Inilah Buah untuk Menyembuhkan Batuk pada Ibu Hamil

buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil, diary bunda

Ada berbagai buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil yang bisa dikonsumsi. Mengingat Bunda tidak boleh sembarangan minum obat selama mengandung, buah-buahan ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Bunda untuk meredakan batuk secara aman. Yuk, ketahui apa saja buah-buahannya, Bun!

Batuk saat hamil umumnya bukan merupakan kondisi yang serius, kok, Bun. Namun, keluhan ini memang bisa sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan, batuk saat hamil tak jarang membuat sulit tidur.

Meski bisa hilang dengan sendirinya, batuk saat hamil, apalagi yang sampai mengganggu, perlu segera diatasi agar Bunda bisa kembali berkegiatan dengan normal. Nah, untuk mengatasinya, Bunda tidak boleh sembarangan minum obat, lho. Soalnya, ada beberapa obat-obatan yang tidak aman untuk janin dan kandungan.

Oleh karena itu, sebaiknya Bunda melakukan cara alami untuk meredakan batuk, salah satunya dengan mengonsumsi buah. Buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil ini banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama hamil, seperti vitamin C, vitamin E, beta karoten, zinc, selenium, folat, dan zat besi.

Berbagai Buah untuk Menyembuhkan Batuk pada Ibu Hamil

Buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil bisa dimakan langsung atau diolah dulu menjadi jus. Beberapa buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil adalah:

1. Lemon

Meski rasanya sedikit asam, lemon merupakan salah satu buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil. Soalnya, buah ini kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin C yang bisa memperkuat imunitas tubuh. Dengan demikian, tubuh akan lebih mampu melawan infeksi virus atau bakteri penyebab batuk.

Bunda bisa memperoleh manfaat dari buah lemon ini hanya dengan mencampurkan ½ gelas air perasan lemon dengan air putih atau teh hangat. Supaya rasanya lebih manis dan nikmat, Bunda juga bisa menambahkan madu sebanyak 1–2 sendok teh. Minuman ini tak hanya baik untuk menyembuhkan batuk, tetapi juga baik untuk mencegah dehidrasi.

2. Jeruk

Selain lemon, jeruk juga bisa membantu meredakan batuk yang dialami saat hamil. Alasannya, dalam 100 gram jeruk, terdapat sekitar 50 mg vitamin C yang bisa meredakan peradangan di tenggorokan yang menjadi pemicu batuk.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam jeruk juga bisa memperkuat imunitas tubuh. Dengan begitu, sistem imun yang berfungsi untuk melawan infeksi, baik karena virus maupun bakteri, bisa bekerja dengan optimal.

Untuk memperoleh manfaat jeruk tersebut, Bunda bisa mengonsumsinya langsung setelah dikupas atau menyajikannya dalam bentuk jus. Yang penting, pastikan jeruk sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, ya, Bun.

3. Kiwi

Untuk meredakan batuk, Bunda juga bisa mengonsumsi kiwi. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 92 mg dalam 100 gramnya. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah kiwi bisa memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil dalam melawan infeksi yang menyebabkan batuk.

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah kiwi juga mengandung beta karoten, vitamin K, dan vitamin E, yang bisa menjaga kesehatan Bunda selama mengandung.

4. Anggur

Anggur bisa menjadi salah satu buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, yaitu sebesar 3 mg dalam 100 gramnya. Dengan begitu, anggur bisa meredakan proses peradangan yang menyebabkan batuk serta memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu, anggur juga mengandung zat besi sebanyak 1,1 mg dalam 100 gramnya. Kandungan zat besi ini bisa mengoptimalkan penyerapan vitamin C sehingga manfaat dari vitamin C bisa diperoleh dengan maksimal.

5. Kelapa

Selain bisa melepas dahaga dan mencegah dehidrasi, kelapa juga bisa membantu menyembuhkan batuk pada ibu hamil, lho. Ini karena kelapa bisa mengencerkan dahak sehingga jadi lebih mudah dikeluarkan. Dengan minum air kelapa, batuk yang Bunda alami bisa mereda.

Tidak hanya kandungan airnya, kelapa juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan begitu, kelapa juga bisa membantu menyembuhkan batuk pada ibu hamil.

6. Semangka

Sama seperti kelapa, semangka juga bisa menjadi buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil. Ini karena semangka termasuk buah yang banyak mengandung air sehingga bisa mengencerkan dahak dan mencegah dehidrasi.

Selain mengandung air, semangka juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat daya tahan tubuh, seperti vitamin C dan beta karoten. Hal ini juga yang membuat semangka bisa membantu meredakan batuk.

7. Nanas

Bunda pasti pernah dengar konsumsi nanas saat hamil bisa membahayakan janin, kan? Nah, sebenarnya itu hanyalah mitos, lho, Bun. Apabila mengonsumsi nanas dalam jumlah yang wajar saat hamil, Bunda justru bisa memperoleh beragam manfaatnya, salah satunya adalah untuk meredakan batuk.

Nanas bisa dikonsumsi untuk meredakan batuk karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 22 mg dalam 100 gram, sehingga bisa memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang baik untuk mengencerkan dahak. Dengan begitu, batuk bisa mereda dengan cepat.

Berbagai buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil di atas bisa Bunda konsumsi secara rutin. Alasannya, tidak hanya bisa meredakan batuk, buah-buahan tersebut juga bisa menjaga kesehatan Bunda selama hamil.

Agar batuk bisa lebih cepat reda, Bunda juga bisa melakukan beberapa cara sederhana lainnya. Beberapa caranya adalah minum banyak air putih, beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, menggunakan pelembap ruangan di dalam ruangan ber-AC, serta menghindari asap rokok.

Kalau batuk masih belum reda setelah mengonsumsi buah serta melakukan cara-cara di atas, sebaiknya Bunda memeriksakan diri ke dokter agar penyebabnya bisa segera dipastikan. Dengan begitu, dokter juga bisa memberikan penanganan yang tepat.

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Anggur Hutan, Segar.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Jeruk Manis, Segar (Orange, Fresh).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Lemon, Segar (Lemon, Fresh).

Healthline (2023). 4 Health Benefits of Kiwi.

Healthline (2023). Honey Lemon Water: An Effective Remedy or Urban Myth?

Healthline (2023). The Top 16 Health Benefits of Grapes.

The Bump (2023). How to Treat a Cough During Pregnancy.

Verywell Health (2023). Does TikTok’s Orange, Salt, Sugar, & Honey Cough Hack Really Work?

WebMD (2023). Health Benefits of Lemon.

WebMD (2022). Health Benefits of Oranges.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *