Suka Salad Sayur? Ini Tips Aman Konsumsinya saat Hamil

makan lalapan saat hamil

Saat hamil, Bunda harus menyantap banyak buah dan sayuran segar yang kaya nutrisi. Makan salad adalah menu sayur yang banyak disukai. Apakah aman makan salad saat hamil? Baca penjelasan ini ya, Bun. 

Bolehkah Makan Salad Saat Hamil?

Meski menggunakan bahan-bahan mentah, hidangan ini termasuk aman. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara pembuatan dan penyajiannya yang harus selalu bersih agar tidak terkontaminasi bakteri. 

Di supermarket pun tersedia salad dalam kemasan, yaitu berupa aneka sayur dan buah dengan saus pilihan. Salad dalam kemasan ini tetap aman kok, Bun, selama Bunda mencuci bersih bahan-bahan salad yang tersedia. 

Sayur-sayuran mentah dan buah potong yang kurang bersih dapat menjadi sumber penyebaran bakteri, seperti E. coli, Salmonella, Listeria, dan Cyclospora. Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan penyakit perut, diare, demam, bahkan hingga penyakit bergejala berat yang berakibat fatal. 

Terutama untuk ibu hamil, serangan bakteri-bakteri ini, seperti listeria dan salmonella, dapat memberi dampak yang serius bagi Bunda juga si Kecil.Dan menurut penelitian, diketahui bahwa Bunda hamil pada trimester ketiga lebih rentan terinfeksi bakteri listeria dan salmonella.

Jadi Bunda, penting untuk selalu mencuci kembali salad dalam kemasan yang Bunda beli dengan air mengalir untuk menghilangkan bakteri-bakteri ini. Selain mencuci bahan, Bunda juga perlu memerhatikan keamanan alat-alat masak yang Bunda pakai.

Pisau yang digunakan untuk memotong buah dan sayur juga harus bersih dan tidak digunakan bersamaan untuk memotong daging atau ikan. Karena daging dan ikan mentah juga dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri. 

Tips Aman Makan Salad untuk Ibu Hamil

makan lalapan saat hamil

Di beberapa rumah makan, salad bisa disajikan sebagai lalapan sayur segar pendamping makanan utama maupun menu utama.

Saat hamil, pilihan menu yang terlihat aman ini juga perlu Bunda tanya lebih lanjut. Karena kita tidak dapat memastikan bahwa pengolahan sayuran di dapur restoran sudah 100% aman, termasuk juga pada salad bar yang terbuka.

Selain itu, tidak semua saus yang dipakai dalam salad aman. Seperti di restoran misalnya, beberapa bahan pembuatan saus di restoran biasanya homemade dan ada yang menggunakan telur mentah, seperti mayonnaise. Telur mentah mudah sekali terkontaminasi bakteri Salmonella, sehingga perlu dihindari, terutama saat hamil. 

Jika Bunda ingin sekali makan salad, sebaiknya Bunda membuat sendiri di rumah. Jadi Bunda bisa memastikan sayuran dan alat yang digunakan sudah melalui proses pencucian yang bersih. Selain itu, Bunda juga tetap bisa mengonsumsi salad nikmat dengan tambahan saus yang aman bagi ibu hamil seperti KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai!

klik gambar

KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai mengandung minyak kedelai, cuka, dan wijen dengan aroma yang khas. Selain itu, KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai mengandung telur yang sudah dipasteurisasi sehingga bebas bakteri dan aman juga untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, lho!

Sumber

Baby Med. 2021. Are Salads Safe During Pregnancy?

Parenting First Cry. 2018. Salads during Pregnancy – Which are Safe.

Pregnancy Food Checker. Should Pregnant Women Eat Salad? Complete Safety Guide. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *