Apa Saja Ya Ciri-Ciri Ada Janin dalam Perut?

Ciri-ciri ada janin dalam perut sering kali dibilang mirip dengan gejala menstruasi. Nah, hal ini terkadang membuat ibu hamil tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Agar tidak melewatkan momen kehadiran Si Kecil, ada beberapa tanda-tanda janin dalam perut yang perlu Bunda diketahui. Apa saja ya? 

Sebelum mengalami perubahan bentuk perut, ciri-ciri ada janin dalam perut sebenarnya sudah bisa Bunda rasakan sejak awal kehamilan, lho. Namun, setiap ibu hamil akan mengalami gejala kehamilan yang berbeda-beda bahkan bisa saja tidak mengalaminya sama sekali.

Ciri-Ciri Ada Janin Dalam Perut

Kehamilan terjadi sejak sperma berhasil membuahi sel telur. Namun, hal ini tidak serta merta langsung menghasilkan janin, Bun. 

Setelah berhasil dibuahi oleh sperma, sel telur akan terus berkembang hingga menjadi bakal janin (embrio) dan tertanam di dinding rahim dalam waktu sekitar 10–14 hari sejak pembuahan terjadi. Pada saat inilah hasil tes kehamilan dengan testpack baru akan menunjukkan hasil positif, Bun. 

Nah, sebelum melakukan tes kehamilan, Bunda bisa memperhatikan ciri-ciri ada janin dalam perut sebagai berikut:

1. Telat menstruasi

Telat menstruasi atau haid sering dianggap salah satu tanda kehamilan. Ini tidak salah karena hal ini bisa saja menandakan bahwa ada janin di dalam perut, Bun. 

Setelah berhubungan intim, sel sperma akan membuahi sel telur guna menghasilkan embrio. Nah, ketika proses tersebut berhasil terjadi, tubuh Bunda akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang berperan untuk mencegah terjadinya menstruasi dan mendukung kehamilan. 

Namun, telat haid belum tentu menjadi pertanda kehamilan yang mutlak, ya. Soalnya, ada beberapa faktor yang juga bisa menyebabkan menstruasi datang terlambat, misalnya stres berat dan gangguan hormon. Jika ragu, Bunda bisa memastikan apakah ada janin di dalam perut dengan menggunakan testpack di rumah atau memeriksakan diri ke dokter, ya. 

2. Keluarnya bercak darah 

Bunda mengalami keluarnya bercak darah berwarna merah muda atau cokelat dari vagina dan berlangsung singkat? Itu mungkin perdarahan implantasi, Bun. Hal ini terjadi saat sel telur yang telah dibuahi menempel ke dinding rahim. 

Keluarnya bercak darah biasanya juga disertai dengan kram perut bagian bawah. Kondisi ini normal terjadi di awal kehamilan dan memang bisa menjadi ciri-ciri ada janin dalam perut. Jadi, Bunda tidak usah khawatir, ya. 

3. Mual

Sering merasa mual, Bun? Bisa jadi Bunda sedang mengandung. Meski sering dianggap sebagai salah satu ciri-ciri ada janin dalam perut, tapi ternyata tidak semua ibu hamil mengalami keluhan ini, lho. 

Mual pada pagi hari atau morning sickness umumnya disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan. Perlu diketahui, keluhan ini bukan hanya terjadi saat pagi hari, melainkan juga pada siang ataupun malah hari, bahkan sepanjang hari lho, Bun. 

4. Perubahan payudara

Payudara yang membesar, kencang, nyeri, dan sensitif ketika disentuh juga merupakan ciri-ciri ada janin dalam perut lho, Bun. Nah, kondisi ini sebenarnya sudah bisa Bunda rasakan sejak awal trimester pertama kehamilan. 

Perubahan yang terjadi pada payudara disebabkan oleh adanya peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron yang terjadi pada awal kehamilan. Selain itu, bagian aerola juga akan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dan puting lebih menonjol. Ini juga bisa menjadi tanda awal bahwa tubuh Bunda bersiap untuk memproduksi ASI dan menyusui. 

5. Mudah lelah

Mudah lelah adalah keluhan umum yang sering dialami oleh ibu hamil di awal kehamilan. Keluhan ini disebabkan oleh meningkatnya kadar progesteron yang bisa membuat tubuh ibu hamil mudah merasa lelah dan kehilangan energi walaupun sedang tidak melakukan aktivitas berat. 

Nah, jika mengalami kelelahan selama hamil, terutama di trimester pertama, Bunda disarankan untuk memperbanyak istirahat, serta mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti protein, asam folat, dan zat besi, ya. 

6. Ngidam

Lho kok, tiba-tiba ingin makan rujak ya? Wah, Bunda kayaknya sedang ngidam, nih. Meski belum diketahui penyebabnya, ngidam diyakini terjadi karena perubahan hormon yang membuat indra perasa dan penciuman ibu hamil menjadi sensitif. Makanya, ngidam bisa menjadi salah satu ciri-ciri ada janin dalam perut, lho.

Nah, kondisi ini yang membuat Bunda tiba-tiba menginginkan sesuatu, seperti makanan pedas, asin, asam, dan manis. Selain itu, indra penciuman Bunda juga ikut berubah sehingga lebih sensitif terhadap bau. Hal inilah yang terkadang membuat ibu hamil merasa mual dan tidak nafsu makan.

7. Sering buang air kecil 

Sering buang air kecil juga merupakan ciri-ciri ada janin dalam perut lho, Bun. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah darah yang dihasilkan tubuh guna mendukung tumbuh kembang janin. Karena jumlah darah bertambah, ginjal pun akan menghasilkan lebih banyak urine sehingga membuat ibu hamil jadi lebih sering buang air kecil. 

8. Perubahan Suasana hati

Banyak orang bilang, wanita yang sedang hamil sering mengalami mood swing. Benar gak? Perubahan suasana hati saat hamil merupakan hal yang umum terjadi kok, Bun. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron selama hamil. 

Meningkatnya kedua hormon tersebut juga dapat memengaruhi fungsi otak dalam mengontrol suasana hati dan emosi. Hal inilah yang membuat Bunda menjadi lebih mudah marah, senang, sedih, tersinggung, bahkan sering menangis. 

9. Perubahan kondisi kulit 

Perubahan kondisi kulit juga bisa menjadi ciri-ciri ada janin dalam perut. Soalnya, ibu hamil akan mengalami pregnancy glow yang membuat kulitnya tampak lebih cerah, berkilau, dan merah merona. 

Peningkatan volume darah dan kadar hormon membuat lebih banyak darah mengalir pada pembuluh darah. Akibatnya, kenjelar kulit memproduksi lebih banyak minyak. 

Nah, inilah yang membuat kulit Bunda terlihat lebih cerah dan berkilau. Namun, tidak semua ibu hamil mengalami pregnancy glow, lho. Karena ada beberapa ibu hamil yang kondisi kulitnya justru berjerawat.  

Selain ciri-ciri ada janin dalam perut di atas, Bunda juga akan merasakan beberapa keluhan lainnya lho, seperti penambahan berat badan, sembelit, heartburn, perut kembung, sakit kepala, sakit punggung, hidung tersumbat, dan pusing. 

Nah, jika Bunda mengalami salah satu atau beberapa ciri-ciri ada janin dalam perut seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan secara mandiri dengan testpack maupun langsung ke dokter ya, Bun. 

Sumber: 

Pregnancy, Birth & Baby Australia (2023). Early signs of pregnancy.

Mayo Clinic (2024). Healthy Lifestyle. 1st Trimester Pregnancy: What to Expect.

Baby Center (2023). Pregnancy symptoms: 10 early signs of pregnancy.

Health Hub Singapore (2021). Is My Baby Developing Normally?.

Healthline (2023). 15 Early Signs and Symptoms of Pregnancy.

The Bump (2023). 15 Early Signs of Pregnancy.

Verywell Health (2023). What Is Conception?

WebMD (2023). Early Pregnancy Symptoms.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *