5 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ada banyak lho, Bun. Salah satu manfaat buah ini adalah adalah mencegah sembelit serta memperkuat imunitas tubuh saat hamil. Selain itu, apa lagi ya manfaat jambu biji yang bisa Bunda peroleh?

Jambu disukai banyak orang karena rasanya yang asam, manis, dan menyegarkan. Nah, tahu kah Bunda, selain rasanya yang enak, buah ini juga mengandung banyak nutrisi penting bagi ibu hamil, lho.

Jambu biji mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, dan antioksidan. Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki kandungan mineral, mulai dari kalium, natrium, kalsium, magnesium, zinc, dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Berkat berbagai kandungan tersebut, manfaat jambu biji untuk ibu hamil pun tidak perlu diragukan lagi.

Ragam Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Mengetahui banyaknya nutrisi yang terkandung dalam jambu biji, tentu Bunda jadi penasaran kan, manfaat apa saja yang bisa didapat dengan mengonsumsi buah ini selama hamil.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang bisa Bunda peroleh:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang sudah disebutkan, jambu biji mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Dalam 100 gram jambu biji, terdapat sekitar 200 mg vitamin C dan jumlah ini sudah melebihi asupan harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Dengan begitu, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga Bunda jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit selama hamil.

2. Mencegah kenaikan berat badan berlebih

Jika Bunda mencari camilan sehat yang rendah kalori, jambu biji bisa menjadi pilihan yang tepat lho, Bun. Terlebih, buah ini mengandung vitamin dan mineral penting yang menawarkan beragam manfaat untuk ibu hamil.

Konsumsi buah rendah kalori sendiri bisa membuat Bunda terhindar dari kenaikan berat badan berlebih atau bahkan obesitas saat hamil. Selain itu, jambu memberikan efek kenyang lebih lama sehingga nafsu dan porsi makan jadi lebih terkontrol.

3. Mencegah dan mengatasi sembelit

Sebagian ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan, seperti GERD, diare, dan sembelit. Nah, jika Bunda mengalami salah satu keluhan tersebut, Bunda bisa mulai mengonsumsi jambu biji secara rutin.

Ini karena jambu biji mengandung serat yang dapat memberikan efek prebiotik, sehingga baik untuk menyehatkan saluran cerna. Serat juga bisa melancarkan pergerakan usus dan membuat tinja jadi lebih padat dan mudah dikeluarkan, sehingga masalah sembelit pun dapat teratasi.

4. Mencegah anemia

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan jumlah sel darah merah yang lebih banyak untuk mendukung perkembangan janin. Nah, untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, Bunda bisa lho mengonsumsi jambu biji.

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ini berasal dari kandungan zat besi yang bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak darah untuk menghantar oksigen ke janin. Sementara itu, vitamin C dalam buah ini juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang sudah Bunda konsumsi.

Dengan begitu, Bunda akan terhindar dari kekurangan sel darah merah (anemia) yang bisa saja menyebabkan kelahiran prematur.

5. Mencegah terjadinya preeklampsia

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang bisa Bunda peroleh berikutnya adalah terhindar dari risiko terkena preeklampsia yang ditandai dengan tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa jambu biji bisa menurunkan tekanan darah ketika dikonsumsi sebelum makan. Namun, memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat jambu biji untuk ibu hamil satu ini. Meski begitu, tidak ada salahnya kok Bun, mencoba konsumsi jambu biji saat hamil.

Nah, banyak sekali kan manfaat jambu biji untuk ibu hamil? Oleh karena itu, buah jambu yang sudah matang bisa rutin Bunda konsumsi sebanyak 1 buah per hari atau tidak lebih dari 125 gram, ya. Agar tetap sehat, Bunda juga mengonsumsi buah lain yang kandungan gizinya mirip dengan jambu biji, seperti apel, mangga, dan jeruk.

Namun, jangan lupa selalu cuci dengan air bersih dan kupas kulitnya dulu untuk menurunkan risiko tertelannya bakteri atau kuman yang dikhawatirkan bisa membahayakan kehamilan.

Apabila Bunda masih ada pertanyaan seputar manfaat jambu biji untuk ibu hamil, jangan ragu untuk bertanya ke dokter, ya.

Sumber:

Chunaeni, S., Lusiana, A., & Martanti, L.E., (2020). Effectiveness of Psidium Guajava to Increase Hemoglobin and Hematocrit Levels of Third Trimester in Pregnancy. In Journal of Physics: Conference Series, 1524(1), p. 012131.

Farias, et al. (2020). Minerals in Pregnancy and Their Impact on Child Growth and Development. Molecules, 25(23), p.5630.

Kumari, et al. (2020). Mineral Composition,Ppigments, andPpostharvest Quality of Guava Cultivars Commercially Grown in India. Journal of Agriculture and Food Research, 2, p.100061.

Victoria Government of Australia (2022). Betterhealth Channel. Antioxidants.

Mayo Clinic (2022). Dietary Fiber: Essential for A Healthy Diet.

Mayo Clinic (2022). Iron Deficiency Anemia during Pregnancy: Prevention Tips.

Brown, M.J. Healthline (2023). 8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves.

Streit, L. Healthline (2020). Should You Eat Guava During Pregnancy?

MedicineNet (2022). What Are the Health Benefits and Disadvantages of Eating Guava?

WebMD. Guava – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *