7 Manfaat Buah Naga untuk Bayi yang Menyehatkan

Manfaat buah naga untuk bayi yang beragam membuat buah ini baik diberikan sebagai MPASI. Beragam nutrisi yang terkandung di dalam buah diketahui baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, hingga menyehatkan pencernaannya, lho.

Di Indonesia, buah naga yang paling mudah dijumpai adalah buah naga dengan warna daging merah atau putih. Nah, manfaat buah naga untuk bayi diperoleh dari beragam kandungan nutrisinya, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, serat, serta asam lemak omega-3 dan omega-6

Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk mendukung proses tumbuh kembang dan menjaga kesehatannya. Makanya, tak heran jika buah ini sering dijadikan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Nah, kira-kira, apa lagi ya manfaat buah naga untuk bayi? 

Beragam Manfaat Buah Naga untuk Bayi 

Berikut ini adalah manfaat buah naga untuk bayi yang perlu Bunda ketahui: 

1. Menguatkan daya tahan tubuh 

Kandungan vitamin C, vitamin A, protein, dan antioksidan yang terdapat dalam buah naga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi, sehingga tubuhnya akan lebih kuat melawan kuman penyebab berbagai jenis penyakit. Dengan mengonsumsi buah ini sebagai MPASI, Si Kecil pun bisa jadi lebih fit dan jarang sakit. 

Selain itu, manfaat buah naga untuk bayi ini juga perlu dioptimalkan dengan pemberian ASI dan imunisasi yang lengkap ya, Bun. 

2. Melancarkan pencernaan 

Manfaat buah naga untuk bayi selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Soalnya, buah berkulit merah ini merupakan sumber serat yang sangat baik, sehingga bisa membantu melunakkan tinja dan mengatasi susah buang air besar atau sembelit

Salah satu serat yang terkandung dalam buah naga adalah serat prebiotik. Jenis serat ini bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus (probiotik), yang berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran cerna. Probiotik di dalam usus juga bisa mencegah infeksi kuman penyebab penyakit sehingga BAB bayi pun lancar dan terhindar dari sembelit maupun diare. 

3. Mencegah anemia 

Bun, anemia merupakan salah satu kondisi yang rentan dialami oleh bayi, lho. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele ya, karena bisa menyebabkan tumbuh kembangnya terganggu. Oleh karena itu, Bunda bisa memberikan buah yang mengandung zat besi, vitamin C, dan folat, seperti buah naga.  

Kandungan berbagai nutrisi di dalam buah naga tersebut berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah sendiri bertugas untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh Si Kecil, Bun. Dengan jumlah darah yang cukup, tubuh Si Kecil pun akan senantiasa sehat serta bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

4. Memperkuat tulang dan gigi

Salah satu manfaat buah naga untuk bayi yang tidak kalah penting adalah membantu memperkuat tulang. Buah ini mengandung banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, yang diperlukan untuk meningkatkan kepadatan tulang, sehingga membuat tulang dan gigi Si Kecil menjadi kuat, Bun. 

5. Mempercepat penyembuhan iritasi dan ruam kulit 

Memiliki kulit yang sensitif membuat bayi rentan mengalami iritasi dan ruam kulit. Hal ini tentu membuat Bunda cemas dan khawatir, ya. Nah, supaya Si Kecil tidak mudah mengalami iritasi serta untuk mempercepat penyembuhan penyakit kulit, Bunda perlu memberikan asupan vitamin C dan vitamin E yang cukup untuknya, seperti buah naga.

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah naga bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan kulit bayi, memperbaiki jaringan kulit yang rusak, serta meningkatkan produksi kolagen agar kulitnya tidak kering, tetap elastis, dan sehat, Bun.

6. Menjaga kesehatan mata 

Manfaat buah naga untuk menjaga kesehatan mata bisa diperoleh berkat kandungan vitamin A di dalamnya, Bun. Soalnya, vitamin ini bermanfaat untuk mendukung dan mengoptimalkan fungsi saraf dan retina mata bayi, sehingga ia pun bisa melihat dengan lebih jelas. 

Dengan indra penglihatan yang sehat, Si Kecil bisa belajar melihat dan mengenali warna, orang terdekat, dan dunia di sekitarnya dengan lebih baik, lho. Makanya, jangan lupa masukkan buah naga dalam menu MPASI nya, Bun. 

7. Meningkatkan kecerdasan otak 

Ingin Si Kecil menjadi cerdas? Coba berikan buah naga dalam menu MPASI-nya, Bun. Hal ini karena biji buah naga banyak mengandung lemak baik, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, yang berperan penting dalam meningkatkan kecerdasaan otak, serta mendukung perkembangan otak dan memperkuat daya ingat Si Kecil, Bun. 

Ternyata banyak juga ya manfaat buah naga untuk bayi. Oleh karena itu, mulai sekarang, Bunda bisa lho memberikan buah ini dalam bentuk puree atau finger food.

Meski aman dan sehat untuk Si Kecil, buah naga terkadang bisa menimbulkan efek samping, yaitu membuat warna urine dan kotoran jadi kemerahan. Efek samping ini biasanya terjadi ketika Si Kecil mengonsumsi buah naga merah, Bun. Hal ini umumnya normal terjadi dan tidak berbahaya, kok. 

Selain itu, Bunda juga perlu melengkapi menu harian bayi dengan sumber nutrisi lainnya, seperti sayur, daging, ikan, kacang-kacangan, telur, dan aneka buah-buahan lainnya, ya.

Sumber: 

Cleveland Clinic (2023). Nutrition. Dragon Fruit: What It Is and Why It’s Healthy.

Health (2023). Health Benefits of Dragon Fruit.

Healthline (2024). What Is Dragon Fruit and Does It Have Health Benefits?

Healthline (2023). Do Beets Make Your Pee Red? All About Beeturia.

MedicineNet (2024). Can I Eat Dragon Fruit Every Day?

Mom Junction (2024). Dragon Fruit For Babies: Benefits, Precautions, And Recipes.

Parenting Firstcry (2023). Dragon Fruit for Baby – Is it Safe to Give Your Child?

Prevention (2020). 6 Best Benefits of Dragon Fruit, According to Experts.

Verywell Fit (2024). Dragon Fruit Nutrition Facts and Health Benefits.

Verywell Health (2023). What Does Dragon Fruit Taste Like and What Are Its Health Benefits?

WebMD (2024). What Are the Benefits of Dragon Fruit?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *