Pusar Menonjol Saat Hamil Normal atau Nggak, Ya?

Pusar menonjol saat hamil umumnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Bahkan, sebagian besar ibu hamil memang bisa mengalami kondisi ini dan hal ini normal terjadi. Namun, terkadang menonjolnya pusar saat hamil juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu.

Selama kehamilan, akan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Bunda, salah satunya pusar yang tampak menonjol. Nah, kenapa ya pusar jadi berubah saat hamil? Apakah bisa kembali ke bentuk semula?

Penyebab Pusar Menonjol Saat Hamil

Nggak salah kok kalau Bunda khawatir karena tiba-tiba saja pusar menonjol saat hamil. Kondisi ini sebenarnya normal banget terjadi saat hamil, apalagi saat memasuki trimester kedua atau ketiga, tepatnya di sekitar minggu ke-26 kehamilan. Ini berarti, Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan sehat di dalam perut Bunda.

Lantas, kenapa pusar bisa sampai menonjol keluar, ya? Jadi, ukuran dan berat badan janin terus bertambah, ukuran rahim pun akan bertambah. Hal ini membuat rahim mendorong dan menekan dinding perut Bunda sehingga membuat pusar tampak menonjol.

Selain itu, Bunda mungkin juga mengalami perubahan warna kulit di sekitar pusar, muncul rasa gatal, stretch mark, dan pusar yang terasa tidak nyaman atau sensitif saat bergesekan dengan baju.

Namun, jangan khawatir ya, Bun. Kondisi tersebut bisa diatasi kok dengan memakai perban, pelembap, atau menggunakan baju yang longgar untuk mengurangi gesekan. Keluhan tersebut, termasuk pusar menonjol, nantinya akan hilang setelah melahirkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pusar Tampak Menonjol

Pusar yang menonjol selama kehamilan biasanya normal dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, bila pusar menonjol saat hamil disertai rasa nyeri, Bunda perlu lebih waspada, ya.

Meski jarang terjadi, pusar yang tiba-tiba menonjol bisa menjadi tanda hernia umbilikalis, yaitu kondisi ketika bagian usus menonjol keluar dari pusar.

Hernia umbilikalis bisa terjadi pada ibu hamil bila sebelum kehamilan ia sudah menderita hernia dan memburuk saat sedang mengandung. Selain itu, ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) juga berisiko terkena hernia umbilikalis.

Nah, tidak hanya pusar menonjol yang terasa sakit, beberapa gejala ini juga menjadi tanda hernia umbilikalis yang perlu Bunda perhatikan, seperti:

  • Adanya tonjolan atau benjolan lunak di dekat pusar yang terlihat ketika batuk
  • Nyeri terasa memburuk saat beraktivitas
  • Tekanan di sekitar pusar
  • Mual, muntah, dan sembelit

Hernia umbilikalis sendiri tidak berbahaya dan pada sebagian kasus bisa hilang tanpa pengobatan. Hanya saja, kondisi ini memang cukup mengganggu. Selain itu, bila sudah parah, hernia umbilikalis bisa saja mengganggu kesehatan saluran cerna.

Oleh karena itu, bila pusar menonjol saat hamil disertai dengan nyeri dan beberapa gejala yang telah disebutkan di atas, Bunda sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ya agar kondisinya tidak makin parah.

Sumber:

Cleveland Clinic (2019). Why Do Some People’s Belly Buttons Pop Out During Pregnancy?

Iftikhar, N. Healthline (2020). What You Need to Know About Umbilical Hernias During and After Pregnancy.

Harris, N. Parents (2023). How to Handle an Umbilical Hernia in Pregnancy.

Bradley, S. The Bump (2023). How Your Belly Button Changes During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *