Baby Bump: Kapan Muncul dan Fakta Lain yang Perlu Bunda Tahu

baby bump

Baby bump, di saat yang bersamaan bisa menguntungkan, namun di sisi lain juga memiliki konsekuensi lain. Menguntungkan, karena di ruang publik wanita hamil memiliki hak istimewa.

Misalnya di kereta, di bus umum, Bunda wajib diberi prioritas tempat duduk—yang memang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Di sisi lain baby bump berarti perubahan tubuh, yang cukup membuat tidak nyaman beberapa ibu. Kapan baby bump mulai terlihat?

Munculnya Baby Bump

baby bump
Foto: freepik.com

Pengalaman setiap Bunda bisa berbeda-beda. Baby bump pertama kali terlihat pada usia kehamilan minggu ke-14 atau ke-16.

Bisa juga baby bump Bunda baru mulai terlihat di usia kehamilan minggu 12. Atau, bahkan malah belum terlihat sampai usia kehamilan minggu 20. Pada kehamilan kedua, baby bump akan terlihat lebih lama, yaitu pada minggu 15. 

Faktor Terlihatnya Baby Bump

Foto: freepik.com

Faktor-faktor yang menyebabkan muncul tidaknya baby bump termasuk:

Berat Badan

Seberapa banyak kenaikan berat badan Bunda selama kehamilan menentukan terlihat atau tidaknya baby bump. Bunda yang memiliki Body Mass Index (BMI) di bawah 25 akan menunjukkan baby bump lebih cepat dibanding Bunda dengan BMI lebih dari 25.

Tinggi Badan

Bunda dengan postur badan yang tinggi akan lebih lama memperlihatkan baby bump dibandingkan wanita dengan postur pendek.

Otot Perut

Dengan otot perut yang kuat, Bunda akan lebih kuat menahan pertumbuhan janin di dalam tubuh. Ini berarti pula baby bump akan terlihat lebih terlambat dibandingkan Bunda dengan abdominal yang lemah.

Posisi Janin

Bila bayi dalam posisi posterior, artinya kepala bayi berada di bawah dengan wajah menghadap ke perut Bunda, maka baby bump tidak akan terlihat pada awal trimester kedua. Sebaliknya, bila janin pada posisi membelakangi perut Bunda, baby bump akan lebih terlihat. 

Banyaknya Kehamilan

Bila kali ini bukan kehamilan pertama Bunda, maka baby bump akan terlihat sebulan  lebih cepat karena pada dasarnya bentuk rahim tidak akan kembali pada bentuk awal kehamilan pertama. Otot perut sudah renggang yang menyebabkan baby bump lebih mudah terlihat.

Kelahiran Kembar

Berat kandungan karena menanggung dua janin mempengaruhi terlihat atau tidaknya baby bump. Kehamilan kembar biasanya memperlihatkan baby bump lebih cepat dibanding kehamilan tunggal.

Diastasis Recti 

Diastasis Recti adalah kondisi di mana otot perut mengalami pemisahan akibat pengembangan saat hamil. Perut dengan Diastasis Recti akan terlihat menggembung dan kendur jika dilihat dari samping. Bedakan antara baby bump dan kondisi ini ya, Bunda!

Sumber:

Healthline. 2020. When Does Your Baby Bump Start to Show?

Today’s Parent. 2018. When Will I Start Showing?

What to Expect. 2020. 10 Things to Know About Your Baby Bump.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *