Minum Infused Water saat Hamil, Berbahaya atau Tidak?

Sepanjang masa kehamilan, penting bagi Bunda untuk menjaga asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Terutama bagi Bunda yang masih aktif bekerja atau berolahraga.

Tak sedikit ibu hamil rentan mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan ini bisa membuat ibu hamil terserang sakit kepala hingga mengalami kontraksi dini.

Idealnya ibu hamil dianjurkan untuk minum 2-3 liter air dalam satu hari. Cairan yang bisa didapatkan sebenarnya tak hanya dari air mineral. Namun, bisa juga dari kuah sup, buah-buahan, atau sayuran. 

Minum air sebanyak itu, terkadang memang terasa membosankan. Padahal minuman seperti teh kemasan, soda, atau sirup, sangat tidak dianjurkan karena mengandung gula yang tinggi. Mengonsumsi banyak gula saat hamil bisa meningkatkan resiko diabetes gestasional yang banyak diidap ibu hamil.

Pilihan lain untuk dikonsumsi adalah air yang segar seperti infused water. Namun, amankah minum infused water saat hamil?

BACA: Manfaat dan Resiko Minum Jamu saat Hamil

Apa itu Infused Water?

Infused water adalah air yang telah diresapi oleh buah-buahan segar atau rempah-rempah. Minuman ini dipercaya bisa mendetoksifikasi tubuh berkat kandungan buah atau sayur yang ada di dalamnya.

Biasanya orang akan memotong buah-buahan lalu mencampurkannya ke dalam air mineral. Air rendaman buah atau sayur ini biasanya didiamkan hingga beberapa saat baru kemudian diminum. 

Rasa infused water umumnya tidak manis. Jikalaupun manis, rasa tersebut adalah manis buah yang seharusnya aman untuk tubuh. 

Bolehkah Minum Infused Water saat Hamil?

Ternyata minum infused water dinilai aman untuk dikonsumsi saat hamil. Justru, Bunda akan mendapat banyak manfaat jika meminum minuman ini.

  1. Mengatasi rasa mual

Bunda bisa coba membuat infused water dengan buah-buahan yang sedikit asam seperti lemon, jeruk atau stroberi. Buah-buahan yang asam bisa mengatasi rasa mual saat morning sickness atau hamil muda. 

  1. Menjaga stamina

Mengonsumsi infused water yang berisi buah-buahan bisa menambah kebutuhan nutrisi ibu hamil. Bunda bisa memilih buah-buahan segar dengan antioksidan tinggi seperti jeruk atau leci. Bunda juga bisa mencampurkan lemon atau jeruk yang kaya vitamin C.

  1. Melancarkan pencernaan

Susah buang air besar merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Kurangnya serat dan dehidrasi menyebabkan feses menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Akhirnya menyebabkan ibu hamil jadi kesulitan untuk buang air besar. Dengan infused water, kekurangan tersebut bisa teratasi dan membuat pencernaan Bunda jadi lebih lancar

  1. Mengatasi pusing dan sakit kepala

Mengapa dehidrasi bisa sampai memicu sakit kepala? Saat dehidrasi, otak menjadi menyusut untuk mengkompensasi kekurangan cairan. Lalu, tarikan antara otak yang mengecil dengan tengkorak dapat menyebabkan rasa nyeri di kepala. Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk minum air yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Ibu hamil sering kali mengalami tidak nafsu makan. Biasanya hal ini disebabkan karena penciuman saat hamil jadi lebih sensitif dengan bau bauan. Hal ini bisa diatasi dengan minum infused water dengan rasa dan aroma yang segar.

BACA: Tips Mengatasi Tidak Nafsu Makan Saat Hamil

Cara Membuat Infused Water

Membuat infused water sangatlah mudah. Bunda bebas memilih buah-buahan sesuai dengan selera atau manfaat buahnya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Cuci bersih buah di air yang mengalir agar kotoran dan sisa pestisida hilang. Lakukan hal ini beberapa kali sampai Bunda yakin buah telah bersih. 
  • Potong kecil-kecil buah-buahan tersebut sesuai dengan selera Bunda dan jangan lupa buang bijinya. 
  • Tempatkan buah dan air mineral di wadah air yang memiliki tutup agar lebih higienis. Tutup rapat wadah air dan simpan kurang lebih 2-3 jam agar rasa, sari, dan wangi buah lebih terasa.

Meski Bunda bisa memasukkan berbagai jenis buah, ada beberapa buah yang tidak cocok dijadikan infused water seperti durian atau pepaya. Bunda juga perlu mengecek beberapa buah yang perlu dihindari saat hamil. Selain itu, Bunda bisa bereksperimen membuat infused water yang berbeda-beda setiap hari. Selamat mencoba!

Sumber

Healthline. 2020. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy

Hamil.co.id. 6 Manfaat Infused Water Untuk Ibu Hamil dan Pembuatannya

Healthline. 2020. How Much Water Should a Pregnant Woman Drink?

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *