To Do List yang Perlu Bunda Lakukan Saat Hamil

Kehamilan mungkin adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu pasangan yang baru menikah. Apabila ini adalah kehamilan yang pertama, Bunda mungkin masih bingung apa saja yang perlu dipersiapkan selama kehamilan.

Kami akan menjelaskan satu per satu to do list yang perlu Bunda lakukan untuk menyambut kehamilan. Yuk, langsung cek saja! 

  1. Menentukan metode persalinan

Pertama-tama yang perlu Bunda pikirkan adalah metode persalinan apa yang ingin Bunda lakukan saat lahiran nantinya. Hal ini perlu dipikirkan dari awal karena akan mempengaruhi pemilihan dokter kandungan. Bila ingin persalinan normal, pastikan dokter kandungan yang Bunda pilih memahami dan sejalan dengan keinginan Bunda.

Namun, jika misalnya Bunda memiliki beberapa indikasi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk melalui persalinan normal, Bunda bisa mengeceknya terlebih dahulu. Nanti, dokter kandungan yang bisa menentukan apakah kondisi Bunda harus melalui persalinan caesar atau tidak. 

  1. Memilih dokter kandungan

Memilih dokter kandungan adalah hal yang paling penting. Selain mencari yang terbaik, carilah yang paling Bunda merasa nyaman. Dokter kandungan akan terus berhubungan dan memberi update tentang perkembangan janin. 

Dokter kandungan juga adalah dokter yang nantinya akan membantu persalinan Bunda. Bila Bunda merasa kurang nyaman dengan dokter laki-laki, pilihlah dokter perempuan. Di samping itu, cari juga dokter yang mampu menerangkan secara detail, lengkap, dan pastinya jelas. 

  1. Pilih tempat bersalin dan cari tahu biayanya

List saat hamil lainnya yang perlu Bunda cari adalah tempat bersalin. Biasanya tempat bersalin akan mengikuti tempat praktek dokter kandungan. 

Ada dokter kandungan yang hanya praktek di satu rumah sakit, ada juga yang praktek di beberapa rumah sakit. Bila dokter tersebut praktek di beberapa rumah sakit, Bunda bisa menentukan rumah sakit terbaik atau yang bujetnya paling sesuai. Jarak rumah sakit dengan rumah juga perlu diperhatikan.

Setelah mengetahui tempat bersalin, cari tahu biaya persalinan, mulai dari normal hingga caesar. Jika Bunda menggunakan BPJS atau asuransi lainnya, pastikan juga rumah sakit tersebut menerima asuransi yang hendak Bunda gunakan. Bila Bunda tidak memiliki asuransi apapun maka Bunda bisa mulai mengumpulkan biaya persalinan sedini mungkin atau Bunda segera mengurus asuransi yang Bunda kehendaki.

  1. Baca buku, literasi, atau informasi terkait kehamilan

Hal terpenting selama hamil adalah memperkaya informasi terkait kehamilan. Vitamin apa saja yang perlu dikonsumsi, makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, serta berbagai hal yang biasa terjadi pada ibu hamil. Dibandingkan percaya dengan mitos-mitos yang ada, kebenaran dan fakta tentang kehamilan sudah banyak bisa Bunda dapatkan di internet.

  1. Cari tahu vaksinasi yang bisa Bunda dapatkan saat hamil

Ada beberapa vaksinasi yang seharusnya perempuan dapatkan sebelum hamil. Namun, jika Bunda melewatkannya dan belum mendapatkannya sebelum hamil, tanya pada dokter apa saja vaksinasi yang bisa dilakukan saat hamil. Karena beberapa penyakit cukup berbahaya jika terkena ibu saat hamil. 

  1. Mempersiapkan perlengkapan bayi di usia kehamilan 7 bulan

Usia kehamilan 7 bulan adalah waktu yang paling tepat untuk Bunda menyiapkan perlengkapan bayi. Bunda bisa mencari tahu perlengkapan bayi apa saja yang paling dibutuhkan dan apa yang kurang dibutuhkan. Dengan begitu, Bunda tak lantas kalap membeli barang-barang yang sekiranya tidak terlalu penting. Semua informasi ini bisa Bunda dapatkan di Diary Bunda. 

  1. Mempersiapkan hospital bag

Mendekati HPL, Bunda sudah bisa mulai menyiapkan hospital bag. Hospital bag berisikan barang-barang yang Bunda butuhkan di rumah sakit nantinya. Bra dan baju menyusui, korset, pompa ASI, baju bayi adalah beberapa list yang bisa dimasukkan ke dalam hospital bag. Jika sewaktu-waktu Bunda harus melahirkan, Bunda tak perlu lagi kerepotan menyiapkan perlengkapan ini. Terlebih ini juga memudahkan Ayah ketika Bunda harus segera ke rumah sakit untuk bersalin, Ayah bisa langsung membawa hospital bag yang telah Bunda siapkan.

  1. Memilih dokter anak

Memilih dokter anak juga adalah salah satu to do list yang sering dilupakan oleh ibu hamil. Padahal, mencari dokter anak yang cocok itu, gampang-gampang susah lho, Bun! 

Biasanya, dokter anak akan dipilihkan langsung oleh pihak rumah sakit untuk memeriksa bayi yang baru lahir. Namun, ada juga yang membiarkan pasien memilih sendiri dokter anak untuk bayinya. Dokter anak ini pasti dibutuhkan setiap kali lahiran untuk memeriksa APGAR (respon bayi baru lahir), berat badan dan panjang bayi, serta beberapa hal lainnya. 

  1. Belajar tentang perawatan bayi baru lahir

Hal yang tak kalah penting adalah belajar tentang perawatan bayi baru lahir. Biasanya, Bunda akan mempelajarinya dari bidan sesaat setelah melahirkan. Namun, jauh sebelum itu, Bunda bisa membaca-baca artikel terlebih dahulu terkait hal ini. Dengan begitu, Bunda sudah memiliki pengetahuan dan informasi sebelum nantinya mempraktekkan dengan bayi sendiri. 

  1. Belajar tentang menyusui

Menyusui bayi dengan ASI adalah harapan semua ibu. Tentu saja Bunda menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Agar si kecil bisa merasakan ASI mulai dari mereka lahir, Bunda perlu belajar tentang menyusui. Karena menyusui bukan keahlian yang otomatis didapat ketika melahirkan, namun harus Bunda pelajari agar proses menyusui berlangsung baik dan menyenangkan. Bunda bisa belajar juga bagaimana merangsang produksi ASI semenjak masih hamil. 

Sumber:

Parents. 2022. Your Pregnancy To-Do List

NHS. 2021. Your pregnancy to-do list

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *