Tips Agar Anak Makan dan Suka Sayur

Salah satu pekerjaan rumah Bunda yang cukup berat saat anak sudah berusia balita adalah memotivasi dan membuat anak makan sayur. Sayuran biasanya memang tidak terlalu disukai balita karena rasanya yang hambar. Coba ikuti tips berikut ini agar si Kecil lebih tertarik untuk makan sayur.

Manfaat Konsumsi Sayur bagi Anak

Mengapa anak makan sayur sangat dianjurkan? Karena di dalam sayuran terdapat kandungan nutrisi yang seimbang, baik nutrisi makro dan mikro. Sayuran umumnya mengandung kalori, air, serat, vitamin, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya dan menjaganya agar tetap sehat.

Beberapa manfaat konsumsi sayur bagi anak adalah:

  • Merupakan sumber energi bagi tubuhnya.
  • Kandungan seratnya membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan memperlancar buang air besar.
  • Kandungan air yang tinggi di dalam sayuran dapat mencegah anak mengalami dehidrasi.
  • Mencegah anak mengalami berat badan berlebih.
  • Menjaga kesehatan kulit dan mata.
  • Melindunginya dari penyakit kronis saat sudah dewasa nanti, seperti penyakit jantung, kanker, darah tinggi, terserang stroke, dan lainnya.

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa anak yang makan sayur setiap makan malam memiliki nilai akademik yang lebih baik dibanding anak yang tidak makan sayur. Kelompok anak yang makan sayur setiap malam memiliki nilai lebih tinggi dalam tes mengeja, membaca, dan berhitung, serta mendapat nilai tertinggi di tes menulis.

Menurut para peneliti, hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi di dalam sayuran, yang berdampak positif bagi perkembangan sel-sel tubuhnya, termasuk sel-sel otak.

Tips Membuat Anak Makan Sayur

Untuk mendapat berbagai manfaat ini, anak disarankan untuk mengonsumsi sayuran dalam jumlah yang cukup sesuai usianya. Menurut rekomendasi Australian Dietary Guidelines, porsi sayuran yang cukup untuk dikonsumsi anak berdasarkan umur adalah:

  • 1-2 tahun: 2-3 porsi setiap hari
  • 2-3 tahun: 2,5 porsi setiap hari
  • 4-8 tahun: 4,5 porsi setiap hari

“Membuat anak menghabiskan satu porsi saja sulit, apalagi 2-3 porsi!” Mungkin itu yang Bunda pikirkan. Namun jangan patah semangat. Coba terapkan tips berikut agar anak tertarik dan mau makan sayur setiap hari.

  • Berikan contoh yang baik. Anak-anak merupakan peniru ulung. Jika ia melihat Bunda dan Ayah rutin mengonsumsi sayuran dan menikmatinya, maka ia akan tertarik untuk mencoba. Begitu juga saat ia melihat kakaknya mengonsumsi sayur. Jadikan waktu makan keluarga sebagai waktu ia belajar makan sayur. 
  • Ajak anak untuk berbelanja sayuran dan mengolahnya di dapur. Bunda bisa memberi pilihan dua menu sayuran dan minta ia untuk memilih yang mana yang ia inginkan. Ini membuat anak merasa terlibat dan bersemangat untuk melakukannya. Ia pun jadi bersemangat untuk mengonsumsi sayur pilihannya.
  • Selipkan sayur di makanan kesukaan mereka. Tentunya dengan cara yang tepat sehingga anak tetap bersemangat untuk mengonsumsi makanan tersebut. Misalnya, Bunda bisa membuatkan nugget ayam yang dicampur wortel, telur dadar yang diberi keju dan potongan sayuran, nasi goreng yang diberi potongan daging dan sayuran berlimpah, atau buatkan banana cake yang pasti disukai si kecil.
  • Sajikan menu sayuran dalam bentuk yang unik. Investasikan uang Bunda untuk membeli pemotong sayuran aneka rupa sehingga si Kecil tertarik untuk mencobanya.
  • Tetap mencoba. Menurut penelitian, butuh waktu sampai 10 kali percobaan memberi makanan sampai akhirnya anak mau mengonsumsi makanan tersebut, dan 10 kali sajian sampai ia akhirnya menyukai makanan tersebut. Jadi, Bunda jangan menyerah dan tetap coba berikan menu sayuran bagi si Kecil setiap harinya.
  • Hindari memohon, tawar-menawar, memaksa, atau menyogok anak makan sayur. Cara ini tidak akan berjalan dengan sukses sampai jangka waktu lama.

Walaupun sulit untuk membuat anak makan sayur, tapi bukan berarti hal ini tidak dapat dilakukan lho, Bunda. Hal yang penting adalah Bunda tetap bersemangat dan tak berhenti mencoba. 

Sumber:

Kementrian Kesehatan RI. 2018. Apa Saja Manfaat Sayur-Sayuran?

Raising Children. 2021. Vegetables: tips to encourage your child to eat more

Healthline Nutrition. 2021. 6 Clever Ways to Get Your Toddler to Eat Vegetables

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *