Perut Masih Kecil di Trimester 2? Ini Penyebabnya

ukuran perut kecil

Senangnya, saat ini kehamilan Bunda sudah memasuki trimester kedua. Waktunya memakai baju hamil. Tapi kok, perut masih kecil? Apakah ini normal? Baca terus penjelasan berikut ya, Bun!

Proses Perubahan Ukuran Perut saat Hamil

ukuran perut kecil

Sebagai sebuah proses yang alami, saat si Kecil tumbuh dan berkembang di dalam rahim, secara perlahan ia akan membesar dan semakin terlihat dari ukuran perut Bunda. 

Trimester I

Secara fisik, Bunda belum terlihat hamil sehingga masih bisa menggunakan baju-baju lama, meskipun Bunda mulai mengalami gejala hamil, seperti mual, muntah, dan sebagainya. Perut masih kecil dan cenderung rata.

Trimester II

Pada minggu ke-13 hingga ke-27, di sinilah biasanya Bunda mulai memperlihatkan perubahan fisik, di antaranya adalah perut yang mulai membesar.

Berat badan mulai bergerak naik, sehingga Bunda pun perlu menggunakan baju-baju hamil agar lebih nyaman. Ada juga kondisi-kondisi yang menyebabkan perut masih kecil pada periode ini. 

Trimester III

Ini adalah saat yang penuh ujian, baik secara fisik maupun mental Bunda. Perut makin berat dan besar, gerak tubuh makin terbatas dan kurang nyaman. Total kenaikan berat badan bisa terjadi antara 9-13 kilogram.

Rata-rata dalam setiap minggunya, perut akan membesar lingkarnya sebanyak 1 cm. 

Trimester Kedua, Perut Masih Kecil

ukuran perut kecil

Ingatlah Bunda, bahwa pengalaman hamil untuk setiap orang bisa berlainan. Ada yang berat badannya sudah bergerak naik sejak di trimester pertama, ada yang tidak mengalami mual dan muntah, begitu juga masalah ukuran perut. 

Perut yang membesar bukanlah sebuah indikator kehamilan yang ideal atau penentu pertumbuhan janin. Yang terpenting adalah kondisi kesehatan janin dan juga Bunda, sesuai pemeriksaan yang dilakukan oleh bidan atau dokter, melalui USG maupun dengan monitor detak jantung. 

Adapun ukuran dan lingkar perut Bunda saat hamil bisa ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu tinggi dan berat badan, kehamilan pertama atau bukan, kehamilan kembar, posisi bayi, dan sebagainya. 

Berikut beberapa faktor yang memengaruhi ukuran perut ketika hamil:

Postur atau tinggi-berat Bunda

Bunda yang memiliki tubuh mungil atau pendek umumnya saat hamil akan mudah terlihat memiliki perut yang besar dan menonjol. Sedangkan pada Bunda yang bertubuh tinggi, ruang janin di dalam rahim cenderung lebih luas, sehingga bisa jadi kehamilan tidak segera terlihat. 

Kehamilan pertama

Bunda yang hamil pertama kali, perutnya belum pernah membesar. Karena itu, otot-otot perut dan rahimnya cenderung lebih kencang dan mampu menahan pertumbuhan janin hingga beberapa minggu.

Pada kehamilan berikutnya, biasanya perut Bunda akan lebih cepat terlihat membesar karena kekencangan otot perut dan rahim mulai berubah.

Posisi si Kecil

Pada trimester kedua, biasanya janin masih banyak menempati posisi di bawah, sehingga perut Bunda tidak terlalu terlihat besar. 

Banyaknya air ketuban

Kantong ketuban yang menampung banyak air ketuban biasanya akan cepat membuat perut Bunda terlihat membesar. Saat pemeriksaan, dokter biasanya akan mengetahui kondisi ketuban Bunda. Bila terlalu banyak atau terlalu sedikit maka akan perlu mendapatkan penanganan.

Bergesernya organ di dalam perut

Saat hamil, area perut Bunda akan diisi oleh plasenta, kantong ketuban, juga tali pusar. Seiring dengan itu, ukuran janin akan terus membesar sesuai usianya, menyebabkan organ-organ perut seperti lambung, usus, dan yang lainnya akan bergeser menyesuaikan dengan pertumbuhan rahim.

Ini adalah hal yang normal, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Pergeseran ini bisa saja menyebabkan kehamilan Bunda agak tersamarkan.

Ukuran janin 

Bila janin yang tumbuh di dalam rahim Bunda cenderung mungil, maka pembesaran perut pun bisa jadi belum terlalu kentara. Setelah memasuki trimester ketiga, biasanya perut akan lebih terlihat menonjol. 

Bunda tak perlu merisaukan ukuran lingkar perut saat hamil. Perut masih kecil tidaklah masalah. Yang penting, nikmati kehamilan ini dengan perasaan bahagia, ikuti rekomendasi dokter agar Bunda dan si Kecil selalu sehat. 

Sumber:

What to Expect. 2021. Your Pregnant Belly Size and Shape.

Alodokter. 2021. Penyebab Ukuran Perut Ibu Hamil Tampak Besar atau Kecil.

Hello Sehat. 2021. Kenapa Perut Saya Tidak Besar Saat Hamil?

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *