5 Manfaat Chia Seed Untuk Ibu Menyusui

Healthy chia seeds in bowl on marble background

Ibu menyusui memang harus lebih selektif dalam memilih makanan untuk dikonsumsi untuk menjaga kondisinya dan bayi. Salah satu bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah chia seed

Apa saja manfaat chia seed untuk ibu menyusui? Ketahui dari penjabaran berikut ini.

Sejarah Chia Seed dan Kandungan Nutrisinya

Dalam 10 tahun terakhir, popularitas chia seed memang meningkat pesat. Karena kandungan nutrisinya, chia seed bahkan disebut-sebut sebagai salah satu superfood atau makanan tersehat di dunia. 

Walau belum lama dikenal oleh masyarakat modern dunia, tapi sebenarnya chia seed sudah hadir sejak zaman dahulu kala. 

Pada masa lalu, chia seed merupakan bahan pangan yang umum dijadikan persembahan untuk para dewa oleh masyarakat kerajaan Aztec di Meksiko. Ini karena chia seed merupakan bahan pangan utama bagi masyarakat tersebut.

Pangan biji-bijian ini memang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga manfaat chia seed untuk ibu menyusui tak diragukan lagi. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam 100 gram chia seed terdapat kandungan nutrisi di antaranya berupa:

  • Kalori: 486 kcal
  • Protein: 16,5 gr
  • Lemak total: 30,7 gr (26 gr di antaranya adalah asam lemak tak jenuh)
  • Karbohidrat: 42 gr
  • Serat pangan: 34,4 g
  • Kalsium: 631 mg
  • Zat besi: 7,72 mg
  • Magnesium: 335 mg
  • Fosfor: 860 mg
  • Potasium: 407 mg
  • Folat: 49 µg
  • Vitamin A: 54 IU

Manfaat Chia Seed untuk Ibu Menyusui

Melihat kandungan nutrisinya yang variatif, chia seed merupakan pilihan makanan yang tepat untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu menyusui. Beberapa manfaat chia seed untuk ibu menyusui di antaranya adalah:

  1. Membantu perkembangan otak bayi

Asam lemak dalam bentuk ALA (alpha-linolenic acid) merupakan prekursor dari DHA (docosahexaenoic acid). DHA dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan mata si Kecil, sejak ia dalam kandungan sampai sesudah lahir.  DHA didapatkan bayi lewat ASI.

Chia seed memiliki kandungan ALA yang cukup tinggi, sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat membantu meningkatkan kandungan DHA di dalam ASI. Bagi ibu menyusui, kandungan ALA dapat membantu mencegah peradangan, penyakit, dan depresi.

  1. Mencegah kerusakan sel

Radikal bebas dapat merusak sel tubuh yang memicu berbagai masalah, seperti peradangan di tubuh dan munculnya penyakit. Selain itu, radikal bebas juga dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif. Kondisi-kondisi ini tentu tidak ideal bagi ibu menyusui karena dapat berdampak ke produksi ASI dan ke bayi.

Chia seed memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menetralkan radikal bebas di tubuh. 

  1. Memberi asupan kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang diteruskan oleh Bunda ke bayi lewat ASI. Bayi usia 0-6 bulan butuh 200 mg kalsium setiap hari untuk pertumbuhannya. Bunda pun membutuhkan asupan kalsium sebesar 1.000 mg setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan bayi dan mengganti cadangan kalsium di tubuh yang terpakai saat hamil.

Chia seed memiliki kandungan kalsium yang tinggi, bahkan setara dengan produk dairy. Manfaat chia seed untuk ibu menyusui ini bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. 

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Sebagian besar karbohidrat yang terdapat di dalam chia seed berasal dari serat. Jika dihitung, kandungan serat dalam chia seed mencapai 40 persen, membuatnya menjadi salah satu makanan sumber serat pangan. 

Jika dikonsumsi sesuai kebutuhan, serat pangan dapat membantu Bunda lancar buang air besar. Selain itu, serat pangan juga merupakan makanan bagi bakteri baik di pencernaan, sehingga kondisi pencernaan tetap terjaga.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Ini merupakan bonus yang menyenangkan bagi ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat di chia seed yang tinggi, ditambah dengan kandungan proteinnya, membuat Bunda menjadi kenyang lebih lama setelah mengonsumsi makanan yang terbuat dari chia seed.

Chia seed dapat dengan mudah Bunda masukkan ke dalam makanan sehari-hari. Bunda bisa membuatnya menjadi pudding dengan mencampurkannya dengan susu. 

Bisa juga Bunda masukkan ke dalam oatmeal, smoothies, dan jus. Cukup gunakan 2-3 sendok makan chia seed untuk asupan sehari-hari.

Perlu Bunda pahami bahwa konsumsi makanan pada ibu menyusui berpengaruh lebih besar kepada kondisi Bunda dan tak banyak yang masuk ke ASI untuk diteruskan ke bayi. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi akan membantu menjaga kondisi Bunda sehingga dapat memproduksi ASI dengan optimal untuk bayi.   

Karena itu, jangan hanya mengandalkan satu jenis makanan saja untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda, walaupun makanan itu disebut sebagai superfood. Konsumsi makanan bernutrisi yang variatif akan lebih dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda secara keseluruhan.

Sumber:

Healthline Nutrition. 2018. 11 Proven Health Benefits of Chia Seeds

Mom Junction. 2021. Chia Seeds And Breastfeeding: Safety, Benefits And Side Effects

Livestrong. 2019. Is It Safe to Eat Chia Seeds While Breastfeeding?

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *