Awas Salah, Ini Perbedaan Flek Menstruasi dan Flek Hamil

flek saat hamil

Umumnya, keluarnya flek darah pada wanita dapat menjadi tanda awal menstruasi. Namun ternyata, flek darah juga dapat menjadi salah satu ciri kehamilan. Miripnya flek pada awal menstruasi dan tanda kehamilan seringkali membingungkan karena keduanya cukup sulit untuk dibedakan.

Tetapi, Bunda perlu mengetahui bagaimana cara membedakan flek awal menstruasi dan tanda kehamilan agar Bunda lebih waspada. Apa penyebab keluarnya flek saat hamil? Lalu bagaimana cara membedakan flek menstruasi dan flek hamil? Berikut penjelasannya, Bun.

BACA: Keluar Flek Hitam Saat Hamil? Ini Cara Menghadapinya, Bun

Penyebab Flek saat Hamil

flek terus menerus

Keluarnya flek dapat menjadi salah satu tanda kehamilan yang dialami oleh ibu hamil. Umumnya, flek saat hamil hanya berupa pendarahan ringan dengan bercak darah berwarna coklat atau merah gelap. Flek ini dapat terjadi selama masa kehamilan terutama pada trimester pertama.

Flek dapat menjadi tanda awal kehamilan karena disebabkan adanya proses implantasi yang terjadi pada 6-12 hari setelah pembuahan. Implantasi merupakan proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi. Sel telur yang telah dibuahi ini akan berpindah dari saluran tuba falopi ke rahim lalu menempel di dinding rahim atau endometrium.

Tujuan perpindahan tersebut adalah agar embrio dapat menerima nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk tumbuh menjadi janin di dalam kandungan. Lapisan rahim yang mengandung banyak darah membuat adanya darah keluar sedikit dari vagina saat proses penempelan embrio ke dinding rahim. Hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya flek di awal kehamilan.

BACA: Normalkah Mengalami Flek Saat Hamil Muda?

Cara Membedakan Flek Menstruasi dan Hamil

flek hamil muda

Keluarnya flek darah merupakan gejala sering terjadi pada awal kehamilan. Kondisi ini juga sering disebut dengan istilah pendarahan implantasi. Namun gejala keluarnya flek darah saat hamil mirip sekali dengan flek darah yang keluar saat menstruasi. Untuk membedakannya, berikut ini beberapa perbedaan flek menstruasi dan flek hamil:

1.    Warna darah

Salah satu hal yang dapat membedakan antara flek menstruasi dan flek hamil adalah warna darah. Pada saat menstruasi, bercak darah biasanya berwarna merah gelap dan berubah menjadi lebih terang serta terlihat seperti darah segar serta menjadi lebih banyak. Sedangkan bercak atau flek tanda kehamilan umumnya berwarna merah kecoklatan.

2.    Penggumpalan darah

Saat menstruasi biasanya darah yang keluar juga disertai dengan gumpalan darah yang mengandung darah serta jaringan. Namun pada flek kehamilan, pendarahan cenderung ringan dan hanya berupa tetesan atau bercak darah.

3.    Durasi keluarnya flek

Perbedaan lain dari flek menstruasi dan flek hamil dapat dilihat dari durasi atau lamanya pendarahan. Berbeda dengan darah menstruasi yang akan keluar semakin deras dan dapat berlangsung selama 3-7 hari, pendarahan saat proses implantasi cenderung lebih ringan dan berlangsung selama maksimal 3 hari.

4.    Nyeri atau kram perut

Rasa nyeri atau kram yang disebabkan menstruasi biasanya cenderung lebih sakit dan berlangsung intens serta memiliki durasi yang lama. Seperti halnya pada saat menstruasi, pendarahan implantasi juga dapat menyebabkan kram di bagian perut bawah namun umumnya cenderung lebih ringan dan hanya sebentar.

5.    Konsistensi pendarahan

Pada saat menstruasi, pendarahan akan berlangsung terus menerus sampai menstruasi berakhir. Sedangkan flek hamil atau pendarahan implantasi akan muncul secara on-off atau terkadang ada dan terkadang berhenti.

6.    Adanya gejala lain

Cara selanjutnya untuk mengetahui perbedaan flek menstruasi dan flek hamil adalah dengan memperhatikan gejala-gejala yang menyertainya. Flek tanda awal kehamilan umumnya disertai dengan berbagai gejala kehamilan lain seperti:

  • Perubahan suasana hati yang cepat (mood swings)
  • Terlambat menstruasi
  •  Sering buang air kecil
  • Payudara terasa kencang
  •  Mual dan muntah
  • Meningkatnya suhu tubuh
  • Perut kembung
  • Sembelit

Bagi sebagian wanita, flek atau pendarahan ringan yang ditandai dengan keluarnya bercak darah mungkin akan membingungkan karena hal ini dapat menjadi tanda menstruasi dan juga tanda awal kehamilan. Namun, jika Bunda mengalami flek 1-2 minggu setelah berhubungan intim, hal ini dapat menandakan bahwa Bunda sedang hamil.

Bunda dapat melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan alat tes kehamilan atau test pack  untuk memastikannya. Jangan lupa untuk segera kunjungi dokter jika test pack menunjukkan hasil positif untuk pemeriksaan lebih lanjut.

BACA: Penyebab Ada Flek Setelah Berhubungan Seks Saat Hamil

Sumber:

Healthline. 2020. Implantation Bleeding vs. Period Bleeding: How to Tell the Difference

Parents. 2021. Is It Implantation Bleeding or Your Period? Here’s How to Tell

What to Expect. 2021. Is It Implantation Bleeding or Just My Period?

By dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *