Perlukah Bumil Konsumsi Biskuit Ibu Hamil?

biskuit hamil

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk menerapkan pola makan dengan gizi seimbang agar dapat memenuhi kebutuhan tumbuh kembang janin. Namun karena berbagai alasan, ada ibu hamil yang mengalami kurang gizi. Untuk membantu mencegah hal ini, pemerintah berinisiatif melakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil dalam bentuk biskuit ibu hamil. 

Biskuit Ibu Hamil untuk Ibu Hamil Kurang Gizi Kronis

servisitis pada ibu hamil

Anjuran untuk menerapkan pola makan dengan gizi seimbang bukan tanpa alasan lho, Bunda. Faktanya, ibu hamil yang kekurangan gizi kronis dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah (< 2,5 kg). 

Ibu hamil yang kurang gizi kronis, disebut juga kekurangan energi kronik (KEK), adalah ibu hamil yang memiliki lingkar lengan atas < ,5 cm. 

Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) dapat terjadi jika ia mengalami gangguan tumbuh kembang saat di dalam kandungan. Jika tidak dilakukan intervensi, maka bayi dengan BBLR memiliki dampak jangka pendek dan jangka panjang yang serius, misalnya:

  • Infeksi
  • Penyakit kuning
  • Pendarahan di otak
  • Menderita penyakit kronis (seperti diabetes dan sebagainya)
  • Gangguan perkembangan kognitif (seperti kesulitan belajar)

Karena ibu hamil yang mengalami kekurangan gizi kronis di Indonesia prevalensinya cukup tinggi, maka pemerintah berinisiatif untuk memberikan makanan tambahan. 

Makanan tambahan adalah makanan bergizi sebagai tambahan makanan utama untuk memenuhi kebutuhan gizi. Untuk ibu hamil, bentuknya adalah biskuit ibu hamil. 

Biskuit ibu hamil ini bisa didapatkan secara gratis di puskesmas. Walaupun gratis, tapi tentu saja yang diutamakan adalah ibu hamil yang mengalami kurang gizi kronis agar bisa melakukan pemulihan gizi. 

Kandungan Gizi dalam Biskuit Ibu Hamil

maag saat hamil

Menurut Panduan Penyelenggaraan PMT Pemulihan Bagi Balita Gizi Kurang dan Ibu Hamil KEK dari Kementrian Kesehatan RI, makanan tambahan pemulihan untuk ibu hamil yang kurang gizi kronis adalah sebagai berikut:

  • Makanan tambahan diutamakan berupa sumber protein hewani maupun nabati (misalnya ikan/telur/daging/ayam, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe dan tahu) serta sumber vitamin dan mineral yang terutama berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan setempat.
  • Makanan tambahan diberikan sekali sehari selama 90 hari berturut-turut.
  • Makanan tambahan pemulihan untuk ibu hamil berbasis makanan lokal dapat diberikan berupa makanan keluarga atau makanan kudapan lainnya.
  • Makanan tambahan pemulihan diutamakan berbasis bahan makanan atau makanan lokal. Jika bahan makanan lokal terbatas, dapat digunakan makanan pabrikan yang tersedia di wilayah setempat dengan memerhatikan kemasan, label dan masa kadaluarsa untuk keamanan pangan.

Biskuit ibu hamil merupakan bentuk makanan kudapan, bukan pengganti makanan utama. Di dalam satu porsi biskuit ini (100 gram) memiliki kandungan gizi berupa:

  • Energi: 520 kalori
  • Karbohidrat: 56 gram
  • Protein: 16 gram
  • Lemak: 26 gram
  • Vitamin berupa Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, dan E
  • Mineral berupa asam folat, zat besi, selenium, kalsium, natrium, zinc, yodium, dan fosfor.

Perlukah Mengonsumsi Biskuit Hamil?

vitamin a untuk ibu hamil

Untuk ibu hamil yang kurang gizi kronis pada kehamilan trimester pertama, dapat mengonsumsi biskuit ibu hamil sebanyak dua keping per hari. Sementara ibu hamil pada kehamilan trimester dua dan tiga sebanyak tiga keping per hari. 

Pemberian dilakukan sampai ibu hamil tak lagi kurang gizi kronis. Setelahnya, ibu hamil harus menerapkan pola makan dengan gizi seimbang.

Bolehkah ibu hamil yang sehat mengonsumsi biskuit ibu hamil ini? Sebenarnya boleh saja. Namun perlu diperhatikan bahwa kandungan kalori yang tinggi di dalam biskuit ini tergolong tinggi. 

Karena itu, jika ingin mengonsumsinya, harus dibatasi sedikit saja karena dapat berpotensi membuat Bunda mengalami kegemukan atau obesitas.

Untuk informasi lebih lengkap tentang biskuit ibu hamil, Bunda dapat menanyakannya langsung ke dokter kandungan, bidan, atau petugas di posyandu/puskesmas. 

Sumber:

Kementerian Kesehatan RI. 2019. Panduan Penyelenggaraan PMT Pemulihan Bagi Balita Gizi Kurang.

Alodokter. 2018. Konsumsi Biskuit Hamil saat Sedang Tidak Hamil.

Kementerian Kesehatan RI. 2016. Perbaikan Gizi untuk Generasi agar Mampu Menangkan Persaingan.

By dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *