Payudara Sakit Apakah Tanda Hamil? Ketahui Faktanya, Yuk!

Wanita yang belum pernah hamil mungkin bingung mengartikan rasa nyeri di payudara sebagai tanda awal kehamilan. Namun, benarkah kalau payudara sakit sudah pasti kehamilan terjadi?

Jawabannya, belum tentu ya. Payudara sakit tidak selalu menandakan kehamilan. Pada sebagian wanita, keluhan ini juga sering dirasakan saat masa menjelang menstruasi, yaitu karena sindrom pramenstruasi (PMS). Keluhan ini biasanya muncul di sekitar 3–5 hari sebelum haid.

Payudara yang tiba-tiba nyeri menjelang menstruasi ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Dampaknya, payudara pun membengkak dan menimbulkan rasa nyeri.

Apa Perbedaan Payudara Sakit Tanda Hamil dengan Menstruasi?

Payudara yang sakit sebagai tanda kehamilan biasanya disertai dengan ukuran payudara yang membesar dan pembuluh darahnya lebih terlihat. Selain itu, warna puting susu juga akan menggelap dan lebih menonjol ketika hamil. Sebagian wanita mungkin juga mengeluhkan munculnya sensasi kesemutan atau geli pada payudara.

Ketika hamil, payudara juga biasanya akan terasa lebih sensitif dan mudah nyeri ketika disentuh. Nah, gejala-gejala ini biasanya muncul pada 1–2 minggu setelah pembuahan dan bisa berlangsung selama trimester pertama, seiring dengan meningkatnya kadar hormon kehamilan.

Sementara itu, ketika menstruasi, payudara nyeri biasanya tidak disertai perubahan warna kulit maupun areola. Nyeri payudara akibat menstruasi pun biasanya hanya berlangsung singkat, yaitu cuma beberapa hari. Selain itu, payudara nyeri karena menstruasi juga biasanya tidak disertai gejala kehamilan, seperti telat haid.

Jadi intinya, payudara sakit tidak selalu menandakan kehamilan, ya. Keluhan ini bisa juga disebabkan oleh hal lainnya, seperti PMS atau kondisi menjelang menstruasi.

Meski demikian, kamu perlu lebih waspada jika mengalami keluhan payudara sakit yang disertai payudara bengkak dan merah, nyeri saat ditekan, keluar cairan dari puting, serta payudara berdarah atau bernanah, ya. Tanda-tanda ini biasanya disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti infeksi payudara.

Setelah mengetahui payudara sakit apakah tanda hamil, tidak ada salahnya kok untuk tetap berkonsultasi ke dokter apabila kamu khawatir dengan keluhan ini. Selain itu, ada juga solusi lain untuk memastikan apakah kamu hamil atau tidak, yaitu dengan melakukan tes kehamilan menggunakan testpack.

Tes ini bisa kamu lakukan jika payudara sakit disertai dengan beberapa gejala awal kehamilan, seperti mual muntah dan telat haid.

Sumber:

HSE Live Ireland (2022). Breast Changes During Pregnancy.

National Health Service UK (2023). Signs and Symptoms of Pregnancy.

Johns Hopkins Medicine. Breast Pain: 10 Reasons Your Breasts May Hurt.

Mount Sinai. Breast Pain.

Miller, K. The Bump (2023). 8 Ways Breasts Change During Pregnancy.

Mateo, A. Health (2023). Breast Pain Before a Period—Why Does It Happen?

Feintuch, S. Healthline (2023). PMS Symptoms vs. Pregnancy Symptoms.

Dineen, C.W. Parents (2022). 9 Ways Your Breasts Change During Pregnancy.

Krouse, L. Verywell Family (2023). Sore Breasts in Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *