Ingin Menggunakan Jasa Donor ASI? Perhatikan Ini!

donor asi

Produksi ASI yang dihasilkan tiap ibu berbeda. Sebagian Bunda memiliki kondisi tertentu sehingga tidak bisa menyusui langsung, sehingga memerlukan donor ASI untuk mencukupi kebutuhan bayi. Agar segala sesuatu lancar saat menggunakan bantuan ini, ikuti yuk panduan memilih donor ASI berikut!

Alasan Menggunakan Donor ASI

Praktek donor ASI sudah menjadi hal yang lumrah. Apalagi di zaman digital seperti sekarang ini. Orang akan dengan mudah menawarkan ASI bagi yang membutuhkan. Namun, niat baik tersebut tentunya tetap harus dipertimbangkan saat menerima donor ASI dari orang yang tidak kenal dengan baik.

Bunda sendiri pasti akan merasa was-was Si Kecil harus minum ASI dari orang lain. Namun, banyak faktor menyebabkan Bunda terpaksa menggunakan dari donor ASI, yaitu seperti berikut:

  • Anak lahir prematur
  • Mengadopsi anak
  • Melakukan dua kali pengangkatan payudara dan tidak dapat memproduksi ASI
  • Pernah menjalani operasi payudara lainnya
  • Didiagnosa Insufficient Glandular Tissue yang artinya menurunnya produksi ASI, atau bisa juga tidak mampu memproduksi ASI.
  • Sedang dalam masa pengobatan
  • Ibu mengalami sakit yang dapat ditularkan melalui ASI ke bayi
  • Produksi ASI yang sedikit

Mendapatkan Donor ASI yang Aman

Berbeda dengan negara maju yang memiliki bank ASI sebagai tempat mendonorkan dan mencari ASI yang dibutuhkan, pencarian donor ASi di Indonesia lebih banyak dilakukan secara independen. Pada prakteknya, Bunda harus banyak mencari tahu di mana, siapa, yang dapat membantunya memberikan ASI pada Si Kecil.

Kemudahan teknologi dengan adanya internet dan media sosial memudahkan Bunda mencari informasi yang dibutuhkan. 

Bunda yang mendapatkan donor ASI dari lembaga atau komunitas donor ASI, harus memastikan bahwa ASI berasal dari unit donor ASI yang mempermudah akses pendonor dan penerima yang menjamin keamanan, etik dan kesehatan pendonor. Donor yang dilakukan juga harus sesuai prosedur atau protokol standar internasional. 

Namun yang paling aman, Bunda memilih donor ASI dari orang atau lingkungan yang Bunda kenal betul. Tentu saja dengan prosedur yang tetap ditetapkan, seperti skrining pendonor dengan beberapa persyaratan di bawah ini.

Syarat Menerima Donor ASI

Walau Bunda sangat memerlukan ASI dari ibu lain untuk keperluan Si Kecil, jangan lakukan dengan terburu-buru, Bun. Pastikan Bunda menerapkan beberapa syarat berikut sebelum menggunakan ASI dari donor ASI:

  • Pendonor ASI memiliki bayi berusia kurang dari enam bulan.
  • Pendonor ASI sehat dan tak memiliki penyakit tertentu yang menyebabkan dirinya tak boleh menyusui.
  • Produksi ASI pendonor sudah cukup untuk bayinya sendiri.
  • Donor ASI dilakukan semata-mata dengan alasan bahwa produksi ASI-nya berlebih.
  • Pendonor ASI tak mengalami infeksi HIV, sifilis, hepatitis B, dan hepatitis C yang dibuktikan melalui pemeriksaan skrining dalam tiga bulan terakhir.
  • Pendonor ASI tak menerima transfusi darah atau transplantasi organ dalam satu tahun terakhir.
  • Pendonor ASI tak mengonsumsi obat, hormon, atau produk tertentu yang dapat memengaruhi kesehatan bayi.
  • Pendonor ASI tak memiliki riwayat penyakit menular.
  • Pendonor ASI tak memiliki pasangan seksual yang berisiko memiliki penyakit menular seksual, menggunakan narkoba, merokok, atau minum alkohol.

Tiga Cara Pasteurisasi ASI 

donor asi

Penggunaan ASI perah dari donor ASI bukanlah sesuatu yang dilarang, tapi terdapat banyak risiko untuk bayi. Misalnya saja, Si Kecil berisiko tertular berbagai penyakit, di antaranya HIV/AIDS, Hepatitis B dan C, Cytomegalovirus (CMV) atau penyakit yang menghilangkan pendengaran, dan Human T Lymphotropic Virus (HTLV) salah satu virus penyebab leukemia. 

Oleh sebab itu, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) merekomendasikan untuk memanaskan ASI perah tersebut. Ini untuk meminimalkan risiko si Kecil tertular berbagai penyakit. 

Berikut tiga metode pemanasan ASI donor yang bisa Bunda terapkan: 

Pasteurisasi Holder

ASI dipanaskan dalam wadah kaca tertutup di suhu 62,5oC selama 30 menit.  Keuntungan cara ini adalah matinya sebagian virus dan bakteri. Sedangkan kerugiannya, zat nutrisi dalam ASI rusak atau berkurang dan dapat mengaktifkan spora jamur. 

Flash Heating

ASI sebanyak 50 ml ditaruh dalam botol kaca atau botol selai ukuran sekitar 450 ml, letakkan terbuka di dalam panci aluminium berukuran satu liter berisi 450 ml air. Panaskan panci di atas kompor sampai air mendidih.

Angkat botol kaca berisi ASI dan diamkan hingga suhunya siap untuk diminum Si Kecil. Keuntungan cara ini adalah sebagian besar zat nutrisi di ASI masih baik. Tapi kerugiannya, efektivitas membunuh kumannya  tidak sebaik metode holder. 

Pasteurisasi Pretoria

Panaskan air sebanyak 450 ml di panci alumunium berukuran satu liter sampai mendidih. Setelah itu, letakkan botol kaca terbuka yang berisi ASI sebanyak 50 ml ke dalam panci selama 20 menit. Kemudian angkat dan diamkan hingga suhu ASI siap diminum Si Kecil.

Antara ASI Donor atau Susu Formula

donor asi

ASI tidak dapat disangkal lagi memenuhi semua kebutuhan untuk tumbuh kembang bayi. Itulah sebabnya, badan-badan kesehatan dunia merekomendasikan Bunda memberikan ASI eksklusif minimum 6 bulan di awal masa hidup Si Kecil, karena kandungan ASI yang sangat bermanfaat bagi Si Kecil. Namun di sisi lain, bila Bunda memiliki halangan dalam memproduksi ASI, ada risiko dari donor ASI yang harus Bunda tanggung.

Berbeda dengan ASI, susu formula mengandung nutrisi yang lebih kompleks daripada ASI, sehingga akan lebih sulit dicerna oleh bayi. Selain itu, sebagian bayi juga dapat menunjukkan gejala alergi saat mengonsumsi susu formula.

Selama setidaknya enam bulan pertama kehidupan bayi, ASI memang menjadi prioritas makanan bagi Si Kecil. Jika Bunda memilih untuk menggunakan jasa donor ASI, Bunda sangat perlu berhati-hati dalam memilihnya. Ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan pakar laktasi sebelum mencari donor ASI.

Secara hirarki, makanan terbaik bagi bayi di bawah 6 bulan adalah ASI yang berikan dengan cara disusui langsung oleh ibunya. Jika tidak bisa menyusui langsung, maka pilihan kedua adalah ASI perah dari ibu kandungnya.

Jika ASI perah dari ibu jandung juga tidak tersedia maka pilihan ketiga adalah ASI donor dari pendonor ASI yang telah melalui proses skrining yang tepat. Jika ketiga pilhan di atas tidak tersedia maka barulah susu formula menjadi pilihan terakhir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Penggunaan susu formula harus atas rekomendasi dokter dan atas indikasi medis ya, Bunda.

Sumber:

Aimi Asi. 2017. Donor ASI: Membantu VS Bumerang Bagi Ibu Menyusui.

Klikdokter. 2019. Ibu Tidak Bisa Memberikan ASI, Pilih Donor ASI atau Susu Formula?

Nakita Grid. 2018. Jangan Langsung Berikan ASI Donor Kepada Bayi, Lakukan Hal Penting ini Demi Kesehatannya!

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *