Abadikan Momen Kehamilan, Ini Tips Maternity Shoot di Rumah

Masa kehamilan pasti menjadi momen penting bagi setiap ibu hamil dan juga keluarga. Perubahan perut Bunda yang semakin membesar pun tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri karena Bunda tahu si Kecil sedang tumbuh dengan sehat di dalam kandungan. Untuk itu, beberapa Bunda memilih untuk mendokumentasikan momen kehamilan ini agar bisa dikenang selamanya atau yang biasa disebut dengan maternity shoot.

Manfaat Maternity Shoot

Ketika Bunda melihat ibu hamil yang melakukan maternity shoot di media sosial, tak jarang timbul pertanyaan di benak kita, sebenarnya apa sih manfaat dari maternity shoot?  Ternyata maternity shoot tak hanya sekedar tren di media sosial semata, Bun. Maternity shoot juga memiliki banyak manfaat bagi Bunda. Di antaranya:

  • Merayakan kehamilan

Kehamilan pasti telah menjadi tantangan tersendiri bagi Bunda. Bunda pun merasakan betul bagaimana perjuangan menghadapi berbagai keluhan kehamilan mulai dari trimester pertama sampai trimester ketiga. Jadi tak ada salahnya untuk sedikit merayakan perjuangan Bunda dalam menjaga kesehatan kehamilan Bunda selama ini dengan maternity shoot.

  • Sebagai Kenang-kenangan

Bagi Bunda, setiap kehamilan pasti menjadi momen spesial yang tak akan bisa terulang. Bahkan ketika nanti Bunda hamil kembali, momen kehamilan tersebut pasti akan terasa berbeda karena masa kehamilan memiliki keunikannya masing-masing. Jadi rasanya pasti sayang kan jika tidak didokumentasikan?

Memiliki maternity shoot akan menjadi kenang-kenangan Bunda serta keluarga untuk bernostalgia dan mengingat kembali indahnya masa kehamilan. Foto tersebut juga akan menjadi pengingat bahwa Bunda pernah melewati masa kehamilan yang penuh dengan cerita.

  • Meningkatkan rasa syukur

Diberikan kesempatan untuk mengandung bayi dan merawatnya hingga dia dewasa adalah hal yang perlu disyukuri oleh setiap ibu. Dengan maternity shoot, Bunda dapat meningkatkan rasa syukur ini sehingga Bunda akan memiliki perasaan yang lebih positif sambil menantikan kelahiran si Kecil.

  • Mempererat hubungan suami istri

Melakukan maternity shoot kecil-kecilan di rumah bersama Ayah bisa jadi ide seru dan juga hemat, Bun. Sebelumnya, Ayah dan Bunda bisa berdiskusi seputar tema dan mempersiapkan perlengkapan foto bersama dengan menggunakan barang- barang yang ada di rumah. Hal ini dapat mempererat hubungan antara Ayah dan Bunda serta dapat menjadi quality time berdua.

  • Menumbuhkan self-love

Beberapa orang berpendapat bahwa ibu hamil akan memancarkan aura yang membuat mereka terlihat lebih bersinar. Namun, ada juga beberapa Bunda yang menjadi tidak menjadi percaya diri karena perubahan fisik yang terjadi pada tubuh mereka selama kehamilan. Dengan maternity shoot, Bunda dapat belajar menerima serta mencintai diri sendiri dengan segala perubahan bentuk tubuh Bunda.

Tips Melakukan Maternity Shoot di Rumah

Foto maternity shoot yang bagus tidak berarti harus selalu mahal dengan menyewa fotografer handal. Bunda dapat menyiasatinya dengan konsep maternity shoot yang lebih sederhana namun bermakna. Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Lakukan maternity shoot di rumah

Maternity shoot tak harus selalu mewah dengan menyewa fotografer mahal, Bun. Bunda dapat melakukannya di rumah dengan memanfaatkan barang-barang yang ada. Selain lebih hemat, maternity shoot di rumah juga lebih aman bagi Bunda di masa pandemi seperti ini. Untuk kameranya, Bunda dapat memanfaatkan kamera hape yang nantinya dapat di edit dengan berbagai macam aplikasi editing foto. Jika Bunda ingin konsep ala-ala studio foto, Bunda dapat memanfaatkan sprei polos untuk dijadikan background. Jangan lupa manfaatkan tripod dan timer pada kamera handphone untuk berfoto berdua Ayah ya, Bun!

  • Rencanakan waktu yang tepat

Biasanya maternity shoot dilakukan di trimester ketiga atau di minggu-minggu terakhir kehamilan. Bunda dapat memilih hari libur agar waktunya lebih santai. Lakukan persiapan sehari sebelumnya agar saat pemotretan Bunda dapat lebih fokus untuk berdandan atau memilih pakaian.

  • Pilih tema yang sederhana

Supaya persiapannya tidak terlalu repot, Bunda dapat memilih tema yang sederhana. Sesuaikan dengan pakaian yang Bunda miliki serta perlengkapan yang ada di rumah. Ingat, tujuan maternity shoot adalah untuk mendokumentasikan kebahagiaan Bunda, bukan untuk pamer konsep yang mewah.

  • Pilih pencahayaan terbaik

Foto yang bagus dapat ditentukan oleh pencahayaan yang baik. Bunda dapat memilih lokasi foto yang terang dengan cahaya matahari yang cukup seperti di sebelah jendela besar atau di halaman rumah.

  •  Bangun suasana dengan musik

Supaya suasananya lebih santai, Bunda dapat melakukan maternity shoot di rumah dengan menyetel lagu-lagu kesukaan Bunda. Musik juga dapat membuat Bunda merasa lebih nyaman dan bahagia sehingga ekspresi wajah Bunda dapat terlihat lebih bagus saat difoto.

Sumber:

Parents. 2005. Maternity Photography: A Growing Pregnancy Trend

Babylist. 2021. How to DIY Maternity shoot Like a Pro

Mom Loves Best. 2021. How to Take Maternity Photos

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *