Bagaimana Cara Hitung Usia Kehamilan

menghitung usia kehamilan

Selamat, Bun! Anda sudah dinyatakan hamil oleh dokter setelah mengalami keterlambatan haid selama beberapa waktu. Tetapi kok, sering terjadi perbedaan perhitungan usia kehamilan, ya? Kenali beberapa metode perhitungannya agar lebih dapat menghitung usia kehamilan.

Berdasarkan Haid Terakhir

menghitung usia kehamilan

Hingga kini belum ada cara pasti untuk mengetahui kapan saat Bunda berovulasi maupun tanda dimulainya kehamilan, kecuali bila kehamilan Bunda dimonitor secara khusus, seperti pada kehamilan dengan menggunakan IVF atau bayi tabung.

Jadi sebagian orang, termasuk juga tenaga medis, hanya akan memperkirakan usia kehamilan Anda berdasarkan saat terakhir haid. 

Untuk dapat menghitung usia kehamilan Bunda dengan perkiraan kasar, cobalah untuk mengingat-ingat kapan hari pertama haid Anda yang terakhir. Hari pertama inilah yang dijadikan patokan sebagai hari pertama kehamilan. 

Sebagian orang memilih untuk menghitung usia kehamilan mereka berdasarkan perkiraan hari ovulasi, pada bulan kehamilan mereka. Melalui perhitungan ini, Bunda dapat memperkirakan tanggal dimulainya kehamilan, yang diperkirakan terjadi sekitar dua minggu setelah hari pertama haid yang terakhir. 

Aturan Naegele 

menghitung usia kehamilan

Bila Bunda memiliki siklus haid yang tetap, yaitu setiap 28 hari, maka perhitungan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aturan atau rumus Naegele. Yaitu dengan menghitung tanggal hari pertama haid yang terakhir, ditambah satu tahun, kemudian ditambah 7 hari dan dikurangi dengan 3 bulan. 

Cara ini sampai sekarang dianggap sebagai perhitungan yang paling akurat untuk menghitung usia kehamilan. Tetapi syaratnya adalah, siklus haidnya harus teratur.

Bagi mereka yang siklus haidnya tidak teratur – kadang lebih pendek atau lebih panjang – maka rumus ini tidak berlaku. 

Contohnya adalah sebagai berikut:

Jika tanggal pertama dari haid terakhir Bunda adalah 11 Januari 2019, maka:

  • Tambahkan 1 tahun = 11 Januari 2020
  • Tambahkan 7 hari = 18 Januari 2020
  • Dikurangi 3 bulan = 18 Oktober 2020
  • Perkiraan hari kelahiran Bunda adalah tanggal 18 Oktober 2020.

Perhitungan dengan Ultrasonografi

Sebagai rekomendasi perhitungan usia kehamilan yang berlaku universal, American College of Obstetrician and Gynecologist menyarankan agar perhitungan menggunakan ultrasonografi (USG) pada trimester pertama sebagai patokannya. 

Perhitungan paling akurat adalah dengan mengukur CRL (Crown Rump Length) ukuran janin dari kepala ke bokong di usia di bawah 10 minggu.

Setelah minggu ke-8, biasanya perkembangan janin cukup variatif, tergantung banyak faktor sehingga sulit untuk membuat perhitungan yang akurat. 

Berapa Lama Biasanya Masa Kehamilan?

Kehamilan yang dianggap matang atau sempurna adalah saat sudah mencapai usia 40 minggu atau 280 hari setelah hari pertama haid yang terakhir, atau 28 minggu (266 hari) setelah ovulasi. 

Apakah bisa diketahui kapan si Kecil lahir lebih cepat maupun lebih lambat?

Jawabannya adalah tidak. Meski ilmu pengetahuan sudah mengupayakan perhitungan seakurat mungkin, namun kondisi plus dan minus selalu ada. 

Hingga kini belum dapat dipastikan apakah ada pertanda bahwa si Kecil akan lahir lebih cepat maupun lebih lambat daripada perkiraan. Itu sebabnya, tenaga medis biasanya akan memberi informasi perkiraan tanggal-tanggal kelahiran kepada Bunda. 

Satu-satunya tanda yang dapat dipastikan tentang dimulainya persalinan adalah munculnya tanda-tanda fisik pada diri Bunda, misalnya keluarnya perdarahan, pecahnya ketuban, dan sebagainya.

Bahkan setelah adanya tanda-tanda ini pun, perkembangan pembukaan pada rahim pun belum dapat dipastikan keteraturannya. Ada yang berjalan teratur setiap beberapa jam, maupun yang berjalan cukup lambat hingga dapat mencapai pembukaan sempurna. 

Bunda, tak perlu terlalu mempermasalahkan tanggal pasti dimulainya kehamilan maupun tanggal pasti persalinan. Karena ada banyak faktor yang menyertai, misalnya kehamilan pertama, kondisi fisik Bunda, kondisi janin selama di dalam kandungan, dan sebagainya.

Yang terpenting adalah mempersiapkan fisik dan mental untuk menyambut lahirnya si Kecil di tengah keluarga dalam kondisi yang sehat dan persalinan yang lancar. 

Sumber:

Today. 2019. How Accurate Is Your Baby’s Due Date? What to Know About When You’ll Go Into Labor.

Verywell Family. 2020. How to Calculate Your Pregnancy Due Date.

Baby Center. 2019. How to Count Your Pregnancy in Weeks and Months.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *