5 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil yang Bisa Bunda Dapatkan

Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil yang Bisa Bunda Dapatkan

“Manfaat jagung untuk ibu hamil? Memang ada?” Nah, wajar kalau Bunda agak ragu karena jagung biasanya cukup dimakan sebagai lauk pendamping atau pelengkap dalam suatu hidangan. Padahal, jagung mengandung beragam nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin, lho. Apa saja ya?

Jagung merupakan tanaman yang termasuk ke dalam golongan biji-bijian dan sayuran. Karena rasanya manis dan gurih, jagung sering disantap dengan cara direbus, dipangsang, ditumis, atau dijadikan sup jagung.

Di samping dari rasanya yang enak, tahukah Bunda kalau jagung mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, asam folat, vitamin A, vitamin B, kalium, fosfor, zinc, serat, dan antioksidan.

Nah, dilihat dari kandungannya, sudah bisa dibayangkan tidak berapa banyak manfaat jagung untuk ibu hamil? Yuk, simak di artikel ini!

Ragam Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutisi. Salah satu makanan tersebut adalah jagung. Berikut ini adalah berbagai manfaat jagung untuk ibu hamil yang bisa bunda peroleh:

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Perubahan hormon saat hamil bisa menyebabkan beberapa keluhan, misalnya sembelit. Nah, Bunda yang mengalami sembelit bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi jagung.

Ini karena, jagung mengandung serat yang dapat meningkatkan volume feses menjadi lebih padat dan lembut. Selain itu, serat dalam jagung juga mampu menyehatkan sistem pencernaan sehingga buang air besar pun lebih lancar.

Jagung juga mengandung prebiotik yang baik untuk melancarkan pencernaan, Bun. Berkat kandungannya itu, saluran cerna Bunda akan lebih sehat dan bisa menyerap nutrisi dengan lebih optimal.

2. Meningkatkan energi selama kehamilan

Jagung mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi. Nah, kedua kandungan ini sangat dibutuhkan tubuh, terutama ibu hamil, untuk menambah energi. Dengan mengonsumsi jagung, tubuh Bunda akan lebih fit dan tidak mudah lelah. Jadi, jangan ragu lagi ya untuk mengonsumsi jagung, Bun.

3. Mencegah berat badan naik berlebihan

Sebenarnya, naiknya berat badan selama hamil itu normal kok, Bun. Ini berarti kehamilan Bunda berjalan dengan sehat.

Namun, berat badan yang naik berlebihan perlu diperhatikan ya, karena kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional.

Nah, agar terhindar dari kenaikan berat badan berlebih, maka Bunda bisa mengonsumsi jagung dan rutin olahraga. Selain itu, batasi pula konsumsi makanan dan minuman tinggi gula dan pemanis, seperti sirup jagung, karena kalorinya yang berlebih bisa membuat berat badan cepat naik.

4. Mencegah diabetes gestasional

Jagung memang merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Oleh karena itu, terkadang jagung sering dianggap tidak baik bagi kesehatan karena bisa meningkatkan kadar gula darah.

Namun jangan khawatir, Bun. Jenis karbohidrat yang terdapat pada jagung adalah karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Selain itu, jagung juga kaya akan serat dan tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah. Oleh karena itu, jagung tidak cepat meningkatkan kadar gula darah.

Hal ini membuat manfaat jagung untuk ibu hamil dinilai mampu mencegah diabetes gestasional.

5. Mencegah cacat lahir pada janin

Bunda sudah tahu belum tentang pentingnya asam folat? Kandungan ini dibutuhkan ibu hamil karena dapat mendukung pembentukan sel-sel dan sistem organ janin selama masa kehamilan.

Jadi, agar janin dapat berkembang dengan sehat dan sempurna, maka Bunda perlu mencukupi asupan asam folat dari makanan, salah satunya jagung. Selain itu, jagung juga mengandung kolin, yaitu nutrisi yang penting untuk mendukung perkembangan organ tubuh janin, termasuk otak, saraf, dan matanya.

Alangkah baiknya jika Bunda mengonsumsi jagung dan makanan yang mengandung asam folat lainnya sejak awal kehamilan ya, supaya janin terhindar dari risiko cacat lahir.

Cukup banyak kan, Bun, manfaat jagung untuk ibu hamil? Oleh karena itu, Bunda tidak perlu ragu lagi ya untuk menambahkan jagung dalam menu harian. Namun, jangan lupa untuk mengimbangi asupan gizi dengan makanan bernutrisi lainnya, ya.

Jika Bunda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat jagung untuk ibu hamil, langsung saja tanyakan ke dokter, yuk!

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention (2022). Folid Acid.

National Health Service UK (2023). Have a Healthy Diet in Pregnancy.

National Institute of Health. Medline Plus (2023). National Library of Medicine. Gestational Diabetes Diet.

United States Department of Agriculture (2019). Corn, sweet, yellow, raw.

Harvard Health Publishing Harvard Medical School (2022). The sweet danger of sugar.

Johns Hopkins Medicine. Health Benefits of Corn.

Cleveland Clinic (2021). Pregnancy Constipation.

Sass, C. Health (2023). Health Benefits of Corn.

Ajmera, R. Healthline (2021). Is Soluble Corn Fiber Good for You? Benefits and Side Effects.

Arnarson, A. Healthline (2023). Corn 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Watson, S. WebMD (2023). Corn.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *