Begini Perbedaan Nyeri Payudara Haid dan Hamil

perbedaan nyeri payudara haid dan hamil, diary bunda

Sudah tahu perbedaan nyeri payudara haid dan hamil belum? Kedua rasa nyeri ini memang sering membuat bingung karena sangat mirip satu sama lain. Namun, sebenarnya ada bedanya, lho. Nah, mengetahui perbedaannya bisa membantumu menentukan apakah nyeri yang dirasakan adalah tanda hamil atau tanda akan haid.

Nyeri payudara merupakan salah satu keluhan yang bisa muncul pada wanita saat dirinya hamil atau haid. Nyeri payudara ini bisa disertai dengan beberapa keluhan lainnya, seperti perubahan suasana hati, mual, kelelahan, dan sakit perut.

Karena sulit dibedakan, nyeri payudara haid dan hamil bisa membuat wanita, terutama yang sedang merencanakan kehamilan menjadi bingung dan bertanya-tanya, “Apakah nyeri tersebut muncul karena akan haid atau malah sedang hamil?” Nah, daripada bingung, yuk ketahui perbedaan nyeri payudara haid dan hamil!

Ini Perbedaan Nyeri Payudara Haid dan Hamil

Tingkat keparahan nyeri payudara yang terjadi saat haid atau hamil bisa berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat. Rasa nyeri ini bisa terjadi di satu payudara atau keduanya. Selain rasa nyeri, payudara juga bisa terasa sensitif, bengkak, dan sakit ketika disentuh.

Lantas, apa perbedaan nyeri payudara haid dan hamil? Nyeri payudara yang berhubungan dengan haid paling sering muncul saat wanita mengalami premenstrual syndrome (PMS) atau sindrom pramenstruasi. Rasa nyerinya bisa ringan atau berat, dan biasanya mereda ketika menstruasi dimulai atau telah selesai.

Sementara itu, nyeri payudara yang berhubungan dengan kehamilan biasanya akan terasa saat kehamilan berusia 3 atau 4 minggu. Nyeri payudara ini bisa makin terasa saat trimester pertama dan akan mereda setelah persalinan.

Selain itu, kamu juga bisa membedakan nyeri payudara haid dan hamil dari ciri-ciri rasa nyerinya. Biasanya, nyeri payudara karena haid terasa seperti tertekan. Meski begitu, rasa nyeri ini tidak terasa terus-menerus dan bisa mereda setelah menstruasi.

Nah, kalau nyeri payudara karena kehamilan biasanya akan disertai sensasi seperti payudara terasa penuh atau lebih padat. Sensasi ini bisa terasa secara terus-menerus sepanjang kehamilan. Rasa nyerinya pun biasanya lebih terasa di area kulit kecokelatan yang mengelilingi puting (areola).

Tips Mengurangi Nyeri Payudara Haid dan Hamil

Meski memang normal, nyeri payudara haid dan hamil bisa terasa sangat menyakitkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apabila hal itu terjadi, kamu bisa nih melakukan beberapa tips berikut untuk mengurangi nyeri tersebut:

  • Gunakan bra khusus tidur atau sport bra apabila payudara terasa makin sakit atau sensitif saat disentuh.
  • Gunakan bra berbahan katun yang lembut, dengan cakupan yang sesuai ukuran payudara serta tali yang lebar.
  • Kompres dingin payudara agar rasa sakit mereda.
  • Mandi dengan air hangat dan pijat lembut payudara agar ketegangan berkurang.
  • Hindari penggunaan bra yang terlalu ketat, bra berkawat, atau push up bra, karena bisa lebih menekan payudara.

Biasanya, dengan melakukan tips di atas, nyeri payudara haid dan hamil akan berkurang. Namun, apabila tidak membaik, atau bahkan disertai dengan benjolan payudara, darah atau cairan keluar dari puting, serta tanda infeksi, seperti kemerahan, bernanah, dan demam, sebaiknya kamu lakukan pemeriksaan ke dokter, ya.

Dengan memeriksakannya ke dokter, nyeri payudara bisa diketahui penyebabnya. Dokter juga akan memberikan pengobatan yang tepat dan sesuai untuk kondisimu.

Selain itu, jika ragu apakah nyeri payudara yang dirasakan terjadi karena haid atau hamil, kamu juga bisa menggunakan test pack untuk memastikan apakah dirimu hamil atau tidak.

Sumber:

Penn Medicine (2023). Getting Pregnant. Is it PMS or Am I Pregnant?

Feintuch, S. Healthline (2023). PMS Symptoms vs. Pregnancy Symptoms.

Osborn, C. Healthline (2023). Do Sore Boobs Mean I’m Pregnant? Plus, Why This Happens.

Roth, E. Healthline (2023). Premenstrual Breast Swelling and Tenderness.

Daly, K. & Scotch, A. Parents (2023). Why Breast Pain Is Common During Pregnancy and How to Find Relief.

Weiss, R. Verywell Family (2022). How to Deal With Sore Breasts in Pregnancy.

Jobes, B. Verywell Health (2024). Pregnancy vs. PMS: Vague Symptom Overlaps.

Krouse, L. Verywell Health (2023). Sore Breasts in Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *