10 Alasan Mengapa Bayi Buat Hidup Bunda Menjadi Lebih Baik

perawatan bayi prematur di rumah

Hal apakah yang Bunda bayangkan saat memutuskan menikah dan memiliki anak? Apakah Bunda membayangkan bahwa hidup Bunda akan dipenuhi dengan hal-hal yang melelahkan? Atau Bunda membayangkan kebebasan Bunda yang menjadi terenggut karena memiliki anak?

Seiring dengan kewajiban Bunda sebagai orangtua nantinya, mungkin hal-hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri. Namun percayalah, memiliki bayi juga dapat membawa banyak kebaikan bagi hidup Bunda. Kehadiran bayi nyatanya dapat membuat hidup Bunda menjadi lebih berwarna. Selain itu, hal ini juga memiliki banyak dampak positif bagi kehidupan Bunda, di antaranya:

1.    Menimbulkan perasaan bahwa Bunda dimiliki

Sense of belonging atau rasa memiliki Si Kecil terhadap Bunda dapat membuat Bunda merasa lebih berarti dan dicintai. Jika Bunda dulu sering merasa kesepian, kehadiran Si Kecil tentu dapat mengobati hal ini karena Bunda kini menjadi orang yang paling dibutuhkan Si Kecil. Mulai dari waktu membuka mata sampai ia tertidur, pasti hanya Bunda yang Si Kecil inginkan. Rasa memiliki Si Kecil ini pun dapat menimbulkan kepuasan emosional tersendiri sehingga bunda menjadi lebih bahagia karena merasa dimiliki dan disayangi.

2.    Bayi adalah sumber kebahagiaan

Memiliki bayi dapat menjadi sumber kebahagiaan bagi setiap orang tua. Apalagi ketika Bunda melihat Si Kecil tumbuh dengan sehat dan ceria. Saat Bunda lelah, tawa Si Kecil yang menggemaskan akan menjadi obat menjadi paling mujarab yang dapat membuat Bunda bahagia dalam sekejap. Kehadiran Si Kecil juga dapat menjadi suasana rumah lebih hangat karena adanya sumber kebahagiaan baru yang hadir di tengah keluarga.

3.    Memiliki penggemar terbaik

Si Kecil adalah penggemar terbaik Bunda. Saat Bunda membuat suara atau ekspresi lucu, Si Kecil pasti akan tertawa dan meminta Bunda untuk terus mengulanginya. Ia pun akan selalu memperhatikan gerak-gerik Bunda, mencermati wajah Bunda, atau bahkan berusaha meniru Bunda. Saat Bunda pergi tanpa Si Kecil, ia pun akan menangis seperti ditinggalkan oleh idolanya. Untuk itu sebagai idola yang baik, Bunda perlu mencontohkan hal-hal yang baik pula kepada penggemar Bunda nomor satu yang menggemaskan itu, ya.

4.    Menjadi lebih peduli

Sebelum Bunda memiliki bayi, mungkin Bunda akan merasa kesal saat melihat ada bayi yang terus menangis di tempat umum. Namun, ketika Bunda sudah merasakan menjadi seorang ibu, Bunda mungkin akan cenderung merasa khawatir dengan bayi tersebut dan juga ibunya. Menjadi ibu dapat membuat Bunda menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar terutama dengan segala hal yang berhubungan dengan anak. Rasa peduli dan empati yang timbul karena naluri keibuan ini pun sekaligus akan membuat Bunda menjadi pribadi yang lebih baik.

5.    Banyak belajar hal baru

Mengurus bayi akan membuat Bunda belajar banyak hal baru. Mulai dari cara menyusui bayi, menidurkan bayi, memandikan bayi, dan hal-hal baru lainnya. Bahkan bagi Bunda yang dulu jarang memasak, mungkin Bunda akan mulai belajar memasak ketika bayi memasuki masa MPASI. Memiliki bayi juga akan membuat Bunda belajar membagi waktu untuk mengurus bayi dan juga mengurus rumah tangga. Awalnya hal ini mungkin tidak mudah, namun nantinya Bunda pun akan terbiasa dengan sendirinya.

6.    Menjadi lebih bijaksana

Memiliki bayi akan membuat Bunda menjadi lebih bijaksana terutama dalam mengatur skala prioritas. Jika dulu Bunda dapat dengan mudahnya belanja baju atau tas untuk diri sendiri, kini Bunda harus bijaksana untuk tidak belanja berlebihan karena ada kebutuhan bayi yang perlu dipenuhi. Selain bijaksana dalam hal keuangan, Bunda juga akan lebih bijaksana untuk mengatur emosi karena mengurus bayi akan memerlukan yang kesabaran ekstra. Sifat bijaksana ini pun akan memudahkan Bunda dalam membuat keputusan dan membuat menjadi orang yang lebih baik.

7.    Menguatkan hubungan dengan pasangan

Kehadiran Si kecil juga akan membuat hubungan Bunda dan pasangan akan semakin kuat. Hal ini dikarenakan Ayah dan Bunda otomatis harus menjadi satu tim yang kompak untuk merawat Si Kecil. Selain itu, kini akan banyak waktu yang dihabiskan bertiga bersama dengan Si Kecil sehingga hubungan Ayah dan Bunda akan menjadi semakin harmonis.

8.    Melatih pengelolaan uang

Bertambahnya satu anggota keluar baru berarti akan bertambah juga pengeluaran. Untuk itu, Bunda harus belajar mengelola uang dengan baik agar kebutuhan rumah tangga dan juga kebutuhan Si Kecil dapat terpenuhi. Awalnya mungkin Bunda akan sedikit kebingungan dalam menyusun skala prioritas kebutuhan rumah tangga. Namun, seiring dengan berjalannya waktu Bunda akan terbiasa mengelola keuangan serta memilih mana kebutuhan yang penting dan mana kebutuhan yang kurang penting. 

9.    Menambah teman baru

Memiliki anak dapat membuat teman Bunda bertambah, lho. Bahkan sejak hamil, Bunda dapat kembali mengobrol dengan teman-teman Bunda khususnya mereka yang juga sedang menjalani kehamilan. Jika Bunda mengikuti kelas kehamilan, Bunda pun akan mendapat banyak teman baru untuk saling berbagi dan saling memotivasi satu sama lain. Begitu pula saat Bunda berjalan-jalan keliling komplek dengan membawa Si Kecil, mungkin Bunda akan bertemu ibu lain yang sedang berjalan-jalan dengan bayinya.

10. Memiliki alasan bertahan hidup

Saat sebelum memiliki bayi, mungkin banyaknya masalah hidup yang terkadang membuat Bunda putus asa karena Bunda merasa lelah serta tak mempunyai tujuan. Namun, hadirnya Si Kecil dapat memberikan Bunda tujuan hidup yang baru sehingga Bunda memiliki alasan untuk bertahan hidup. Selain itu, Si Kecil juga dapat menjadi motivasi yang kuat bagi Bunda untuk berusaha menjadi orang yang lebih baik.

Kehadiran bayi memang dapat membuat hidup Bunda berubah. Hal ini juga akan membawa banyak dampak baik jika Bunda menjalaninya dengan semangat serta pikiran yang positif. Memiliki, mengurus, serta membesarkan anak memang bukanlah hal yang mudah, Bun. Namun, percayalah akan banyak kebahagiaan yang muncul dari kelahiran si buah hati selama Bunda terus berusaha menjadi ibu yang terbaik bagi Si Kecil.

Sumber

Baby Center. 2022. How to Raise a Happy Baby

Parents. 2011. 9 Ways Life is Better With Baby

The Guardian. 2015. Baby Can Give You Hope, Happiness and Purpose

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *