5 Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil yang Aman dan Efektif

obat masuk angin

Obat masuk angin untuk ibu hamil bisa Bunda gunakan untuk mengatasi gejala masuk angin. Dengan mengonsumsi obat ini, gejala-gejala tersebut bisa mereda sehingga Bunda bisa beraktivitas kembali dengan normal.

Masuk angin merupakan istilah awam yang sering digunakan untuk menjelaskan kondisi tubuh saat sedang mengalami mual, muntah, perut kembung, batuk, sakit kepala ringan, tidak enak badan, dan demam. Tak jarang berbagai gejala tersebut terjadi pada ibu hamil, karena melemahnya daya tahan tubuh.

Untuk mengatasi masuk angin, ibu hamil sebenarnya bisa saja hanya melakukan beberapa cara sederhana, seperti memperbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup. Namun, terkadang masuk angin bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga obat masuk angin untuk ibu hamil diperlukan.

Nah, dalam memilih obat masuk angin, Bunda juga perlu berhati-hati, ya. Soalnya, ada obat yang bahan-bahannya malah bisa membahayakan janin. Oleh karena itu, Bunda perlu ketahui apa saja obat masuk angin yang aman dan bisa Bunda gunakan.

Rekomendasi Merek Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil

Obat masuk angin untuk ibu hamil bisa dibeli secara bebas di apotek. Biasanya, obat masuk angin untuk ibu hamil mengandung bahan-bahan herbal, seperti mentol, camphor, peppermint, eukaliptus, dan campuran madu.

Nah, berikut ini adalah beberapa obat masuk angin untuk ibu hamil yang aman dan efektif:

1. Panadol

Panadol bisa dikonsumsi apabila masuk angin disertai sakit kepala ringan atau demam. Obat ini aman dikonsumsi ibu hamil karena mengandung paracetamol yang bisa menurunkan demam dan mengatasi rasa nyeri.

Panadol tersedia dalam varian tablet. Dosis umum penggunaannya adalah 1–2 tablet dalam sekali minum, tetapi tidak boleh lebih dari 8 tablet dalam sehari, ya.

2. Paramex

Sama seperti Panadol, Paramex juga bisa dikonsumsi apabila masuk angin disertai demam atau sakit kepala ringan. Obat masuk angin untuk ibu hamil ini mengandung paracetamol dan propifenazone yang bisa mengatasi gejala tersebut.

Paramex tersedia dalam varian tablet. Bunda bisa mengonsumsi obat masuk angin untuk ibu hamil ini 1 tablet, 2–3 kali sehari.

3. Woods Lozenges

Apabila Bunda mengalami masuk angin yang disertai batuk, Woods Lozenges bisa menjadi pilihan. Soalnya, obat masuk angin untuk ibu hamil ini mengandung menthol dan peppermint yang bisa melegakan tenggorokan dan melancarkan saluran pernapasan.

Obat masuk angin untuk ibu hamil ini berbentuk seperti permen. Bunda bisa juga memilih rasanya, karena tersedia varian rasa ceri dan lemon madu. Meski bisa mengonsumsi Woods Lozenges sesuai kebutuhan, Bunda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan ya, misalnya 6 butir, dalam sehari.

4. Plossa

Plossa merupakan minyak angin yang mengandung eukaliptus, minyak peppermint, menthol, dan camphor. Kombinasi bahan tersebut bisa menimbulkan sensasi dingin dan hangat sehingga gejala masuk angin, seperti perut kembung, bisa mereda.

Obat masuk angin untuk ibu hamil ini bisa digunakan dengan dua cara, yaitu dioles ke kulit atau dihirup. Oleh karena itu, Bunda bisa menggunakan Plossa sesuai kebutuhan. Namun, Bunda perlu ingat bahwa produk ini tidak boleh ditelan, ya.

5. ABC Menthol Cone

ABC Menthol Cone bermanfaat untuk mengatasi berbagai gejala masuk angin, seperti batuk, pegal-pegal, dan tidak enak badan. Obat masuk angin untuk ibu hamil ini mengandung menthol yang mampu memberikan sensasi dingin, kemudian hangat, sehingga rasa nyeri di bagian tubuh tertentu bisa hilang.

ABC Menthol Cone bisa digunakan sebagai inhaler atau obat gosok. Penggunaannya juga sesuai dengan kebutuhan, sehingga jangan telalu berlebihan.

Nah, itulah beberapa obat masuk angin untuk ibu hamil yang bisa mengatasi gejala masuk angin, seperti perut kembung dan pegal-pegal. Meski gejala masuk angin bisa diatasi dengan obat tersebut, Bunda tetap perlu melakukan perawatan mandiri dengan perbanyak istirahat dan konsumsi makanan bergizi agar kondisi Bunda tidak semakin memburuk, ya.

Jika kondisi Bunda memburuk, apalagi kalau sudah minum obat, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat memberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang sedang Bunda alami.

Sumber:

Mayo Clinic (2023). Common Cold.

Baby Center (2021). Bloating and Gas During Pregnancy.

Healthline (2023). Are Colds Worse When You’re Pregnant?

Verywell Family (2022). 8 Causes of Pregnancy Gas and 18 Ways to Cope.

Verywell Health (2023). 11 Popular Natural Remedies for the Common Cold.

Verywell Health (2023). Getting the Common Cold When You’re Pregnant.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *