5 Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil yang Bagus bagi Tumbuh Kembang Janin

5 suplemen asam folat untuk ibu hamil

Suplemen asam folat untuk ibu hamil diperlukan guna mencukupi asupan asam folat yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang janin, salah satunya adalah perkembangan tabung saraf yang optimal. Tidak hanya itu, suplemen asam folat juga mampu mencegah komplikasi kehamilan, seperti anemia dan preeklamsia.

Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Suplemen asam folat untuk ibu hamil sangat dibutuhkan ketika asupan asam folat dari makanan tidak cukup. Kekurangan asam folat bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena mual, muntah, tidak nafsu makan, atau memang tidak suka mengonsumsi makanan tertentu, seperti sayur dan daging.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen asam folat untuk ibu hamil, Bunda perlu memperhatikan jenis dan dosis tiap kandungan di dalam masing-masing produk, ya. Tidak hanya itu, Bunda juga perlu menyesuaikannya dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, agar tidak mengalami kelebihan asupan asam folat.

Agar tetap aman saat mengandung, konsumsilah suplemen asam folat untuk ibu hamil sesuai dosis yang tertera pada kemasan produk dan resep dokter ya, Bunda.

Berikut ini adalah rekomendasi suplemen asam folat untuk ibu hamil yang kandungannya aman dan bagus untuk tumbuh kembang janin:

1. Folic Acid Marin Liza

Folic Acid Marin Liza bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kekurangan asam folat saat hamil. Asam folat dalam suplemen ini membantu zat besi untuk  membentuk sel darah merah yang berkualitas baik. Suplemen ini juga berguna dalam proses pembentukan materi genetik, yaitu DNA, yang normal pada janin.

Agar dapat memperoleh manfaat Folic Acid Marin Liza dengan maksimal, Bunda dapat mengonsumsi suplemen ini dengan dosis 1 tablet per hari, baik sebelum atau sesudah makan.

Beli Folic Acid Marin Liza di Sini

2. Esfolat

Kalau Bunda ingin memperoleh manfaat nutrisi lain di samping asam folat dalam satu suplemen, Esfolat juga bisa menjadi pilihan suplemen asam folat untuk ibu hamil yang tepat untuk dikonsumsi.

Selain tinggi asam folat, Esfolat mengandung beta karoten, yaitu salah satu jenis karotenoid yang memberikan warna merah, kuning, dan oranye pada zat pigmen pada sayur dan buah-buahan. Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A yang berperan dalam proses pembentukan organ janin, seperti jantung, dada, ginjal, mata, dan tulang.

Tidak hanya mengandung vitamin A, Esfolat juga kaya akan kalsium dan vitamin C. Kalsium mampu mencegah pengeroposan tulang pada ibu hamil, sedangkan vitamin C membuat daya tahan tubuh ibu hamil menjadi lebih kebal melawan bakteri penyebab infeksi.

Esfolat dapat Bunda konsumsi dengan dosis 1 hari 1 kaplet sebelum makan, ya.

Beli Esfolat di Sini

3. Folavicap

Kurangnya asam folat di dalam tubuh saat hamil dapat mengurangi produksi sel darah merah di sumsum tulang. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, Bunda akan rentan mengalami anemia yang tentunya akan mengganggu asupan oksigen dan nutrisi ke janin.

Nah, kandungan asam folat yang tinggi di dalam Folavicap dapat mencukupi asupan asam folat yang kurang, sehingga mencegah anemia. Itulah sebabnya Folavicap menjadi salah satu suplemen asam folat untuk ibu hamil yang tepat untuk mengatasi kekurangan asam folat.

Kalau Bunda ingin memperoleh manfaat Folavicap dengan maksimal, konsumsilah suplemen ini sebanyak 1 tablet per hari, baik sebelum atau sesudah makan.

Beli Folavicap di Sini

4. Procalma

Procalma adalah suplemen yang kaya akan asam folat. Kandungan asam folat yang tinggi ini mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi, sehingga bisa mencegah preeklamsia yang umum terjadi pada trimester kedua.

Tidak hanya dapat mencegah preeklamsia, Procalma mengandung banyak nutrisi, salah satunya docosahexaenoic acid (DHA). DHA adalah asam lemak omega-3 yang berperan dalam proses pembentukan organ, seperti otak dan mata.

Pada janin, DHA berperan dalam mengembangkan kemampuan motorik pada otak kecil (cerebellum). Asupan DHA yang cukup membuat Si Kecil dapat aktif bergerak, menendang, dan meregangkan tubuh di dalam rahim pada trimester kedua.

Tidak hanya itu, DHA juga berfungsi untuk mengembangkan kemampuan sensorik janin pada otak besar (cerebrum). Itulah sebabnya DHA mampu membuat Si Kecil merasakan sentuhan tangan Bumil di bagian perut.

Dengan mengonsumsi suplemen asam folat untuk ibu hamil ini, asupan asam folat dan DHA dapat tercukupi, sehingga tumbuh kembang janin dapat lebih optimal. Untuk itu, Bunda bisa mengonsumsi 1 kapsul Procalma sebanyak 2 kali sehari sesudah makan, ya.

Beli Procalma di Sini

5. Vitamam-1

Vitamam-1 mengandung asam folat yang berperan penting dalam proses pembentukan organ saraf, yaitu otak dan saraf tulang belakang. Asam folat bermanfaat sebagai asupan vitamin yang menutup tabung saraf, sehingga otak dan saraf tulang belakang janin dapat terbentuk dengan sempurna.

Itulah sebabnya suplemen asam folat untuk ibu hamil ini dapat mencegah kecacatan saraf pada janin. Tidak hanya asam folat, kandungan magnesium yang tinggi di dalam Vitamam-1 dapat membuat gigi dan tulang janin menjadi lebih kuat.

Agar dapat memperoleh seluruh manfaat Vitamam-1, konsumsilah suplemen ini sesuai dosis yang dianjurkan ya, Bunda, yaitu 1 kapsul sebanyak 1 kali sehari sesudah makan.

Beli Vitamam-1 di Sini

Itulah beberapa rekomendasi suplemen asam folat untuk ibu hamil yang bagus bagi tumbuh kembang janin. Perlu diingat, sebelum membelinya di apotek, sebaiknya Bunda berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan saran terbaik dan pilihan suplemen yang cocok untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Sumber :

National Institute of Health. Medlineplus. Fetal Development.

Cleveland Clinic (2022). Folate Deficiency Anemia.

BabyCenter (2021). Magnesium during pregnancy.

BabyCenter (2021). Vitamin A during pregnancy.

Flo Health (2020). Fetal Brain Development Stages: When Does a Fetus Develop a Brain?

Healthline (2023). Benefits of Beta Carotene and How to Get It.

Healthline (2023). DHA and Pregnancy: What You Need to Know.

MIMS Indonesia. Drugs. Procalma.

Grow by WebMD (2022). Folic Acid and Pregnancy.

WebMD. Vitamins & Supplements. Fructo-Oligosaccharides (Fos) – Uses, Side Effects, and More.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *