Mengapa Bayi Senang Memasukkan Tangan ke Mulut?

Walaupun sudah memiliki anak sebelumnya, tapi perilaku-perilaku unik bayi tetap bisa membuat Bunda takjub. Seperti bayi yang senang memasukkan tangan ke mulut, lalu mengisap atau mengunyahnya. Apa penyebab bayi senang melakukan ini?

Penyebab Bayi Memasukkan Tangan ke Mulut

bayi memasukkan tangan ke mulut

Tergantung dari penyebabnya, bayi mulai memasukkan tangannya ke dalam mulut mulai dari saat ia baru lahir. Saat baru lahir, kemungkinan besar bayi melakukan ini karena rasa lapar.

Mengisap tangan dan jari-jarinya merupakan tanda awal kalau ia lapar dan ingin menyusu, termasuk menjilati bibir dan membuka-menutup mulutnya.

Selain karena lapar, ada beberapa penyebab lain yang membuat bayi senang memasukkan dan mengisap atau mengunyah tangannya di dalam mulut, seperti:

Eksplorasi tangan

Pada saat baru lahir, bayi baru saja menemukan bahwa ia memiliki sepasang tangan yang dapat ia kontrol. Ini membuat bayi jadi sangat tertarik untuk melakukan sesuatu dengan tangannya, termasuk memasukkan tangan ke mulut dan mengisap atau mengunyahnya.

Tumbuh gigi

Bayi umumnya baru mulai tumbuh gigi pada usia enam bulan, tapi ada bayi-bayi yang tumbuh gigi lebih awal pada usia 3-4 bulan. Mengisap atau mengunyah jari-jarinya dapat membantu meredakan rasa nyeri yang muncul akibat tumbuh gigi. Perhatikan tanda-tanda lain dari tumbuh gigi seperti air liur berlebihan dan bayi rewel.

Bosan

Saat bayi sedang bosan dan ingin menghibur dirinya sendiri, memasukkan tangan ke mulut dan mengunyahnya menjadi aktivitas yang menyenangkan baginya. Jika Bunda menduga bayi melakukan ini karena bosan, maka ajaklah bayi bermain atau melakukan kegiatan lain.

Menenangkan diri

Mengisap atau mengunyah tangannya juga merupakan salah satu cara bayi untuk menenangkan diri saat mereka terstimulasi berlebihan. Begitu juga saat bayi ingin membuat tubuhnya relaks saat hendak tidur, bisa jadi ia akan mengisap tangannya atau ibu jari.

Mengisap memang dapat membantu bayi menjadi lebih relaks dan mereka melakukannya secara refleks.

Normal, tapi Tetap Harus Dipantau

Berdasarkan penyebabnya, bayi yang memasukkan tangan ke mulut lalu mengisap atau mengunyahnya merupakan sesuatu yang normal terjadi. Bahkan bisa jadi merupakan bagian dari tumbuh kembangnya.

Walaupun begitu, Bunda sebaiknya tetap merespons kebutuhan yang ingin dia sampaikan dengan cara tersebut. Dengan mengenali penyebabnya, maka Bunda bisa merespons kebutuhannya dengan cara yang tepat.

Selain itu, saat bayi mulai mengeksplorasi keberadaan dan fungsi kedua tangannya, ini merupakan bagian dari tumbuh kembangnya.

Selanjutnya, bayi akan mulai menggunakan tangannya untuk memasukkan benda-benda di sekelilingnya ke dalam mulut. Hal ini ia lakukan untuk mengenali tekstur dan rasa dari benda-benda tersebut menggunakan lidah dan bibirnya. 

Namun karena bayi belum bisa membedakan benda yang berbahaya bagi dirinya dan yang tidak, maka tugas Bunda untuk melakukan baby-proofing di tempat bayi biasa beraktivitas. Bunda juga bisa memperkenalkan berbagai mainan sensory untuk bayi 

Selain memastikan keamanan dan kenyamanan bayi, Bunda juga harus selalu menjaga kebersihan tangan bayi agar nantinya tidak ada masalah kesehatan yang muncul. Sistem imun bayi masih belum sempurna, karena itu kuman yang masuk ke tubuhnya dari mulut dapat menyebabkan infeksi.

Bagaimana Jika Si Kecil Tak Menghentikan Kebiasaan Ini?

Umumnya bayi akan dengan sendirinya menghentikan kebiasaan memasukkan tangan ke mulut setelah usianya bertambah. Apalagi jika ia sudah menemukan aktivitas yang lebih menarik dibandingkan mengunyah atau mengisap tangannya.

Namun ada juga yang tetap melanjutkannya sampai usianya lebih dari 12 bulan. Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak mengenai waktu yang tepat untuk menghentikan kebiasaan ini. 

Bunda juga harus mempertimbangkan bahwa kebiasaan mengisap tangan atau ibu jari si Kecil dapat mengganggu pertumbuhan giginya. Jika masih usia bayi atau toddler, maka sebenarnya tak menjadi masalah.

Namun jika si Kecil masih mengisap ibu jarinya pada usia balita, maka berpotensi untuk mengganggu kondisi mulutnya.

Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter gigi anak tentang apa yang harus Bunda lakukan untuk menghentikan kebiasaan mengisap ibu jarinya.

Sumber:

Healthline. 2020. Why Is My Baby Sucking on Their Hand?

Parents. 2015. Why Do Babies Chew on Their Hands?

Flo. 2020. Why Do Babies Like Chewing on Their Hands?

By dr. Fatimah Hidayati, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *