Ingin Masak Lebih Efektif dan Hemat? Coba Buat Meal Plan Yuk, Bun!

Setiap Bunda pasti pernah merasa bingung saat menentukan apa yang mau dimasak hari ini. Terkadang hal ini justru malah membuang waktu Bunda. Tak jarang, Bunda pun akhirnya memutuskan untuk membeli atau memesan makanan karena bingung mau masak apa.

Jangan khawatir, hampir setiap Bunda sering mengalami hal yang sama, kok. Namun, hal ini tidak baik jika dibiarkan terus menerus karena Bunda dapat menjadi boros. Untuk mengatasinya, Bunda mungkin dapat mencoba untuk membuat meal plan.

Meal plan adalah perencanaan makanan dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan untuk mengorganisir persiapan memasak atau membuat makanan. Selain memudahkan persiapan memasak, meal plan juga dapat membantu Bunda untuk mengatur pola makan yang sehat dan bergizi untuk keluarga.

BACA: Resep: Perkedel Singkong Isi Daging Cincang

Manfaat Membuat Meal Plan

Meal plan adalah satu solusi yang tepat bagi Bunda yang sering sibuk karena rutinitas dan memiliki waktu yang tidak banyak untuk memasak. Dengan meal plan, Bunda dapat mempersingkat waktu memasak karena Bunda tidak perlu lagi bingung untuk menentukan menu masakan pada hari itu.

Biasanya, meal plan dibuat untuk jangka waktu 3 – 7 hari ke depan sehingga Bunda tak perlu lagi repot-repot untuk memilih lauk pauk dan sayuran yang akan Bunda masak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat meal plan yang perlu Bunda ketahui:

1.    Masak menjadi efektif

Jika Bunda sudah membuat meal plan, Bunda tak perlu lagi membuang waktu untuk memikirkan menu makanan yang akan Bunda masak setiap hari. Bunda juga dapat berbelanja bahan-bahan untuk memasak beberapa hari sebelumnya agar Bunda tak perlu bolak-balik ke pasar atau tukang sayur. Dengan begitu, waktu memasak akan menjadi lebih efektif sehingga Bunda dapat memiliki waktu lebih untuk melakukan rutinitas lainnya.

2.    Menghemat pengeluaran

Jika berbelanja tanpa persiapan, mungkin seringkali Bunda membeli bahan-bahan yang tidak begitu diperlukan sehingga pengeluaran menjadi lebih banyak serta boros. Begitu pula saat Bunda merasa bingung untuk masak dan menjadi tidak mood, akhirnya Bunda pun membeli makanan dari luar.

Hati-hati, Bun. Jika hal ini dibiarkan, pengeluaran Bunda dapat membengkak, lho. Untuk itu, Bunda dapat mengatasinya dengan meal plan agar lebih hemat karena Bunda bisa berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.  Memasak harian dengan panduan meal plan juga menghindari kebiasaan membeli makanan dari luar sehingga pengeluaran Bunda menjadi lebih efisien.

3.    Pola makan menjadi lebih sehat

Manfaat dari meal plan selanjutnya adalah Bunda dapat mengatur pola makan yang lebih sehat dengan asupan yang bergizi serta bernutrisi. Saat Bunda membuat meal plan, Bunda dapat menjadi lebih terencana untuk memilih asupan apa saja yang dapat memenuhi nutrisi harian keluarga. Dengan begini, pola makan Bunda dan keluarga pun menjadi lebih sehat dan terhindar dari bahaya makanan siap saji atau junk food.

4.    Membantu menurunkan berat badan

Jika Bunda ingin menurunkan berat badan atau berdiet, meal plan dapat menjadi solusi yang tepat. Melalui meal plan, Bunda dapat menjaga porsi makan dan merencanakan asupan yang akan Bunda konsumsi dengan menghitung jumlah kalori harian.

5.    Mencegah makanan terbuang

Meal plan juga dapat bermanfaat untuk mencegah makan terbuang. Jika Bunda memasak tanpa rencana, hal ini dapat memungkinkan Bunda untuk memasak secara berlebih dan akhirnya menjadi terbuang. Dengan meal plan, Bunda dapat mengatur porsi masak sesuai kebutuhan sehingga cukup untuk keluarga dan tidak berlebihan.

BACA: Makanan Bayi: Lebih Baik Beli atau Bikin Sendiri?

Cara Membuat Meal Plan

Cara membuat meal plan sebenarnya cukup mudah, Bun. Bunda pun dapat melakukannya hal ini di akhir pekan sambil bersantai di rumah. Berikut ini caranya:

  • Tentukan makanan yang akan masak atau dikonsumsi selama 3 atau 7 hari kedepan mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, dan juga camilan.
  •  Supaya lebih mudah, Bunda dapat membuatnya dalam bentuk tabel.
  •  Pastikan menu makanan yang Bunda pilih mengandung nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, serat, dan vitamin.
  • Supaya tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja, Bunda dapat mempelajari berbagai resep masakan dari buku ataupun internet.
  • Bunda juga dapat menggabungkan konsep meal plan dengan meal prep atau meal preparation. Meal preparation dapat dilakukan dengan cara membersihkan serta memotong sayuran dan bahan makanan lainnya lalu disimpan di wadah kedap udara di dalam kulkas.

Meal plan merupakan konsep perencanaan makanan yang dapat memudahkan Bunda untuk mempersiapkan menu harian keluarga. Cara ini juga sangat cocok bagi Bunda yang sibuk dengan rutinitas atau Bunda yang bekerja. Jangan lupa, perhatikan asupan yang bergizi saat membuat meal plan agar kebutuhan nutrisi Bunda dan keluarga dapat terpenuhi dengan baik. Semoga informasinya ya bermanfaat, Bun!

BACA: Cara Menghemat Pengeluaran Setelah Bayi Lahir

Sumber:

Health shots. 2021. 6 Benefits of Meal Planning a Week in Advance

Mayo clinic. 2020. Menu planning: Eat healthier and spend less

Healthline. 2020. How to Meal Prep — A Beginner’s Guide

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *