Pepaya untuk Ibu Hamil, Ketahui Berbagai Manfaatnya

pepaya untuk ibu hamil, diary bunda

Ada beragam manfaat pepaya untuk ibu hamil. Tidak hanya untuk ibu, buah ini juga baik untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Jika Bunda mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup, tubuh bisa lebih segar dan kehamilan pun lebih sehat.

Pepaya merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, serat, asam folat, hingga antioksidan seperti kolin, beta karoten, dan likopen. Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, pepaya menjadi salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh semua orang, termasuk ibu hamil.

Meski begitu, pepaya yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil hanyalah pepaya yang sudah matang, ya. Soalnya, pepaya mentah mengandung lateks dan papain yang berisiko memicu kontraksi rahim. Jadi, Bunda harus selalu memastikan bahwa pepaya yang akan Bunda konsumsi sudah matang.

Berbagai Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Selain rasanya yang nikmat, pepaya juga bisa memberikan berbagai manfaat lho, Bun. Berikut ini adalah berbagai manfaat pepaya untuk ibu hamil yang perlu Bunda ketahui:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat hamil, daya tahan tubuh ibu hamil cenderung akan melemah. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, salah satu makanan sehat yang bisa Bunda konsumsi adalah buah pepaya. Dengan berbagai kandungan antioksidan serta vitamin A dan vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh, buah pepaya bisa mencegah berbagai penyakit infeksi akibat virus maupun kuman.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang umum dialami selama hamil. Nah, untuk mengatasi keluhan tersebut, Bunda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti pepaya, agar saluran pencernaan bisa bekerja lebih lancar.

Buah pepaya sendiri mengandung serat sekitar 1,6 gram dalam setiap 100 gramnya. Cukup tinggi, bukan? Oleh karena itu, apabila mengalami sembelit, Bunda bisa mengonsumsi buah pepaya.

3. Meringankan keluhan morning sickness

Selain sembelit, morning sickness juga bisa diredakan apabila Bunda mengonsumsi buah pepaya. Soalnya, buah pepaya mengandung asam folat dan vitamin B6 yang bisa meredakan rasa mual akibat morning sickness.

Tidak hanya itu, buah pepaya juga memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga bisa mencegah dehidrasi akibat morning sickness yang parah.

4. Meredakan keluhan kram kaki saat hamil

Kram kaki saat hamil bisa terjadi pada ibu hamil, terutama ibu hamil yang usia kandungannya sudah memasuki trimester ketiga. Kram kaki ini umumnya timbul karena volume darah yang lebih banyak selama hamil. Meski tidak berbahaya, kram kaki selama hamil bisa membuat ibu merasa tidak nyaman, bahkan sampai sulit berjalan.

Apabila mengalami kram kaki saat hamil, Bunda bisa mengonsumsi buah pepaya untuk meredakannya. Soalnya, buah pepaya mengandung kalium dan magnesium yang cukup tinggi sehingga kram kaki saat hamil bisa dicegah.

5. Menjaga kesehatan kulit

Karena perubahan hormon selama masa kehamilan, ibu hamil bisa mengalami berbagai masalah pada kulit, seperti kulit kering dan flek hitam.

Nah, agar kesehatan kulit tetap terjaga, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya. Soalnya, buah pepaya mengandung vitamin C dan likopen bisa membuat kulit lebih bercahaya dan kencang.

6. Mengoptimalkan perkembangan mata janin

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu selama masa kehamilan, buah pepaya juga bermanfaat bagi tumbuh kembang janin, terutama untuk pembentukan matanya. Ini karena buah pepaya mengandung vitamin A yang bisa mengoptimalkan pembentukan dan perkembangan mata janin.

Selain itu, asam folat dalam pepaya juga bisa bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf janin.

Sumber:

World Health Organization (2023). Vitamin A Supplementation During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2023). Healthy Pregnancy. Getting Sick While Pregnant.

Australian Government (2022). Pregnancy Birth and Baby. Changes to Your Skin During Pregnancy.

National Health Services UK (2022). Medicines A to Z. Side Effects of Folic Acid.

Cleveland Clinic (2021). Pregnancy Constipation.

Healthline (2023). 12 Foods That May Help with Muscle Cramps.

Healthline (2019). Benefits of Papaya for Your Skin and Hair.

Healthline (2018). 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya.

Healthline (2018). Is It Safe to Eat Papaya While Pregnant?

Verywell Family (2022). Can I Eat Papaya While Pregnant?

Verywell Fit (2022). Papaya Nutrition Facts and Health Benefits.

WebMD (2023). Health Benefits of Papaya.

WebMD (2023). Leg Cramps and Leg Pain.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *