Kaki Pegal Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kaki pegal saat hamil sering kali menjadi keluhan yang kerap membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan terganggu aktivitasnya. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui cara mengatasi kaki pegal saat hamil. 

Kaki pegal saat hamil umumnya disebabkan oleh bertambahnya usia kehamilan yang membuat kaki harus menopang beban ketika perut semakin besar. Oleh karena itu, keluhan ini biasanya terjadi saat usia kehamilan memasuki trimester ke-3. Namun, tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga bisa dialami saat hamil muda ya, Bun. 

Rasa pegal di kaki biasanya juga diikuti dengan pegal linu di bagian tubuh lainnya, seperti perut, paha, betis, dan punggung. Tentunya, keluhan ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari hingga mengganggu kualitas tidur Bunda. 

Inilah Penyebab Kaki Pegal Saat Hamil 

Selain karena perut yang makin besar, berikut ini adalah hal-hal yang bisa menjadi penyebab kaki pegal saat hamil: 

1. Perubahan hormon

Tubuh ibu hamil mengalami berbagai peningkatan hormon selama kehamilan. Nah, hormon ini menyebabkan ligamen dan jaringan penyokong dalam tubuh ibu hamil meregang. Walau normal terjadi, hal ini bisa membuat otot sering terasa sakit dan pegal, terutama otot kaki. 

Selain itu, meregangnya ligamen juga dapat membuat kaki bengkak saat hamil. Sebenarnya, meregangnya ligamen ini bertujuan untuk mempersiapkan tubuh dalam menghadapi proses persalinan lho, Bun.  

2. Pertambahan berat badan 

Membesarnya ukuran janin dan rahim membuat Bunda mengalami pertambahan berat badan. Nah, hal ini bisa menyebabkan munculnya rasa pegal di kaki. 

Pertambahan berat badan saat hamil bisa memberikan tekanan pada kaki. Akibatnya, ligamen di kaki harus bekerja lebih ekstra karena membuatnya harus menopang tubuh yang lebih berat daripada sebelum hamil. 

3. Perubahan postur tubuh 

Selain pertambahan berat badan, perubahan postur tubuh juga bisa menyebabkan kaki pegal saat hamil lho, Bun. Ini karena selama hamil tubuh Bunda akan lebih banyak mendapatkan tekanan, terutama di punggung dan kaki. 

Tekanan ini akan jadi lebih kuat apabila Bunda sering membungkuk atau berdiri terlalu lama. Nah, hal-hal ini membuat kaki menjadi pegal dan sakit lho.  

4. Pembengkakan di kaki 

Pembengkakan di kaki (edema) juga bisa menjadi penyebab kaki pegal saat hamil. Kondisi ini terjadi akibat rahim yang makin membesar dan menekan pembuluh darah di panggul, sehingga aliran darah dari kaki menuju jantung menjadi kurang lancar. 

Akibatnya, terjadilah penumpukan cairan di area kaki. Kondisi inilah yang menyebabkan kaki terasa pegal dan linu.

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Kaki pegal saat hamil tentu bikin Bunda tidak nyaman dalam beraktivitas dan beristirahat, ya. Namun, tidak perlu khawatir, rasa pegal di kaki yang dirasakan oleh Bunda bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini: 

  • Memijat kaki dengan lembut dan mengompresnya dengan air hangat
  • Memperbanyak minum air putih, untuk mencegah dehidrasi dan mencegah kram otot
  • Mandi air hangat sebelum tidur, untuk merilekskan otot-otot kaki
  • Berjalan-jalan santai atau olahraga ringan secara rutin, untuk mencegah kram kaki 
  • Menggunakan sepatu yang nyaman saat bepergian dan tidak memakai sepatu hak tinggi 
  • Menggunakan kaos kaki atau stoking kompresi, untuk membantu mengurangi pembengkakan di kaki dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Tidur dengan posisi miring ke kiri, untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kaki 
  • Tidak berdiri terlalu lama dan duduk menyilang kaki, karena dapat menghambat aliran darah
  • Mengonsumsi suplemen vitamin dan makanan yang mengandung kalsium dan magnesium, seperti tahu, sawi, pisang, yoghurt, dan ikan

Beberapa cara di atas dapat membantu mengatasi kaki pegal saat hamil ya, Bun. Namun, jika rasa pegal di kaki yang dirasakan sudah sangat mengganggu meski sudah menerapkan tips di atas, sebaiknya Bunda segera memeriksakan diri ke dokter, ya, apalagi jika rasa pegal yang muncul disertai dengan gejala lainnya, seperti bengkak atau kemerahan pada kaki.

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Leg Cramps During Pregnancy.

Mayo Clinic (2023). Pregnancy Week by Week. What Causes Leg Cramps During Pregnancy and Can They Be Prevented?

Baby Center (2024). How to Prevent and Relieve Leg Cramps During Pregnancy.

The Bump (2020). Why You Might Have Leg Pain During Pregnancy (and How to Deal).

Parents (2023). How To Deal with Leg Pain and Swelling During Pregnancy.

Verywell Health (2023). Foot Pain and Leg Problems in Pregnancy.

WebMD (2023). Leg Cramps and Leg Pain. 

What to Expect (2022). Suffering From Leg Cramps During Pregnancy?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *