Persiapan Kelahiran si Kecil, Ini Tips Pilih Popok untuk Bayi Baru Lahir!

mengganti popok

Popok dapat digunakan dari baru lahir hingga balita. Namun, banyaknya merek dan jenis popok sekali pakai diluar sana tentunya membuat bingung Bunda dalam memilih. Pemilihan popok yang kurang tepat dapat mengakibatkan ruam dan mengiritasi kulit bayi.

Untuk membantu Bunda dalam memilih popok sekali pakai yang tepat, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara memilih pampers bayi baru lahir.

● Pilih popok dengan jenis perekat

Popok yang paling cocok untuk newborn adalah jenis perekat. Popok ini memiliki desain perekat pada bagian kiri dan kanan. Dengan bukaan samping seperti ini, Bunda akan dimudahkan dalam mengganti popok.

Untuk newborn, gerakan bayi masih minim sehingga masih mudah untuk menggunakan popok jenis perekat. Popok jenis ini juga memudahkan Bunda untuk mengecek apakah bayi buang air besar atau tidak.

● Penyerapan yang baik dan cepat kering

Kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif sehingga sebaiknya Bunda memilih popok dengan daya serap yang tinggi dan baik. Penyerapan yang baik dan cepat kering akan membuat pantat bayi tidak mudah lembab dan iritasi.

Bayi baru lahir juga masih sangat sering buang air kecil. Popok yang cepat menyerap cairan akan menjaga agar pipis tidak bocor.

● Garis indikator penuhnya popok

Beberapa produk memiliki fitur garis indikator untuk memberi tahu kapan popok harus diganti. Jika garis indikator menjadi sangat kuning, maka itu tanda popok sudah penuh terisi dan harus segera diganti.

● Cari produk yang lembut dan mudah bernapas

Saat memilih produk, Bunda perlu mengecek apakah popok memiliki bahan yang lembut dan mudah bernapas. Dua kriteria ini perlu dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat bayi makin nyaman menggunakan popok sepanjang hari.

● Pilih yang tanpa pewarna, tanpa pewangi, dan tanpa pemutih

Mengingat kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif dan mudah ruam, baiknya Bunda lebih bijak dalam memilih popok sekali pakai. Pilih produk yang tidak menggunakan pewarna, pewangi, dan pemutih.

● Pilih sesuai dengan berat badan bayi

Bunda wajib memilih popok sesuai dengan berat badan bayi baru lahir. Umumnya pada kemasan produk tertera batas berat badan bayi yang disarankan. Untuk pampers bayi baru lahir biasanya tertera tulisan “newborn” dengan berat badan hingga maksimal 5 kg.

Penggunaan popok yang sesuai dengan berat dan usia bayi akan lebih nyaman digunakan karena tidak kebesaran dan tidak kesempitan.

Sumber

Parenting First Cry. 2019. 7 Things to Consider When Picking a Diaper for Your Baby

Parents. 2022. The Ultimate Diaper Size Guide for New Parents

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *