6 Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil yang Aman Digunakan

minyak zaitun untuk ibu hamil, diary bunda

Minyak zaitun untuk ibu hamil banyak manfaatnya lho, Bunda. Manfaatnya adalah mulai dari menyamarkan stretch mark sampai mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan. Nah, agar bisa mendapatkan manfaat tersebut, yuk ketahui berbagai produk minyak zaitun yang aman untuk ibu hamil!

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun. Minyak ini umumnya dapat dikonsumsi sebagai minyak sehat yang kerap digunakan untuk memasak.

Namun, selain untuk kebutuhan kuliner, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk kecantikan dan produk perawatan kulit dan rambut, seperti minyak urut, minyak rambut, hingga cleansing oil. Ini karena minyak  zaitun mengandung efek antiradang dan antioksidan.

Meski demikian, minyak zaitun yang digunakan untuk memasak dan untuk produk perawatan diri berbeda ya, Bun. Minyak untuk masak umumnya hanya dipakai untuk masak, sedangkan yang untuk perawatan tubuh hanya untuk pemakaian di kulit dan rambut.

Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Minyak zaitun, baik yang bisa dikonsumsi maupun digunakan sebagai minyak oles, sebenarnya aman-aman saja untuk ibu hamil. Berbagai produknya pun bisa dibeli di mana saja tanpa resep dokter. Adapun beberapa rekomendasi produk minyak zaitun untuk ibu hamil yang bisa digunakan adalah:

1. Herborist Minyak Zaitun

Herborist Minyak Zaitun merupakan minyak oles yang bisa digunakan pada kulit kering atau bersisik saat hamil. Minyak oles ini mengandung ekstrak zaitun dan vitamin E sehingga bisa menjaga kekencangan kulit, melembutkan kulit, dan menyamarkan stretch mark yang timbul saat hamil.

Bunda bisa menggunakan minyak zaitun untuk ibu hamil ini untuk memijat pelan bagian tubuh yang kaku sehingga otot-otot terasa lebih relaks. Karena Herborist Minyak Zaitun ini hanya untuk penggunaan luar, jangan sampai minyak ini mengenai mata dan mulut Bunda, ya.

2. Sariayu Olive Massage Oil

Kalau Bunda ingin melakukan pijat dengan aroma yang menenangkan, Sariayu Olive Massage Oil bisa Bunda gunakan, nih. Minyak oles yang mengandung ekstrak zaitun, vitamin E, serta minyak esensial mawar dan neroli ini tidak hanya memiliki aroma yang enak, tetapi juga mampu melembapkan kulit serta menenangkan otot.

Karena merupakan minyak oles, Sariayu Olive Massage Oil ini hanya bisa digunakan di kulit ya, Bunda. Bunda bisa membalurkan minyak zaitun untuk ibu hamil ini ke kulit yang kering atau muncul stretchmark.

3. Minyak Zaitun Murni Beorganik

Nah, berbeda dari minyak zaitun sebelumnya, Minyak Zaitun Murni Beorganik bisa Bunda konsumsi, lho. Minyak zaitun untuk ibu hamil ini tidak mengandung bahan campuran apa pun dan diproses dengan teknik cold pressed sehingga ekstrak dari buah zaitun bisa diperoleh secara maksimal.

Bunda bisa menggunakan Minyak Zaitun Murni Beorganik ini sebagai pengganti minyak goreng biasa untuk memasak. Soalnya, minyak zaitun untuk ibu hamil ini mengandung lemak baik dan kalori yang lebih rendah. Bahkan, Bunda juga bisa menggunakannya sebagai minyak oles tubuh.

4. Mustika Ratu Minyak Zaitun

Mustika Ratu Minyak Zaitun bisa digunakan sebagai minyak oles atau minyak pijat yang mampu melembapkan kulit. Minyak zaitun untuk ibu hamil ini mengandung ekstrak zaitun, minyak esensial mawar, serta minyak esensial melati, yang bisa menjaga kesehatan kulit sekaligus memberikan wangi yang menenangkan.

Bunda bisa menggunakan minyak zaitun untuk ibu hamil dengan mengoleskannya ke kulit sebelum dipijat. Karena hanya untuk pemakaian luar, Mustika Ratu Minyak Zaitun tidak boleh ditelan, ya, Bunda.

5. Wardah Olive Oil Massage

Wardah Olive Oil Massage bermanfaat untuk menyamarkan stretchmark atau kerutan halus yang ada di lipatan kulit selama hamil. Soalnya, minyak zaitun untuk ibu hamil ini mengandung minyak zaitun murni serta butylated hydroxytoluene (BHT).

Selain itu, Wadah Olive Oil Massage juga mengandung pewangi bamboo dan cedarwood, sehingga wanginya terlalu menyengat.

Apabila Bunda ingin menghilangkan stretchmark, Bunda bisa membalurkan Wardah Olive Oil Massage setiap malam di area yang terdapat kerutan tersebut sambil dipijat-pijat pelan. Meskipun aman, minyak zaitun untuk ibu hamil ini disarankan untuk dipakai ketika usia kandungan sudah di atas 5 bulan, ya, Bunda.

6. BORGES Extra Virgin Olive Oil

BORGES Extra Virgin Olive Oil merupakan minyak zaitun asli yang berasal dari buah zaitun berkualitas. Minyak zaitun untuk ibu hamil ini mengandung antioksidan, kolin, dan vitamin E, yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan janin.

Karena mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi janin, Bunda bisa mengonsumsi minyak zaitun untuk ibu hamil dengan dijadikan sebagai salad dressing.

Bunda juga tetap perlu mengatur takaran per harinya, ya, misalnya 3 sendok makan sehari. Alasannya, minyak zaitun mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak.

Nah, itulah beberapa produk minyak zaitun untuk ibu hamil yang aman digunakan. Meski memang aman, Bunda tetap perlu berkonsultasi ke dokter apabila ingin menggunakan atau mengonsumsinya, apalagi kalau Bunda memiliki kondisi-kondisi tertentu, seperti alergi atau kulit sensitif.

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia, Panganku. Minyak Zaitun (Olive oil).

Everyday Health (2022). A Detailed Guide to Olive Oil: Health Benefits, Nutrition Facts, Other Uses, and More.

Healthline (2023). 11 Proven Benefits of Olive Oil.

Healthline (2023). What Is Extra Virgin Olive Oil, and Why Is It Healthy?

Verywell Health (2023). Benefits of Olive Oil for Your Skin.

WebMD (2023). Olive Oil – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *