6 Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil sangat banyak Bun, mulai dari menjaga berat badan Bunda hingga mendukung pertumbuhan Si Kecil dalam kandungan. Tidak hanya itu, masih ada lagi lho manfaat bengkoang yang jarang diketahui ibu hamil.

Aneka Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil

Bunda mungkin tidak asing lagi kan dengan bengkoang. Khasiat bengkoang sudah cukup terkenal dalam dunia kecantikan. Namun, umbi-umbian yang rasanya manis, segar, dan bertekstur renyah ini juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi wanita yang sedang hamil.

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil diperoleh berkat kandungan nutrisinya, seperti kalium, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Selain itu, bengkoang juga mengandung vitamin C, antioksidan, dan prebiotik yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan.

Nah, dengan kandungan tersebut, Bunda bisa memperoleh manfaat berikut ini:

1. Mencegah kenaikan berat badan berlebih

Pertambahan berat badan selama hamil memang normal terjadi, Bun. Namun, Bunda tetap perlu menjaga kenaikan berat badan dengan sehat ya agar terhindar dari obesitas.

Nah, Bunda bisa mulai dengan konsumsi makanan bergizi dan kaya akan serat, seperti bengkoang. Ini karena serat dapat menekan rasa lapar dan membantu Bunda kenyang lebih lama.

Selain itu, bengkoang juga rendah kalori sehingga bisa jadi camilan sehat yang tepat untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih saat hamil.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit

Selain dapat mencegah obesitas, serat juga bisa mencegah dan mengatasi masalah sembelit yang kerap terjadi saat hamil. Kandungan serat dalam bengkoang bisa membuat feses lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan saat buang air besar.

Tidak hanya itu saja Bun, bengkoang juga mengandung air dan inulin, yaitu serat prebiotik yang bisa menjaga kesehatan saluran cerna. Jadi, masalah sembelit bisa diatasi.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selama hamil, tentunya Bunda ingin menjaga tubuh tetap sehat. Nah, untuk melindungi tubuh dari penyakit, Bunda bisa mengonsumsi bengkoang, ya. Manfaat bengkoang untuk ibu hamil ini bisa diperoleh berkat kandungan inulin yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bengkoang juga mengandung vitamin C dan ragam antioksidan, yaitu senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.

4. Mencegah dehidrasi

Ibu hamil sering mengeluhkan mual dan muntah (morning sickness) pada trimester pertama. Kondisi ini bisa saja menyebabkan dehidrasi lho karena ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh.

Untungnya, salah satu manfaat bengkoang untuk ibu hamil adalah mampu mencegah terjadinya dehidrasi. Ini karena bengkoang mengandung banyak air, mineral, dan vitamin sehingga mampu menjaga keseimbangan cairan.

Terlebih, bengkoang memiliki aroma yang tidak tajam dan rasanya segar, sehingga bengkoang cocok dijadikan camilan untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness.

5. Mendukung pertumbuhan tulang Bunda dan janin

Kalsium dan kalium merupakan kandungan mineral dalam bengkoang yang tak kalah penting, Bun. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan tulang sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya osteoporosis di kemudian hari.

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil ini juga didukung oleh inulin yang mampu mencegah pengeroposan tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium.

6. Mencegah anemia

Bunda mengalami pusing, letih, dan lesu saat hamil? Nah, kondisi ini mungkin saja disebabkan oleh kurang darah sehingga suplai darah ke otak pun tidak tercukupi. Namun, jangan khawatir ya Bun, karena masalah tersebut bisa diatasi dengan bengkoang, lho.

Bengkoang mengandung zat besi dan folat yang dibutuhkan ibu hamil untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Ini karena saat hamil tubuh membutuhkan jumlah darah yang lebih banyak untuk mencegah terjadinya kekurangan sel darah merah (anemia).

Nah, banyak sekali kan Bun, manfaat bengkoang untuk ibu hamil. Oleh karena itu, Bunda bisa lho menjadikan bengkoang sebagai camilan untuk mendapatkan ragam manfaat di atas.

Sebelum mengonsumsinya, cuci bengkoang sampai bersih dan buang akarnya. Gunakan pisau untuk mengupas kulit bengkoang. Jangan lupa untuk cuci lagi daging bengkoang hingga bersih agar aman dikonsumsi langsung. Setelah bersih, Bunda bisa potong bengkoang menjadi beberapa irisan.

Kalau Bunda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat bengkoang untuk ibu hamil, jangan ragu untuk tanyakan ke dokter ya.

Sumber:

Lewsley, J. Baby Centre UK. How will I know if I’m dehydrated and what can I do about it?

National Institute of Health (2022). MedlinePlus. Managing Your Weight Gain during Pregnancy.

Nationwide Children’s. How to Handle Dizziness During Pregnancy.

U.S. Department of Agriculture. FoodData Central. Yambean (Jicama), Raw.

Cleveland Clinic (2023). What Is Jicama?

Groves, M. Healthline (2023). 8 Health and Nutrition Benefits of Jicama.

M, Sruthi. MedicineNet. How Is Jicama Good for You?

WebMD (2022). Foods High in Prebiotics.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *