Bolehkah Ibu Hamil Minum Pocari Sweat?

Pocari Sweat adalah salah satu merek minuman isotonik yang mengandung elektrolit. Mengembalikan cairan dalam tubuh dengan minuman mengandung elektrolit saat tubuh kehilangan banyak cairan memang solusi yang tepat. Namun, bolehkah ibu hamil minum Pocari Sweat?

Dehidrasi dan Bahayanya

pocari sweat untuk ibu hamil

Dalam upaya mempersiapkan tumbuh kembang janin dalam kandungan, tubuh mengalami banyak perubahan saat hamil. Kebutuhan akan cairan yang lebih banyak, adalah salah satunya.

Dua pertiga kenaikan berat badan saat Bunda hamil, disebabkan oleh jumlah air yang meningkat. Bila biasanya tubuh terdiri dari 5-6 liter cairan, pada saat hamil cairan dalam tubuh dapat mencapai 9 liter. 

Pembentukan plasenta dan juga kebutuhan akan air ketuban bagi perkembangan janin yang membutuhkan peranan cairan tubuh, menunjukkan betapa air sangat diperlukan dalam kehamilan. 

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan juga berguna untuk membuang racun melalui urine yang keluar. Oleh karena itu, menghindari dehidrasi selama hamil adalah hal terbaik bagi ibu dan janin. 

Dehidrasi pada ibu hamil dapat menyebabkan:

  • Kelelahan
  • Kram
  • Kurangnya pembentukan air ketuban
  • Kurangnya pembentukan ASI
  • Konstipasi 
  • Infeksi saluran kencing

Penting bagi Bunda untuk tetap terhidrasi sepanjang masa kehamilan. Termasuk pada trimester terakhir untuk menghindari kontraksi yang dapat memicu persalinan prematur.

Bunda perlu waspada terhadap gejala awal dehidrasi seperti: 

  • Mulut dan hidung kering
  • Selalu merasa lelah
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Urine berwarna gelap

Karakter Minuman Isotonik

pocari sweat untuk ibu hamil

Banyak yang menyamakan minuman isotonik dengan minuman energi. Padahal dua jenis minuman ini berbeda dan memiliki dampak yang berbeda pada ibu hamil.

Minuman isotonik seperti Pocari Sweat masih aman dikonsumsi Ibu hamil selama tidak berlebihan. Sedangkan minuman energi, memiliki banyak kandungan yang tidak baik bagi kandungan.

Berbeda dengan minuman energi lainnya, minuman isotonik memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Minuman isotonik setidaknya mengandung 12 hingga 16% karbohidrat, air, 19 gram gula, 200 mg sodium, dan 80 kalori per 250 ml.
    Minuman berenergi di sisi lain lebih banyak mengandung zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, seperti kafein, taurin, guarana, keratin, dan zat adiktif lainnya yang bermanfaat untuk menstimulasi kerja tubuh.
  • Minuman isotonik memiliki konsentrasi gula dan garam serta kepekatan yang serupa dengan cairan dalam tubuh. 
  • Minuman isotonik mengandung elektrolit dan karbohidrat sebesar 6-8 persen, yang sangat efektif untuk membuat tubuh bertenaga. 
  • Minuman isotonik sebenarnya hanya cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang melakukan olahraga rutin setidaknya 90 menit dalam sehari.
  • Karena dirancang untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar melalui keringat dengan cepat, minuman isotonik cepat diserap tubuh.

Baik Buruk Minuman Isotonik bagi Ibu Hamil

Minuman isotonik, seperti Pocari Sweat bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan cairan yang banyak hilang akibat aktivitas yang Bunda jalani.

Namun, sebelum Bunda mengonsumsi minuman isotonik, Bunda perlu mempertanyakan seberapa penting Bunda memerlukan minuman isotonik.

Apakah Bunda merasa sangat lelah? Ataukah Bunda hanya menginginkan rasa manis yang terdapat pada minuman isotonik, seperti yang terdapat pada minuman kalengan lainnya?

Morning sickness mengakibatkan tidak hanya ketidaknyamanan namun juga rasa lelah dan letih yang lebih dari biasanya. Bila Bunda merasa gejala morning sickness mulai mengganggu, Bunda dapat mengonsumsi minuman isotonik seperti Pocari Sweat. 

Dengan kata lain, ibu hamil boleh minum Pocari Sweat. Apalagi bila Bunda baru saja melakukan aktivitas yang sangat berat dan melelahkan. 

Bunda juga boleh mengonsumsi minuman isotonik bila berada pada cuaca yang sangat panas yang menyebabkan banyak cairan hilang.

Minuman isotonik bermanfaat untuk menggantikan cairan elektrolit tubuh, menstabilkan suhu tubuh, dan menjaga stamina tubuh dengan cepat.

Pocari Sweat termasuk minuman isotonik yang memiliki kandungan mirip cairan tubuh. Pocari Sweat dipercaya dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dan menyebabkan banyak berkeringat seperti  sakit (diare dan muntah) maupun sehabis olahraga.

Kandungan Pocari Sweat seperti gula, karbohidrat, mineral, selain tentunya elektrolit, dikatakan ampuh untuk memberikan energi dengan cepat bila Bunda merasa lemah dan letih.

Namun, Bunda tetap perlu awas terhadap kandungan gulanya yang sangat banyak. 

Baik bagi ibu hamil atau orang pada umumnya, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tidak baik bagi kesehatan. Bunda yang telah memiliki riwayat diabetes, lebih baik tidak mengonsumsi minuman isotonik seperti Pocari Sweat.

Mengonsumsi minuman isotonik seperti Pocari Sweat, berhubungan dengan peningkatan kejadian: 

  • Kelebihan berat badan
  • Diabetes melitus tipe 2
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi akibat kadar gula dan sodium yang cukup tinggi yang terkandung di dalamnya

Minuman Alternatif untuk Mencegah Dehidrasi

Ibu hamil minum Pocari Sweat dengan beberapa syarat, yaitu tidak minum terlalu sering. Ibu hamil juga disarankan hanya minum minuman isotonik saat badan kelelahan dan kehilangan banyak cairan.

Bunda yang memiliki riwayat diabetes, juga dilarang minum minuman isotonik. Dan disarankan untuk memilih minuman alami berikut untuk mengembalikan cairan dalam tubuh: 

Air putih

Air putih tentu adalah minuman yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil karena tidak mengandung kandungan yang merugikan kehamilan. Bunda disarankan untuk minum sebanyak 8-12 gelas sehari.

Air kelapa

Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Selain bagus untuk menambah cairan tubuh, air kepala juga baik untuk mengisi kembali garam alami dalam tubuh.

Air kelapa mengandung elektrolit yang bisa membantu mengatasi kram kaki saat Bunda hamil. 

Jus

Jus yang terbuat dari buah-buahan tidak hanya bergizi namun juga segar, dan cocok untuk Bunda yang kepanasan karena cuaca. Bunda disarankan untuk membuat jus sendiri dari buah segar, dan tidak mengonsumsi jus kemasan.

Selain mencukupi kecukupan air alami di atas, Bunda dapat menghindari cuaca panas, menjaga kenyamanan suhu ruangan untuk mencegah dehidrasi. Dengan demikian, Bunda dapat menjaga agar keinginan minum minuman isotonik dapat dapat dibatasi.

Sumber:

Halodoc. 2020. Fakta di Balik Minuman Isotonik.

Hello Sehat. 2020. Apakah Minuman Isotonik Boleh Diminum Setiap Hari?

Pregnancy Food Checker. 2020. Are Gatorade, Powerade and Lucozade Safe When Pregnant? Sports Drinks Guide.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *