10 Penguat Kandungan Alami, Penting Dikonsumsi Pada Trimester Pertama!

susah makan saat hamil

Bagi Anda yang sangat menunggu-nunggu kehamilan, momen ini tentu menjadi hal paling membahagiakan baik untuk Bunda maupun pasangan. Wajar jika Bunda akan melakukan berbagai cara untuk bisa menjaga kehamilan supaya bayi yang dikandung dapat tumbuh dengan sehat dan baik. 

Agar proses kehamilan berjalan lancar, Bunda perlu asupan vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih banyak. Namun, ada satu hal lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu penguat kandungan. 

Umumnya, di trimester pertama selain vitamin, dokter juga akan memberikan suplemen khusus penguat kandungan.  Tujuannya, untuk mencegah keguguran dan komplikasi kehamilan lainnya. Namun, selain mengonsumsi suplemen dari dokter, Bunda juga bisa mengonsumsi penguat kandungan alami. Bahan-bahannya tidak sulit didapatkan. Apa saja, sih? 

  1. Kuning telur 

Kuning telur memiliki kandungan multivitamin alami dan nutrisi yang bagus sebagai penguat kandungan alami untuk ibu hamil. Kuning telur memiliki kandungan kolina, vitamin D, protein, dan lemak. Kolina bermanfaat untuk memperkuat dinding rahim Bunda. Sedangkan, vitamin D bermanfaat untuk menjaga kekebalan janin sehingga bayi terhindar dari infeksi.

BACA: Adakah Manfaat Telur Rebus Untuk Ibu Hamil?

  1. Madu

Madu juga dipercaya memiliki kandungan penguat rahim alami. Carilah madu asli yang mengandung bee pollen sebagai sumber protein yang menguatkan kandungan Bunda. Kandungan vitamin, mineral, dan enzim dalam bee pollen juga bagus untuk perkembangan janin. Jika sulit mencari madu dengan tambahan bee pollen, jenis madu apa pun tak jadi masalah. Yang penting pastikan madu yang Bunda minum asli, bukan buatan dan bukan hanya mengandung gula saja, ya.

  1. Salmon

Salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3, khususnya DHA. Kandungan ini terbukti mampu menurunkan depresi pasca melahirkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Asam lemak omega-3 nya juga dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin dalam tubuh sehingga menjaga rahim Bunda tetap sehat.

  1. Bayam

Kandungan nutrisi asam folat dalam bayam dapat menjadi penguat janin alami dan mempercepat pertumbuhan plasenta. Asam folat juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga Bunda dapat terhindar dari anemia saat hamil. Selain bayam, sayuran hijau lainnya yang bagus untuk dikonsumsi juga adalah daun katuk atau daun kelor.

  1. Lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C. Meminum segelas air hangat yang dicampur dengan perasan lemon mampu membantu meningkatkan dan menjaga kekebalan rahim. Selain itu, buah ini juga mampu mencegah terjadinya infeksi rahim serta mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang umum terjadi selama hamil. Selain lemon, buah kaya vitamin C lainnya, seperti jeruk, jambu, kiwi, juga bisa Bunda konsumsi.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan serat, kalium/potasium, vitamin B, K, E dan C, serta lemak. Di samping itu, buah ini juga terkenal sebagai penguat rahim alami. Kandungan nutrisi dalam buah alpukat juga dapat meminimalkan terjadinya cacat tabung saraf dan mencegah terjadinya keram selama masa kehamilan.

  1. Brokoli

Brokoli kaya akan kandungan vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan agen antioksidan. Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada brokoli menjaga produksi sel darah merah, memperkuat tulang, mencegah penyakit, cacat lahir, dan meningkatkan asupan nutrisi selama awal kehamilan. Brokoli juga kaya serat yang dapat melancarkan pencernaan Bunda. 

  1. Pisang

Pisang memiliki kandungan asam folat yang sangat bermanfaat bagi kandungan Bunda. Pisang kaya nutrisi, seperti kalium, vitamin B6, dan mangan. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan serat sehingga membantu mengatasi sembelit selama kehamilan. 

  1. Susu

Pada awal kehamilan, Bunda membutuhkan asupan protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan janin. Kandungan kalsium alami dalam susu sangat baik dan mampu memasok kebutuhan kalsium dan protein di awal kehamilan. Kalsium juga penting untuk membangun tulang menjadi kuat pada ibu selama kehamilan. 

BACA: Bunda, Ini Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat mudah didapat dengan harga terjangkau di sekitar Bunda, seperti kacang hijau, kacang mede, dan kacang tanah. Kacang-kacangan adalah sumber nabati yang sangat baik dan kaya serat, protein, zat besi, magnesium, folat dan kalsium. Karena kandungan magnesium dan zat besi yang tinggi, kacang sangat baik dijadikan penguat kandungan alami untuk ibu hamil.

Itu dia sepuluh penguat kandungan alami untuk trimester pertama. Selain mengonsumsi makanan tersebut, Bunda juga perlu mengecek ke dokter dan menanyakan apakah tipe rahim Bunda termasuk kuat atau lemah. 

Bila memiliki rahim lemah, Bunda tidak boleh terlalu capek melakukan kegiatan dan biasanya dianjurkan untuk banyak beristirahat. Hindari juga kegiatan yang terlalu berat seperti naik tangga, olahraga berat, terlalu sering mengangkat barang berat, dan juga jongkok berdiri.

Sumber:

Apollo Spectra Hospital. 2017. Five Foods to Improve Uterus Health

The TOT. 10 Superfoods To Power Your Pregnancy

Cyoviva Singapore. 5 superfoods to strengthen your womb

By dr. Andri Welly, Sp. OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *