5 Tips Aman Nonton Konser saat Hamil

Banyaknya konser musik yang mulai digelar saat ini mungkin membuat Bunda tertarik untuk menontonnya. Sebenarnya boleh saja kok ibu hamil menonton konser musik saat hamil. Namun ingat, Bunda juga perlu ekstra hati-hati jika ingin menghadiri konser musik agar hal ini tidak membahayakan kehamilan Bunda. Maka dari itu, berikut ini beberapa tips menghadiri konser musik bagi ibu hamil:

1.    Hindari berdiri di dekat speaker

Ibu hamil sebaiknya menghindari paparan suara bising secara terus menerus karena dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin. Walaupun suara dari luar rahim Bunda dapat teredam oleh cairan ketuban, paparan suara yang terlalu keras dan terjadi terus menerus dapat mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan rendah serta gangguan pendengaran.

Selain itu, paparan suara yang terlalu keras juga dapat mengganggu pendengaran Bunda sehingga menyebabkan telinga berdenging. Jika kondisi ini dibiarkan, telinga yang terus berdenging dapat menyebabkan stres pada ibu hamil sehingga membuat perubahan pada tubuh Bunda. Jika kondisi stress ini terus dibiarkan, perubahan ini akan meningkatkan risiko terjadinya kontraksi yang terus menerus hingga timbulnya persalinan prematur pada ibu hamil.

2.    Pilih posisi menonton yang nyaman

Agar Bunda lebih leluasa dalam menikmati konser, pilihlah posisi menonton yang nyaman serta jauhi kerumunan yang terlalu padat. Hal ini akan mencegah Bunda kekurangan oksigen yang dapat menyebabkan sesak napas dan pingsan.

Jika tersedia pilihan kelas, pilihlah kelas yang paling nyaman dengan posisi duduk. Bunda juga dapat datang lebih awal agar dapat mencari posisi yang nyaman dan mencegah antrian terlalu panjang. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu di mana letak toilet, posko medis serta stand makanan agar Bunda tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk mencarinya nanti. Letak toilet penting untuk Bunda ketahui, karena dengan bertambahnya usia kehamilan, tentunya Bunda akan semakin sering mengalami keluhan berkemih. 

3.    Jauhi paparan asap rokok dan hindari minuman bersoda 

Selain paparan suara bising, hal lain yang perlu Bunda hindari saat menonton konser atau festival musik adalah paparan asap rokok. Bagi ibu hamil, paparan asap rokok dapat meningkatkan risiko keguguran di trimester awal, bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur, serta sindrom kematian bayi mendadak (IUFD atau intra uterine fetal death).

Untuk minuman, tentunya minuman bersoda banyak sekali disajikan pada saat konser musik. Sebaiknya Bunda menghindari konsumsi minuman bersoda, karena dapat menimbulkan efek yang tidak menyenangkan pada saluran pencernaan.

4.       Cukupi kebutuhan cairan

Menonton konser mungkin akan membuat Bunda lebih berkeringat khususnya jika Bunda menghadiri konser di area terbuka. Agar Bunda tidak dehidrasi, pastikan kebutuhan cairan Bunda tercukupi dengan baik. Dehidrasi saat hamil dapat mengganggu kondisi kesehatan Bunda sendiri dan janin. Beberapa dampak buruk dehidrasi bagi Bunda selama kehamilan yaitu dapat menyebabkan penurunan kesadaran, gangguan organ Bunda, kelemahan anggota gerak.

Bagi janin dan kehamilan itu sendiri, kondisi dehidarasi dapat menyebabkan terjadinya penurunan sirkulasi uteroplasenta antara Bunda dan janin, berkurangnya produksi cairan ketuban, pertumbuhan janin terhambat, timbulnya kontraksi prematur, serta memengaruhi produksi ASI di kemudian hari.  Kebutuhan cairan yang direkomendasikan selama kehamilan berkisar 2000-3000 cc per hari, atau antara 60-125 cc/ jam untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

5.    Gunakan pakaian yang nyaman

Saat menonton konser, gunakanlah pakaian yang nyaman agar Bunda lebih leluasa. Bunda dapat memilih pakaian yang longgar dengan bahan katun yang menyerap keringat. Selain itu, hindari menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi karena akan membuat Bunda cepat lelah dan meningkatkan risiko terjatuh.

Itulah beberapa hal yang perlu Bunda ketahui seputar menonton konser musik saat hamil. Namun perlu diingat, jika Bunda ingin menghadiri konser musik dalam keadaan hamil, pastikan Bunda benar-benar dalam keadaan yang fit. Bunda juga dapat berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter kandungan Bunda sebelum menonton konser. Jika Bunda merasa ragu, Bunda sebaiknya bersabar sampai tahun depan setelah Bunda melahirkan agar dapat menonton konser dengan lebih tenang.

 Sumber

What to Expect. 2021. Loud Noise During Pregnancy

Medical News Today. 2019. What and When Fetus Can Hear?

A Date with Baby. 2020. What Are the Risks of Loud Noise for Pregnant Women?

By dr. Andri Welly, Sp. OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *