Konsumsi Saus Botolan saat Hamil Bolehkah?

Sebelum hamil, mungkin beberapa Bunda memiliki kebiasaan makan dengan tambahan saus. Misal makan ayam goreng dengan saus tomat, atau makan bakso dengan tambahan saus pedas, nah saat hamil mungkin ada beberapa Bunda yang bertanya, “Boleh nggak ya, saat hamil makan pakai saus?”

Perlu Bunda ketahui, beberapa produk saus yang ada di pasaran seperti saus tomat memang memiliki kandungan gula yang setara dua sendok teh. Namun kandungan gula dalam setiap saus tomat ini berbeda-beda setiap merk nya. Stifung Warentest, BPOM asal Jerman mengungkapkan bahwa ada saus tomat yang mengandung gula tambahan 14 gram hingga 27 gram di setiap 100 mili saus.

Sedangkan saus seperti saus barbekyu juga memiliki kandungan gula. Umumnya, saus barbekyu yang dijual di pasaran 33 persen nya adalah gula murni. Hal ini juga berlaku pada saus-saus pasta seperti saus spaghetti. 

Konsumsi kandungan gula berlebihan berisiko pada Bunda karena bisa memicu diabetes gestasional, salah satu komplikasi kehamilan yang berbahaya. Karena itu, sebaiknya Bunda yang memiliki kebiasaan mengonsumsi saus harus berhati-hati dengan kandungan gula tersebut.

Tips Makan dengan Saus saat Hamil

Jika Bunda mungkin tipe yang “tidak bisa makan tanpa saus” beberapa tips ini mungkin bisa membantu Bunda untuk mengantisipasi berbagai hal yang bisa berisiko untuk kesehatan Bunda saat hamil

  • Bertanya atau membaca kandungan dalam saus tersebut

Jika Bunda sedang berbelanja dan ingin membeli saus, Bunda harus membiasakan membaca kandungan dalam saus, apakah memiliki kandungan gula yang tinggi atau tidak. Namun jika situasinya Bunda sedang berada di restoran, sebelum memesan Bunda sebaiknya bertanya dahulu apakah saus yang digunakan adalah saus botolan atau buatan dari restoran tersebut.

Saus pasta seperti spaghetti di restoran biasanya lebih menggunakan bahan alami. Namun lain hal nya dengan saus seperti mayonais. Saus mayonais yang ada di restoran biasanya tidak aman untuk ibu hamil karena telur yang digunakan biasanya tidak melalui proses pasteurisasi. Karena itu, tak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu kok, Bunda.

  • Pilih jenis saus yang aman untuk ibu hamil

Saat hamil Bunda memang harus sering-sering menggali informasi, jadi cari tau apakah produk pilihan Bunda sudah diakui aman untuk ibu hamil atau tidak. Berbagai macam pilihan saus di pasaran sangat banyak dan mungkin tidak semua kandungannya tertera pada produk yang di jual.

klik gambar

Salah satu saus yang aman untuk ibu hamil adalah KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai! KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai  mengandung telur yang sudah dipasteurisasi sehingga bebas bakteri dan aman juga untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai mengandung minyak kedelai, cuka, dan wijen dengan aroma yang khas.

Jika Bunda suka makan saus dan sulit melepasnya saat hamil, KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai bisa jadi teman makan Bunda agar tetap lebih lezat dan aman!

Sumber

Detik health. 2021. Hati-hati, Jangan Makan Pakai Saus Malah Bikin Diabetes!

Woman Indonesia. 2019.Benarkah Saus Tomat Mengandung Gula yang Tinggi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *