4 Posisi Tidur untuk Mengurangi Mual Saat Hamil Muda

posisi tidur ibu hamil, diary bunda

Posisi tidur untuk mengurangi mual saat hamil muda perlu Bunda ketahui, nih. Tidak hanya mengatasi mual, posisi tidur ini juga bisa membuat tidur Bunda lebih nyaman. Apalagi rasa mual bisa saja terjadi pada siang maupun malam hari saat hamil muda. Hal ini tentu bisa mengganggu kualitas tidur Bunda, ya.

Nah, posisi tidur yang baik juga bisa membuat aliran darah ke tubuh janin lebih lancar. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu apa saja posisi tidur untuk mengurangi mual saat hamil muda yang bisa diterapkan.

Berbagai Posisi Tidur untuk Mengurangi Mual Saat Hamil Muda

Untuk mengurangi mual saat hamil muda, terlebih pada malam hari, ada beberapa posisi tidur yang bisa Bunda lakukan, yaitu:

1. Tidur menghadap sisi kiri

Tidur menghadap sisi kiri adalah posisi tidur terbaik bagi ibu hamil untuk mengurangi mual saat hamil muda. Soalnya, posisi tidur ini membuat perut Bunda yang makin besar tidak menekan pembuluh darah yang mengalirkan oksigen dan nutrisi ke ari-ari serta janin

Selain itu, tidur dengan posisi menghadap ke kiri juga tidak membuat hati atau liver Bunda menjadi tertekan oleh tubuh janin dan kandungan Bunda yang makin besar.

2. Tidur menghadap sisi kanan

Nah, jika Bunda merasa pegal karena terus-menerus berada dalam posisi yang sama ketika tidur, Bunda bisa mencoba tidur menghadap sisi kanan, lho. Soalnya, sama seperti tidur menghadap sisi kiri, tidur menghadap sisi kanan juga tidak menghambat ke ari-ari dan janin.

Meski memang bisa menekan hati dan liver, tidur dengan posisi menghadap ke sisi kanan masih aman dilakukan kok, Bun, asalkan tidak terlalu lama, misalnya sepanjang malam atau setiap malam.

3. Tidur dengan meninggikan kepala dan punggung

Saat hamil muda, rasa mual bisa disebabkan oleh GERD (gastroesophageal reflux disease), yaitu kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Dengan tidur berbaring lurus, rasa mual biasanya terasa lebih buruk karena asam lambung bisa terus-menerus naik ke kerongkongan.

Nah, untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan, Bunda bisa mencoba tidur dengan menopang bagian atas tubuh Bunda, yaitu kepala hingga punggung, dengan beberapa bantal tambahan.

Bunda bisa membuat tubuh menjadi terangkat hingga 30–45 derajat. Dengan begitu, gejala GERD, seperti rasa mual dan nyeri ulu hati, bisa berkurang.

4. Tidur dengan bantal hamil

Tidur dengan bantal hamil juga disarankan untuk Bunda coba. Soalnya, bantal hamil sudah dirancang khusus agar bisa menopang tubuh ibu hamil dan mempertahankan posisi yang pas saat ibu hamil tidur.

Bunda bisa menggunakan bantal hamil jenis u-shaped, karena bantal hamil jenis ini dapat menopang seluruh tubuh, mulai dari kepala, leher, punggung, perut, hingga kaki. Cara menggunakannya adalah dengan memosisikan diri di tengah dan menyandarkan kepala di bagian lengkungan huruf U.

Karena seluruh tubuh, termasuk perut, bisa ditopang oleh bantal hamil, tekanan berlebih di perut saat tidur juga bisa berkurang. Dengan begitu, rasa mual juga bisa mereda secara perlahan.

Nah, dengan menerapkan posisi tidur untuk mengurangi rasa mual saat hamil muda, Bunda jadi bisa tidur lebih nyaman tanpa harus terus-menerus merasa mual sepanjang malam.

Selain dengan menerapkan posisi tidur yang baik, Bunda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengurangi mual:

  • Minum banyak air putih
  • Makan dalam porsi kecil, tetapi sering
  • Minum air jahe, teh dengan lemon, atau teh dengan daun mint
  • Memperbanyak istirahat

Namun, apabila Bunda merasakan mual yang parah, terus-menerus atau terjadi sepanjang hari, dan disertai dengan kram perut, sakit kepala, atau nyeri dada, segera periksakan ke dokter ya, Bun.

Sumber:

National Health Services UK (2021). Pregnancy. Tiredness and Sleep Problems.

Stanford Medicine (2023). Children’s Health. Sleeping Positions During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2023). Best Sleeping Positions During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2023). Nausea During Pregnancy.

Sleeping Foundation (2023). Sleeping While Pregnant: First Trimester.

Healthline (2023). Top 18 Ways to Get Rid of Nausea.

Healthline (2023). What Are the Best Sleeping Positions When You’re Pregnant?

Verywell Health (2023). Nausea at Night.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *