Apakah Retinol Aman untuk Ibu Hamil? Yuk, Ketahui Faktanya

Apakah retinol aman untuk ibu hamil? Pertanyaan ini memang sering terlintas di pikiran sebagian wanita yang sedang hamil . Soalnya, retinol merupakan salah satu bahan yang sering terkandung dalam produk perawatan kulit karena memiliki segudang manfaat, seperti mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit.

Terlepas dari manfaatnya yang begitu beragam, ada anggapan bahwa pemakaian retinol bisa membahayakan ibu hamil dan janin. Namun, apakah anggapan tersebut benar?

Apa Itu Retinol?

Meski sedang hamil, tidak ada salahnya kok kalau Bunda ingin merawat diri. Apalagi, perawatan diri bisa menjaga kulit tetap sehat, mengurangi stres, dan meningkatkan rasa percaya diri selama hamil. Produk perawatan kulit sendiri sangat bervariasi, salah satunya retinol. Nah, apa itu retinol?

Retinol adalah zat yang terbentuk dari vitamin A. Kandungan ini mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa mengurangi kerutan, membuat wajah awet muda, dan membuat tekstur kulit lebih halus.

Selain itu, retinol juga bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di wajah sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

Dengan mengetahui beragam manfaat retinol, tidak heran jika Bunda tertarik menggunakannya dalam rangkaian perawatan kulit sehari-hari. Terlebih, retinol bisa ditemukan dengan mudah dan dijual bebas dalam bentuk serum, krim pelembap, gel, dan losion.

Apakah Retinol Aman untuk Ibu Hamil?

Sebagian ibu hamil kerap mengeluhkan beberapa masalah kulit, seperti kulit kering, banyak jerawat, dan kulit menggelap (melasma). Kondisi ini biasanya terjadi karena perubahan hormon selama masa kehamilan. Nah, untuk mengatasi masalah kulit tersebut, Bunda bisa menggunakan skincare yang aman dan tepat.

Secara umum, skincare boleh digunakan selama hamil, tapi pastikan produk yang Bunda pilih aman untuk kehamilan dan sudah mendapatkan izin edar dari BPOM, ya.

Selain itu, ada beberapa kandungan yang sebaiknya Bunda hindari dulu nih ketika sedang hamil, salah satunya retinol. Wah, kenapa ya, Bun?

Menurut beberapa penelitian, penggunaan produk perawatan kulit yang terbuat dari vitamin A seperti retinol, bisa mengganggu pembentukan organ tubuh janin bahkan meningkatkan risiko janin terlahir cacat.

Nah, karena kesehatan Bunda dan janin harus dijaga sebaik mungkin, produk apa pun yang mengandung retinol sebaiknya dihentikan dulu pemakaiannya. Sebagai alternatif, Bunda bisa memilih produk dengan bahan lain yang efeknya mirip retinol, seperti azaleic acid, glycolic acid, atau hyaluronic acid.

Kalaupun ingin menggunakan skincare dengan retinol, sebaiknya pilih yang konsentrasinya paling rendah dan hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Jangan galau, Bun. Nantinya, setelah melahirkan dan melewati masa menyusui, Bunda bisa menggunakan retinol lagi, kok.

 Selama masa kehamilan, sebaiknya Bunda juga tidak menggunakan beberapa skincare dengan bahan turunan vitamin A lainnya, seperti:

  • Retinoid
  • Tazarotene
  • Tretinoin
  • Adapelene
  • Alitretinoin
  • Asam retinoat
  • Retinyl linoleate
  • Retinyl palmitate
  • Bexarotene

Kalau sebelum hamil Bunda sering menggunakan retinol yang dioles atau terlanjur menggunakannya saat sedang hamil, jangan panik dulu ya, Bun. Hal ini masih terbilang aman bila Bunda tidak menggunakannya secara berlebihan. Jadi, mulai sekarang Bunda bisa menghentikan pemakaiannya, ya.

Nah, setelah mengetahui apakah retinol aman untuk ibu hamil atau tidak, tentu Bunda perlu lebih selektif dalam memilih skincare yang akan digunakan. Jika Bunda masih ragu atau bertanya-tanya apakah retinol aman untuk ibu hamil, jangan ragu berkonsultasi ke dokter, ya.

Sumber:

National Organization of Rare Disease (2023). Fetal Retinoid Syndrome.

De Bellefonds, C. Baby Center (2023). How to Feel Beautiful During Pregnancy.

Miles, K. Baby Center. Safe Skin Care During Pregnancy.

Jablonski, N. Healthline (2023). Your Guide to a Pregnancy-Safe Skin Care Routine.

Whelan, C. Healthline (2022). Can Using Products with Retinol Affect Pregnancy?

Cinelli, E. Parents (2023). Pregnancy-Safe Skin Care Ingredients, According to Experts.

Matta, C. Verywell Family (2022). Can I Use Retinol While Pregnant?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *