Kenapa ya, Sering Mual Setelah Minum Vitamin Prenatal?

Trimester pertama adalah proses di mana sebagian besar pertumbuhan paling penting pada bayi terjadi, seperti pembentukan organ, sistem saraf dan tulang belakang. Mengonsumsi vitamin atau suplemen prenatal jadi hal penting bagi Bunda saat kehamilan.

Vitamin prenatal dapat membantu untuk memenuhi semua nutrisi untuk Bunda dan si Kecil selama kehamilan. Namun beberapa gejala yang dialami Bunda, seringkali juga merasakan mual setelah minum vitamin prenatal.

Penyebab Mual setelah Minum Vitamin Prenatal

konsumsi obat saat hamil

Ada tiga alasan utama vitamin prenatal bisa membuat Bunda mual, sakit, atau tidak nyaman:

  • Terlalu banyak zat besi yang diterima tubuh

Meskipun zat besi ada di sebagian besar vitamin prenatal kapsul, ini adalah salah satu bahan paling umum yang dapat membuat Bunda merasakan mual. Setiap ibu hamil memiliki kebutuhan zat besi yang berbeda setiap kehamilan yang dijalaninya.

Terlalu banyak zat besi, yang dapat dengan mudah terjadi dengan suplemen, dapat mengakibatkan efek samping seperti sembelit, mual, muntah, atau diare. Di sisi lain, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, kelelahan, atau suhu tubuh rendah.

Periksa dan lihat apakah vitamin yang Bunda konsumsi mengandung zat besi. Kemudian, konsultasikan dengan dokter  untuk melihat apakah Bunda membutuhkan suplemen zat besi lebih. Hal ini dapat diketahui dengan melakukan prosedur pengambilan darah sederhana.

  • Vitamin tidak dapat diserap tubuh Bunda dengan baik

Beberapa vitamin dibuat dari vitamin yang dibuat secara sintetis. Ini hanyalah bahan kimia yang mencoba meniru apa yang terjadi secara alami di alam. Misalnya, asam folat adalah bentuk sintetis (buatan manusia) dari folat. 

Vitamin makanan utuh dipadatkan dan dipekatkan dari buah dan sayuran asli. Biasanya, tubuh Bunda memiliki lebih sedikit pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyerap dan menggunakan seluruh vitamin makanan. Jika Bunda mengonsumsi vitamin sintetis, asam folat mungkin bukan satu-satunya vitamin sintetis yang sebenarnya tidak dapat dicerna oleh tubuh Bunda dengan baik

Tips Mengonsumsi Vitamin Prenatal Agar Tidak Mual

suplemen prenatal
  • Minum di saat yang tepat

Cobalah mengkonsumsi vitamin prenatal Bunda pada saat Bunda tidak merasa mual. Jika Bunda merasa lebih sering mual di pagi hari akibat morning sickness, Bunda bisa mencoba konsumsi vitamin pada siang hari atau sebelum tidur malam.

  • Makan terlebih dahulu sebelum konsumsi vitamin

Kapan pun Bunda minum vitamin prenatal pastikan perut tidak kosong. Memang pada jenis vitamin tertentu lebih baik dikonsumsi saat perut kosong, namun hal ini bisa dikesampingkan bila Bunda lebih nyaman dalam kondisi perut tidak kosong.

Jika Bunda tidak bisa makan apa pun pada pagi hari, sebaiknya hindari minum vitamin pagi, karena konsumsi terbaik adalah setelah makan. Jika Bunda baru bisa makan di siang hari, Bunda bisa coba minum vitamin di siang hari setelah makan. 

  • Minta vitamin rekomendasi dari dokter Bunda

Jika vitamin prenatal Bunda masih membuat sakit atau mual, dokter kandungan Bunda mungkin dapat meresepkan vitamin yang cocok untuk Bunda. 

Ibu hamil membutuhkan vitamin yang membuatnya nyaman karena Bunda tidak perlu berhenti meminumnya setelah si Kecil lahir. Kebanyakan dokter menyarankan untuk melanjutkan vitamin prenatal selama menyusui, atau lebih lama jika Bunda ingin segera memiliki bayi lagi. Jika ragu, tanyakan kepada dokter Bunda tentang vitamin prenatal dan suplemen lain yang Anda konsumsi.

Zat besi dalam vitamin prenatal bisa sangat sulit dicerna, jadi Bunda mungkin mendapatkan formulasi dengan lebih sedikit atau tidak sama sekali, untuk saat ini. Jika hal ini tidak sesuai kebutuhan selama trimester pertama, maka efek samping lainnya yang tidak menyenangkan dapat terjadi seperti sembelit.

Satu vitamin B6 yang tinggi (piridoksin) dapat meredakan mual, tanyakan kepada dokter Bunda apakah disarankan untuk konsumsi suplemen B6 tambahan. Atau tanyakan kepada dokter Bunda mengenai suplemen yang dapat dikunyah (gummy) untuk ibu hamil.

Namun yang pasti harus dipastikan adalah, apakah Bunda memerlukan multivitamin prenatal lebih atau tidak seperti biasanya. Jika Bunda menggunakan garam beryodium, banyak konsumsi makanan yang diperkaya vitamin D dan makan makanan yang seimbang, Bunda mungkin hanya memerlukan suplemen asam folat untuk saat ini.

Sumber

Parents. 2021. Why Am I Not Getting Pregnant? 

What to Expect. 2020. Prenatal Vitamins and Nausea

By dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *