Jangan Lakukan 4 Hal Ini saat Trimester 3 Kehamilan ya, Bun!

Seiring perut yang semakin membesar dan bentuk tubuh yang berubah, Bunda perlu mewaspadai aktivitas apa saja yang dilakukan selama hamil trimester ketiga. Berikut beberapa aktivitas yang perlu dihindari agar kondisi janin dan Bunda tetap sehat selama hamil tua:

  • Bepergian jarak jauh

Dalam kondisi normal pun, bepergian dalam waktu yang lama akan membuat tubuh merasa kelelahan. Apalagi untuk tubuh ibu hamil trimester tiga yang lebih cepat lelah. Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, fase paling aman untuk ibu hamil bepergian adalah saat 14 sampai 28 minggu.

Lebih dari usia kehamilan tersebut, para dokter menyarankan Bunda untuk menghindari perjalanan jarak jauh yang melelahkan. Hal ini dikarenakan selama perjalanan, duduk dalam waktu yang lama saat perjalanan dapat meningkatkan risiko gangguan sirkulasi darah ke janin.

Jika Bunda terpaksa harus melakukan perjalanan panjang saat hamil trimester 3, pastikan Bunda melakukan peregangan dengan bangun lalu berjalan-jalan setiap 1-2 jam agar peredaran darah tetap lancar.

1. Mengangkat beban berat

Memasuki trimester ketiga, berat janin akan semakin bertambah sehingga berat beban yang Bunda harus ditanggung akan semakin besar. Itu sebabnya, para dokter menyarankan agar Bunda mengurangi aktivitas yang mengharuskan Bunda mengangkat beban berat, seperti mengganti galon, mengangkat koper, atau memindahkan barang berat lainnya. Pasalnya, mengangkat beban berat membuat otot tubuh Bunda menjadi tegang sehingga dapat berdampak pada kondisi janin dan kehamilan.

2. Tidur telentang

Ternyata, pantangan tidur telentang bagi ibu hamil trimester akhir bukan hanya mitos, lho. Secara medis, tidur telentang tidak disarankan bagi wanita yang sedang hamil tua karena dapat menyebabkan peredaran aliran darah yang terhambat ke arah rahim dan janin.

Sebaiknya, Bunda yang sedang menjalani kehamilan trimester ketiga memilih posisi miring ke kanan atau kiri saat tidur untuk memperlancar sirkulasi darah. Menaruh bantal di bagian punggung juga diperbolehkan jika Bunda merasa kurang nyaman saat tidur.

3. Berendam atau mandi air panas

Berendam dengan air panas memang dapat membuat tubuh lebih rileks dan tenang. Namun, aktivitas ini harus dihindari selama Bunda hamil tua. Alasannya karena mandi air panas dapat meningkatkan suhu tubuh yang berpengaruh terhadap kesehatan kehamilan dan janin.

4. Memakai high heels

Meski ada kalanya Bunda tetap ingin terlihat cantik dan elegan dengan menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi, namun memakai sepatu berhak tinggi atau high heels saat hamil trimester ketiga sangat tidak disarankan. Kondisi kehamilan yang semakin berat membuat Bunda lebih mudah kehilangan keseimbangan saat beraktivitas, sehingga lebih berisiko jatuh dan membahayakan kesehatan kehamilan dan janin.

Sumber

Healthline. 2018. The Third Trimester of Pregnancy: Concerns and Tips

Parenting First Cry. 2019. Third Trimester Diet – What to Eat & What to Avoid

Cloud nine care. 2020. Do’s and Don’ts During The Three Trimester

By dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *