Perlukah Pakai Gurita Setelah Melahirkan?

Sudah menjadi hal yang umum di Indonesia jika setelah melahirkan, Bunda dianjurkan memakai gurita oleh orang tua. Gurita merupakan semacam kain dengan banyak tali yang diikat pada perut. Banyaknya tali ikat membuat bentuk kain ini mirip gurita.

Manfaat pakai gurita dipercaya dapat mengembalikan kembali bentuk perut dan tubuh ibu pasca melahirkan ke bentuk semula. Namun, sebenarnya perlukah pakai gurita setelah melahirkan? Coba cari tahu jawabannya di sini.

Perlukah Pakai Gurita Pasca Melahirkan?

Sumber: Mooimom

Dilansir dari situs WebMD pada artikel yang berjudul “What is a postpartum belly wrap?” dijelaskan bahwa pemakaian gurita sangat disarankan bagi wanita pasca bersalin. Pemakaian gurita tidak hanya boleh untuk wanita dengan riwayat lahir normal, tetapi juga lahir caesar.

Penggunaan gurita memiliki banyak keunggulan dan manfaat baik untuk tubuh Bunda setelah melahirkan. Ini dia beberapa fungsinya.

BACA: Bayi Pakai Gurita, Amankah?

Manfaat Pakai Gurita Setelah Melahirkan

Memakai gurita setelah melahirkan ternyata dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh Bunda kembali dan banyak membawa pengaruh baik bagi tubuh. Berikut penjelasannya.

Mengurangi nyeri punggung

Setelah melahirkan, tentunya tubuh perlahan kembali menyesuaikan bentuk tubuh Bunda. Tidak sedikit Bunda yang mengalami nyeri punggung selama masa kehamilan. Nyeri punggung disebabkan akibat beban pada masa kehamilan pada area perut.

Nyeri punggung masih bisa dirasakan meski setelah melahirkan. Bunda bisa menggunakan gurita setelah melahirkan sebagai salah satu cara mengurangi nyeri punggung.

Membantu mengembalikan organ setelah melahirkan

Pakai gurita pasca melahirkan ternyata memiliki manfaat untuk mengembalikan otot dan organ tubuh setelah melahirkan. Saat hamil, organ dalam tubuh juga bergerak dan menyesuaikan bentuk tubuh untuk memberi ruang bertumbuh bagi bayi di dalam rahim.

Setelah melahirkan, organ-organ tubuh perlahan kembali ke posisi semulanya. Jika Bunda menggunakan gurita dengan benar, gurita dapat membantu menopang dasar panggul organ-organ dan otot terbantu kembali ke posisi asalnya dengan lebih baik.

● Mengembalikan jaringan kulit yang longgar

Saat hamil, tubuh memproduksi hormon yang dapat membuat jaringan pada paha, iga, dan pelvis Bunda lebih rileks dan longgar. Hormon ini membuat tubuh lebih nyaman dalam menopang kehamilan Bunda.

Setelah melahirkan, jaringan kulit ini masih longgar dan butuh waktu untuk kembali normal. Pakai gurita setelah melahirkan dapat membantu menguatkan kembali jaringan kulit yang longgar dan membuatnya kencang kembali.

● Mengurangi sakit pasca operasi caesar

Banyak yang bertanya, apakah boleh menggunakan gurita setelah melahirkan caesar? Pakai gurita setelah melahirkan caesar justru dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada bekas operasi dan mempercepat penyembuhan.

Penggunaan gurita dapat mengurangi rasa sakit di area bekas operasi karena gerakan, guncangan, dan sebagainya dapat diminimalisir. Gunakan gurita pada minggu ke enam hingga delapan minggu pasca operasi caesar ya, Bunda.

● Membantu mengembalikan postur tubuh

Saat hamil, postur tubuh menjadi berubah dan tidak ideal. Manfaat pakai gurita setelah melahirkan dapat membantu Bunda untuk mengembalikan postur tubuh menjadi tegak dan ideal kembali.

Resiko Menggunakan Gurita

Meski memiliki banyak manfaat dalam penggunaannya, penggunaan gurita juga memiliki resiko tertentu. Beberapa diantaranya adalah:

Nyeri pada bekas operasi caesar

Penggunaan gurita yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa sakit pada area luka bekas operasi. Periksa kembali pemakaian gurita. Penggunaan yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan rasa nyeri.

Bunda bisa menyesuaikan pemakaian gurita senyaman Bunda. Jika rasa nyeri terus berlanjut, baiknya Bunda tanyakan kepada dokter kandungan untuk mendapatkan arahan yang tepat.

● Gatal 

Pemakaian yang terlalu ketat dan kencang pada perut dapat menyebabkan rasa gatal dan ruam pada area perut.

● Kesulitan bernafas

Terlalu ketat tekanan pada perut juga dapat menyebabkan Bunda kesulitan bernapas. Jangan mengikat terlalu kencang untuk membuat Bunda tetap dapat beraktivitas dengan nyaman dan bernapas dengan lega.

Itu dia ulasan mengenai manfaat pakai gurita setelah melahirkan yang dapat Bunda simak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda.

BACA: 7 Tanda Bahaya Setelah Melahirkan yang Harus Diwaspadai

Sumber:

Kompas.com. 2010. Efek pemakaian gurita setelah melahirkan

Okezone. 2015. Fungsi penggunaan gurita setelah melahirkan

Grow by WebMD. 2021. What is a postpartum belly wrap?

By dr. Andri Welly, Sp. OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *