu hamil ini. Zat besi membantu sel darah meningkatkan kapasitas membawa oksigen dengan meningkatkan kadar hemoglobin.

Buah naga termasuk buah yang aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Bunda dapat mengonsumsinya mentah, dibuat jus, atau smoothies. Hal yang penting, selalu jaga kebersihan tangan Bunda dengan mencuci tangan sebelum mengolah buah naga dan sebelum mengonsumsinya. 

Sumber:

Medical News Today. 2021. What are the proven benefits of dragon fruit?

Alodokter. 2020. Ini Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Patut Diketahui

Firstcry Parenting. 2018. Eating Dragon Fruit During Pregnancy – Is It Safe?

USDA Food Data Central. 2018. Dragon Fruit

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *