Benarkah Mata Minus Tidak Bisa Lahiran Normal? Baca Ini, Bun

Banyak orang yang meyakini bahwa Bunda yang memiliki masalah kesehatan mata akan sulit untuk melahirkan normal. Benarkah demikian? Ketahui jawabannya melalui paparan berikut.

Berbagai Kondisi Mata saat Hamil

Perlu disadari bahwa kehamilan memang memberi perubahan besar pada tubuh, termasuk juga pada indra penglihatan. Beberapa  gangguan kesehatan mata yang mungkin dialami saat hamil adalah sebagai berikut: 

Mata kabur (blurry vision)

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil terkadang dapat menyebabkan produksi air mata berkurang, sehingga mata menjadi lebih mudah terasa kering, mudah mengalami iritasi dan terasa tidak nyaman. 

Edema kornea

Selain itu, perubahan hormon juga dapat menyebabkan tekanan di dalam mata meningkat, sebagaimana bengkak yang mungkin Bunda rasakan pada pergelangan tangan dan kaki.

Bila terjadi di dalam mata, maka yang terjadi adalah pandangan yang kabur, perubahan ketebalan kornea (edema kornea), dan mata menjadi lebih sensitif. 

Gangguan retina berupa ablasio retina

Atau terlepasnya retina dari dinding bola mata. Bunda yang hamil dengan tingkatan myopia/ minus yang besar (lebih dari -6) sering dikaitkan dengan risiko kebutaan saat persalinan.

Hal ini muncul dengan pertimbangan bahwa saat persalinan, Bunda akan mengejan dengan kuat, sehingga dapat meningkatkan tekanan pada seluruh otot tubuh, terutama perut, dada, termasuk mata. Tekanan besar inilah yang dikhawatirkan dapat memicu lepasnya retina mata.

Gangguan pandangan akibat hipertensi saat hamil

Hipertensi atau peningkatan tekanan darah, baik preeklampsia atau eklampsia bisa terjadi saat hamil. Bila ini terjadi, pandangan Bunda juga bisa terpengaruh seperti mata bengkak maupun pandangan kabur.

Gangguan pandangan akibat diabetes gestasional

Bila kondisinya parah, Bunda yang sedang hamil bisa berisiko mengalami retinopati diabetik atau kerusakan pembuluh darah pada retina. Itu sebabnya Bunda perlu rutin memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk mengetahui lonjakan gula darah saat hamil. 

Gangguan pandangan akibat anemia

Bunda yang mengalami mata berkunang-kunang biasanya karena mengalami anemia, atau kekurangan zat besi. Di trimester pertama kehamilan sel darah merah banyak digunakan untuk pembentukan janin, sehingga seringkali memicu terjadinya anemia. 

Apakah Semua Gangguan Kesehatan Mata Berisiko pada Persalinan?

Tidak semua gangguan kesehatan mata menyebabkan Bunda tidak dapat melahirkan secara normal. Dalam banyak kasus, Bunda yang mengalami gangguan mata tetap bisa melahirkan secara normal, bergantung pada hasil pemeriksaan dan rekomendasi dari dokter. 

Adapun Bunda yang perlu mendapat pemeriksaan khusus, di antaranya adalah yang memiliki mata minus tinggi, mengalami diabetes gestasional, menunjukkan gejala-gejala preeklampsia, dan sebagainya. 

Cara Menjaga Kesehatan Mata saat Hamil

Sebagaimana keharusan Bunda yang sedang hamil untuk menjalani hidup sehat, Bunda pun perlu menjaga kesehatan mata sehingga terhindar dari berbagai gangguan mata, seperti mata kering, iritasi, maupun gangguan pandangan akibat perubahan hormon. 

Beberapa hal yang dapat membantu menjaga kesehatan mata Bunda saat hamil di antaranya:

  • Mengonsumsi makanan kaya antioksidan, yaitu kaya vitamin A, C, dan E. Bila perlu dan sesuai rekomendasi dokter, Bunda juga dapat menambahkan suplemen, juga makan sayuran yang dapat membantu menjaga kesehatan mata seperti wortel.
  • Menggunakan tetes mata yang berfungsi sebagai air mata buatan, sesuai rekomendasi dokter. 
  • Mengurangi aktivitas di depan layar komputer atau gadget, sehingga mata tidak mudah lelah.
  • Menghindari iritasi mata, di antaranya dengan tidak menggosok mata yang terasa gatal, menggunakan kacamata saat berada di ruangan yang berdebu, juga menggunakan kacamata gelap saat berada di luar ruangan yang terik.
  • Menunda penggunaan lensa kontak. Penggunaan lensa kontak, baik untuk membantu pandangan maupun untuk alasan fashion dapat mempertinggi risiko iritasi mata. Sebaiknya ditunda dulu saat hamil agar mata lebih sehat. 

Ingatlah Bunda bahwa inera penglihatan merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif sehingga perlu dijaga agar kondisinya tetap sehat.

Gangguan minor yang mungkin terjadi pada mata karena penyebab hormonal biasanya akan dapat mereda dengan sendirinya saat Bunda usai bersalin. 

Sumber:

Alo Dokter. 2021. Atasi Gangguan Mata saat Hamil dengan Cara Ini.

Healthline. 2020. Blurry Vision During Pregnancy: Is It Normal?

Ayahbunda. 7 Gangguan Mata Ini Bisa Menyerang Ibu Hamil.

Alo Dokter. 2019. Pengaruh Kehamilan terhadap Mata dan Penglihatan.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *