Obat Pilek yang Aman untuk Ibu Menyusui

Sama halnya dengan saat hamil, Bunda perlu berhati-hati dalam memilih obat flu dan pilek. Bagaimana caranya agar tidak salah pilih obat? Apakah ada obat pilek untuk ibu menyusui yang aman? Temukan penjelasannya dalam paparan berikut ini. 

Apakah Pilek Sama dengan Flu?

Kedua kondisi kesehatan ini memang sering disamaratakan. Padahal ternyata antara pilek dan flu itu berbeda lho, Bun! 

Pilek adalah gangguan saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala yang biasanya muncul di antaranya adalah sakit tenggorokan, hidung mampet atau berair, bersin-bersin, batuk berdahak, lemas, maupun demam. 

Tanpa pengobatan, tetapi bila disertai istirahat yang cukup dan memperbanyak minum, pilek biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 sampai 10 hari. 

Sementara itu, flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, yaitu sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Berbeda dengan pilek yang bisa terjadi kapan saja, flu merupakan penyakit musiman.

Gejala flu biasanya lebih berat daripada pilek, di antaranya adalah demam tinggi selama 3–5 hari, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, sakit tenggorokan, dan sebagainya.

Obat Pilek yang Aman untuk Ibu Menyusui 

asam mefenemat untuk ibu hamil

Karena obat yang Bunda konsumsi dapat masuk ke dalam ASI, meskipun hanya sekitar 1% saja, namun akan lebih baik bila Bunda meminta rekomendasi dari dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan apa pun. 

Contohnya, obat pilek yang mengandung dekongestan cukup aman untuk Bunda yang sedang menyusui. Tetapi Bunda perlu waspada bila memilih obat dekongestan yang mengandung pseudoephedrine dan phenylephrine. 

Dekongestan memang sering digunakan untuk mengatasi gejala flu dan pilek, karena dapat membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat. Namun obat yang mengandung pseudoephedrine dapat mengurangi aliran ASI, karena memiliki efek membuat pembuluh darah di payudara menjadi lebih sempit. 

Selain itu, pada sebagian anak-anak, pseudoephedrine dapat menyebabkan rewel dan gelisah. Oleh karenanya, sebaiknya, obat flu atau pilek yang mengandung bahan ini dihindari saja. 

Ada kalanya obat pilek juga mengandung antihistamin. Antihistamin tergolong aman untuk Bunda menyusui, meskipun sering kali memberi efek mengantuk atau lemas. Bila Bunda mengonsumsi antihistamin, biasanya si Kecil juga akan terdampak sehingga ia akan lebih banyak tidur. 

Obat Pilek Apa yang Sebaiknya Dihindari?

obat maag untuk ibu menyusui

Agar tetap aman menyusui si Kecil meski sedang pilek, perhatikan hal-hal berikut:

  • Bila Bunda memilih tablet isap untuk meredakan sakit tenggorokan, pastikan bahwa tablet tersebut tidak mengandung povidone-iodine, bahan yang dapat meningkatkan kadar yodium di dalam ASI. Terlalu banyak mengonsumsi yodium dapat memicu terjadinya hipotiroidisme (Kondisi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup) pada bayi. 
  • Pilih obat pilek yang tidak mengandung alkohol.
  • Hindari minum obat pilek tanpa rekomendasi dokter.

Tips Mengatasi Pilek secara Alami

Untuk meredakan pilek, Bunda tidak selalu harus mengonsumsi obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi pilek secara alami di rumah, yaitu:

  • Minum kaldu hangat.
  • Minum teh yang dapat meredakan gejala flu, misalnya teh mint atau lemon.
  • Minum jus yang terbuat dari buah-buahan segar.
  • Minum madu. Bunda dapat mencampurkan 1 sendok madu ke dalam teh lemon, atau minum madu yang dicairkan dengan air hangat secukupnya dan ditambahkan jahe. 
  • Tambahkan suplemen vitamin C atau yang mengandung herbal Echinacea, yang dipercaya dapat membantu cepat memulihkan tubuh dari gejala pilek. 

Kapan Perlu ke Dokter?

Dalam kondisi normal dengan istirahat yang cukup, flu atau batuk akan mereda setelah 3-7 hari. Namun bila Bunda merasa gejalanya semakin parah, ada demam tinggi, napas berbunyi, atau ada rasa nyeri pada bagian wajah dan tubuh lainnya, hendaknya Bunda segera memisahkan diri dari si Kecil dan memeriksakan diri ke dokter. 

Mungkin untuk sementara Bunda bisa memberikan ASI perah kepada si Kecil agar ia tidak tertular pilek dari Bunda. Selain itu, lebih seringlah mencuci tangan dengan sabun, juga kenakan masker untuk menghindari tertularnya si Kecil. 

Sumber:

Healthline. 2016. Is It Safe to Take Cold Medicine While Breast-Feeding?

Mother and Baby. 2020. Ampuh! 9 Obat Pilek Alami untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui.

Halo Doc. 2018. Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu.

Halo Doc. 2021. Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Obat Flu untuk Ibu Menyusui.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *