7 Makanan yang Baik untuk Kesuburan Ayah

makanan pelancar asi

Hampir semua pasangan yang sudah menikah pasti menginginkan kehadiran momongan di tengah keluarga. Salah satu faktor yang paling menentukan cepat atau tidaknya wanita hamil adalah kesuburan. Dalam hal ini, tak hanya kesuburan wanita saja yang berpengaruh, Bun. Namun, kualitas sperma pria juga memegang peranan penting dalam menentukan peluang kehamilan.

Selain dapat menjadi penentu peluang kehamilan, kualitas sperma juga dapat menunjukkan kesehatan organ reproduksi pria. Sperma yang sehat dapat dilihat dari beberapa faktor. Salah satunya adalah jumlah sperma. Biasanya, jumlah rata-rata sperma normal adalah antara 15-120 juta sperma per mililiter air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi.

Kecepatan dan arah gerak sperma juga memengaruhi kualitas sperma. Sperma yang sehat umumnya memiliki gerak yang baik dalam perjalanannya menuju sel telur dan membuahinya. Sperma yang berkualitas juga memiliki struktur kepala berbentuk lonjong dengan ekor yang panjang. Ekor ini nantinya berguna untuk membantu sperma bergerak menuju sel telur. Semakin banyak sperma dengan bentuk normal yang dimiliki, semakin mudah sperma bergerak mencapai sel telur.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sperma adalah dengan mengonsumsi asupan yang sehat dan bernutrisi. Menurut penelitian, asupan yang bernutrisi dapat mengurangi risiko kerusakan sperma. Untuk itu, sebaiknya Ayah mengonsumsi asupan yang tepat agar kualitas sperma sehat. Berikut ini beberapa makanan penyubur pria yang dapat meningkatkan kualitas sperma:

1.    Sayuran hijau

Menurunnya kualitas sperma dapat disebabkan karena kekurangan asam folat. Ayah dapat memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi sayuran hijau. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin, C, vitamin E, dan antioksidan yang telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma. Beberapa sayuran hijau yang baik untuk meningkatkan kesuburan pria di antaranya adalah bayam, sawi, brokoli, daun pepaya, dan selada

2.    Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma, motilitas, dan kualitas sperma pada pasangan Bunda. Buah kiwi juga dapat membantu mencegah sperma menggumpal (aglutinasi) dan melindungi DNA dalam sperma dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kiwi juga mengandung seng yang dapat membantu produksi testosteron pada pria.

3.    Ikan

Makanan bernutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kesuburan pria adalah ikan. Hal ini dikarenakan ikan mengandung asam lemak esensial dan omega-3 yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan serta meningkatkan kesehatan reproduksi pada pria maupun wanita. Kandungan omega-3 pada ikan juga berfungsi menjaga kolesterol tetap stabil sehingga membuat sperma benar-benar matang. Beberapa jenis ikan yang tinggi kandungan omega-3 diantaranya adalah ikan sarden, salmon, mackerel, cod, dan lele.

4.    Kerang

Jenis kerang-kerangan seperti tiram dan remis kaya akan kandungan seng yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sperma dan testosteron. Selain itu, kerang-kerangan juga merupakan sumber zat besi yang berguna untuk melancarkan aliran darah ke area genital sehingga produksi sperma pun menjadi lebih baik. Tak hanya itu saja, kerang-kerangan juga mengandung vitamin B12 dan vitamin D yang dapat membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

5.    Tomat

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Klinik Cleveland di Ohio menyebutkan bahwa kandungan likopen di dalam tomat dapat mempengaruhi kesuburan pria. Likopen merupakan salah satu zat pembentuk karotenoid, antioksidan yang memberi warna cerah pada tomat. Dalam penelitian ini, diketahui likopen pada tomat dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen.

Penelitian lainnya yang dilakukan di Universitas Sheffield Inggris membuktikan bahwa likopen dapat meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi kerusakan DNA sehingga meningkatkan jumlah sperma matang. Selain itu, terbukti juga bahwa sperma pria yang mengonsumsi likopen, lebih cepat bergerak dan gesit sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

6.    Jamur

Makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan kesuburan pria adalah jamur. Hal ini dikarenakan jamur memiliki kandungan vitamin D yang baik bagi kesehatan sperma serta pergerakan sperma. Selain itu jamur juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mencegah pertumbuhan ragi dalam usus yang dapat menurunkan fungsi sperma.

7.    Telur

Telur merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan jumlah, motilitas, hingga morfologi sperma. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi di dalam tubuh sehingga produksi sperma menjadi meningkat.

Itulah beberapa makanan bernutrisi yang telah terbukti dapat meningkatkan kesuburan pria sehingga memperbesar peluang kehamilan. Bagi Ayah dan Bunda yang sedang menjalankan program kehamilan, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi serta jalani pola hidup yang sehat. Selain itu, lakukan olahraga rutin serta hindari segala hal yang merusak kesehatan seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

BACA: Ingin Segera Hamil? Ini Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Sumber

What to Expect. 2021. The Best Foods to Improve Male Fertility

Healthline. 2020. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count

Motherly. 2022. 8 foods that increase sperm count (and 5 to avoid), according to a dietitian

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *