6 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik untuk Bunda Pertimbangkan

rekomendasi pompa elektrik

Bagi ibu menyusui, memompa ASI menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Bunda tentu ingin memiliki pompa ASI yang tepat dan nyaman saat digunakan untuk memerah ASI. Berikut ini rekomendasi pompa ASI elektrik yang bisa Bunda pertimbangkan dalam memilih pompa ASI.

Pertimbangan dalam Memilih Pompa ASI Elektrik

rekomendasi pompa elektrik

Pompa ASI eletrik umumnya menjadi pilihan bagi Bunda yang berencana untuk sering memompa ASI, bahkan bisa beberapa kali dalam sehari. Selain itu, kebanyakan ibu menyusui yang sibuk memilih pompa ASI elektrik karena tidak memiliki waktu banyak untuk memompa ASI menggunakan pompa manual. 

Untuk Bunda yang memilih pompa ASI elektrik, pertimbangkan hal-hal berikut sebelum membelinya:

  • Waktu yang Bunda miliki. Jika waktu Bunda untuk memompa ASI terbatas, maka ada baiknya Bunda memilih pompa ASI elektrik dobel.
  • Teknologinya. Ada ibu menyusui yang menyukai teknologi terbaru karena lebih memudahkan dalam memompa. Jika Bunda termasuk kelompok ini, maka tak ada salahnya untuk selalu update dengan produk pompa ASI elektrik terbaru.
  • Suara yang dihasilkan. Jika Bunda memompa ASI di ruangan yang digunakan bersama orang lain, maka ada baiknya memilih pompa ASI yang keunggulannya berupa motor yang bekerja dengan senyap.
  • Berat dan ukuran. Jika Bunda akan sering membawa-bawa pompa ASI saat beraktivitas, maka hal ini harus dipertimbangkan agar tidak merepotkan Bunda.
  • Lokasi memompa. Tak selamanya Bunda dapat menemukan colokan listrik untuk daya pompa ASI elektrik. Karena itu, Bunda sebaiknya memilih pompa elektrik yang juga bisa menggunakan baterai untuk bekerja.

Rekomendasi Pompa ASI Elektrik

Bagi Bunda yang masih bingung memilih pompa ASI elektrik, simak rekomendasi berikut ini untuk Bunda pertimbangkan:

Medela Pump In Style with Max Flow  

Seri terbaru dari Medela Pump In Style ini memiliki hospital grade. Teknologi terbaru Max Flow terinspirasi dari pompa ASI di rumah sakit yang dapat digunakan sampai beberapa kali dalam sehari, bisa digunakan baik di kantor maupun di rumah. Terbukti secara klinis dapat meningkatkan volume ASI sampai 11,8 persen. 

Pompa ASI elektrik dobel ini memiliki sistem tertutup sehingga memiliki semacam lapisan penghalang antara pompa dan aliran ASI yang dikumpulkan, sehingga ASI tidak masuk ke dalam pompa. Ini membuat ASI menjadi lebih higienis. Peralatan pun jadi lebih mudah dibersihkan.

Spectra S1+ Electric Breast Pump

Produk dari brand asal Korea ini ditujukan untuk mendukung para Bunda yang aktif untuk memerah ASI. Motor untuk Spectra seri S memiliki daya hisap yang kuat dan teknik isap step-by-step, sehingga optimal dalam memerah ASI dari payudara.

Bunda ingin memompa satu atau dua payudara sekaligus? Tidak masalah, karena produk ini dapat digunakan untuk keduanya. ASI juga dipastikan higienis karena Spectra memiliki lapisan penghalang antara aliran ASI dan motor pompa.   

Mom Uung Portable Breast Pump

Pompa ASI elektrik single ini termasuk salah satu yang menjadi favorit di Indonesia. Alasannya karena mudah dibawa, ringan, mudah digunakan, dan harganya yang terjangkau. 

Pompa ASI ini memiliki teknologi dua mode berupa pijatan dan hisapan (dapat digunakan sekaligus). Keunggulan lainnya dari pompa ASI ini adalah suara yang sangat senyap saat memompa serta hisapan tetap stabil walau kondisi baterai sudah lemah.

Philips Avent Single Electric Breast Pump

Pompa elektrik ini menerapkan sistem kenyamanan Bunda dalam memerah ASI. Harapannya, saat Bunda merasa nyaman saat menggunakan pompa, maka ASI akan keluar lebih banyak. Karena itu, pompanya didesain unik sehingga nyaman digunakan dalam posisi duduk tegak tanpa perlu membungkuk. 

Cup-nya memiliki petal cushion yang akan memijat payudara Bunda saat mulai bekerja. Tujuannya adalah untuk menstimulasi keluarnya ASI (let down reflex) dengan lembut. Pompa Philips Avent memiliki sistem tertutup sehingga ASI menjadi lebih higienis.

Pigeon Breast Pump Electric Pro

Ditujukan untuk membantu ibu saat tidak dapat menyusui langsung bayinya. Karena itu, setelah ASI diperah dengan pompa, ASI langsung masuk ke botol. Pompa elektrik single ini memiliki teknologi dua fase, dimulai dari fase stimulasi kemudian baru memerah. 

Penghisapannya dapat diatur sesuai keinginan Bunda, karena terdiri dari tujuh tingkat hisapan dan empat tingkat kecepatan isapan.

Medela Swing Single Electric Breast Pump

Pompa ini cocok untuk Bunda yang punya waktu ekstra untuk memompa ASI per payudara karena merupakan single pump. Desainnya ringkas dan ringan, sehingga mudah dan efisien untuk digunakan, serta dapat dibawa ke mana-mana. 

Teknologi dua fase Medela menyerupai pola mengisap alami bayi saat menyusu, sehingga ASI bisa keluar lebih banyak. Jadi setelah dua menit payudara Bunda distimulasi, baru pompa akan mulai memerah ASI.

Mudah-mudahan rekomendasi pompa ASI elektrik ini akan memudahkan Bunda dalam memilih pompa ASI sesuai kebutuhan. Jika masih bingung, tak ada salahnya meminta masukan dari komunitas ibu hamil mengenai pompa ASI elektrik terbaik versi mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *