Pentingnya Asupan Vitamin C untuk Ibu Menyusui

vitamin c untuk ibu hamil

Memiliki sistem imun tubuh yang kuat menjadi modal penting untuk melawan kuman penyakit yang masuk dan memperbaiki sel-sel tubuh yang terlanjur terinfeksi. Karena itu, asupan vitamin C buat ibu menyusui sangatlah penting karena manfaatnya dalam memperkuat sistem imun tubuh.

Vitamin C dan Berbagai Manfaatnya untuk Tubuh

Selama ini, kebanyakan orang hanya tahu kalau vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan pilek dan flu. Mereka pun akhirnya cenderung lebih banyak mengonsumsi vitamin C, baik dalam bentuk suplemen atau buah-buahan dan sayuran, saat sakit saja. Padahal, ada banyak manfaat mengonsumsi vitamin C sehari-hari.

Beberapa manfaat Vitamin C yang harus Bunda ketahui, termasuk manfaat Vitamin C buat ibu menyusui, di antaranya adalah:

  • Membantu memperkuat sistem imun

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas. Jika tidak dinetralkan, radikal bebas dapat merusak sel dan menyebabkan stres oksidatif, yang sering dikaitkan dengan banyak penyakit kronis. 

Selain itu, asupan vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sampai 30 persen. Ini membantu sistem imun tubuh dalam mengatasi peradangan akibat infeksi. 

  • Membantu penyerapan zat besi

Salah satu nutrisi penting bagi ibu menyusui adalah zat besi, tak hanya untuk tubuhnya sendiri tapi juga untuk bayi. Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan jaringan di otak bayi, mendukung fungsi sel darah merah, menguatkan sistem imun, ikut membantu mencegah bayi stunting, dan mencegah Bunda menderita anemia.

Untuk membantu penyerapan zat besi dari makanan dapat optimal, maka vitamin C buat ibu menyusui harus dikonsumsi dengan cukup. Konsumsi vitamin C 100 mg sehari dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan sampai 67 persen.

  • Membantu mengurangi risiko penyakit jantung

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit jantung, di antaranya tekanan darah tinggi, tingginya LDL (kolesterol jahat), serta rendahnya HDL (kolesterol baik). Menurut penelitian, asupan vitamin C dapat membantu mengatasi faktor-faktor ini, sehingga risiko penyakit jantung pun berkurang. 

Dosis Vitamin C buat Ibu Menyusui yang Memadai

menyusui balita

Vitamin C dapat diteruskan oleh Bunda ke bayi lewat ASI. Jika mengonsumsi vitamin C yang memadai untuk sehari-hari, maka Bunda akan meneruskan vitamin ini sebanyak 50-90 mg ke bayi. Jumlah ini dapat mencukupi kebutuhan vitamin C bayi, yaitu 40 mg pada bayi usia 0-6 bulan dan 50 mg pada bayi usia 7-12 bulan. 

Jumlah asupan harian vitamin C buat ibu menyusui yang dianggap memadai adalah 120 mg, dan dapat ditoleransi sampai maksimal 2.000 mg. Beberapa ahli menyarankan untuk meningkatkan jumlah asupannya menjadi 500 mg per hari. Lagi pula, jika berlebihan bagi kebutuhan tubuh, maka vitamin C akan dikeluarkan lewat urine karena vitamin C adalah salah satu vitamin larut air. 

Walaupun begitu, sebaiknya Bunda tidak mengonsumsi vitamin C dosis tinggi (1.000 mg ke atas), kecuali dianjurkan dokter untuk membantu penyembuhan penyakit. Dampak dari konsumsi vitamin C dosis tinggi adalah diare, mual, kram perut, dan gangguan pencernaan lainnya.

Sumber-sumber Vitamin C untuk Ibu Menyusui

Asupan vitamin C pada ibu menyusui sangat dipengaruhi oleh pola makan yang seimbang. Menurut penelitian di Afrika misalnya, kandungan vitamin C di tubuh ibu menyusui akan meningkat pada musim buah-buahan yang menjadi sumber vitamin C, misalnya jeruk. 

Beberapa makanan yang merupakan sumber kandungan Vitamin C adalah: 

  • Buah-buahan: jambu biji, buah berjenis sitrus seperti jeruk dan lemon, kiwi, blackcurrant, stroberi, pepaya, mangga, dan kesemek.
  • Sayuran: Brokoli, cabai, paprika, kangkung, kembang kol, bayam, dan kale. 
  • Makanan dan minuman yang difortifikasi vitamin C.

Selain dari makanan dan minuman, sumber vitamin C buat ibu menyusui lainnya adalah suplemen vitamin C. Konsumsi suplemen sebaiknya dilakukan jika Bunda kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya lewat makanan, karena asupan vitamin C terbaik tetap dari makanan yang sehat.

Untuk informasi lebih detail tentang vitamin C buat ibu menyusui, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, ya. Ini termasuk pilihan asupan suplemen vitamin C yang baik bagi ibu menyusui jika dianggap perlu.

Sumber:

Healthline. 2020. 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body

Office of Dietary Supplement. 2021. Vitamin C: Fact Sheet for Consumers

Breastfeeding Support. 2019. Vitamin C and Breastfeeding

NCBI. 2020. Drugs and Lactation Database: Vitamin C

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *