Bolehkan Ibu Hamil Creambath?

Saat hamil, Bunda pasti mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi mood dan daya tahan tubuh. Selain itu, Bunda juga mungkin mengalami berbagai keluhan seperti tubuh jadi cepat lelah, punggung pegal, kaki bengkak, dan lainnya.

Hal ini tentu membuat Bunda jadi ingin melakukan pijat atau relaksasi. Sayangnya pilihan untuk melakukan hal itu jadi lebih terbatas karena kehamilan Bunda. 

Ibu hamil tidak diperbolehkan untuk melakukan pijatan di beberapa area, terutama daerah perut, pinggang, dan kaki. Area-area tersebut jika dipijat dapat membahayakan janin dan membuat sejumlah komplikasi atau risiko berbahaya. 

Jika pijat tubuh perlu dihindari, apakah creambath saat hamil diperbolehkan? Perawatan rambut yang biasa dilakukan di salon ini memang bisa membuat Bunda merasa lebih santai. Tak hanya itu, rambut Bunda jadi lebih terawat, wangi, serta membuat penampilan lebih fresh dan cantik. 

Creambath merupakan perawatan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan krim yang di balurkan di kulit kepala. Tak sampai situ, beberapa salon juga akan melakukan pijatan di area kepala, leher, pundak, bahkan ada yang sampai area punggung. 

Creambath saat hamil aman dilakukan karena pijatan yang dilakukan berada di wilayah yang aman. Namun, pastikan area punggung sampai pinggang tidak dipijat untuk menghindari resiko yang ada. Jadi, pijatan hanya aman dilakukan di area kepala, leher, sampai pundak saja. Tentunya kekuatan dari pijatannya pun tidak boleh terlalu keras, karena dapat menyakiti Bunda.

Beberapa krim creambath umumnya terbuat dari bahan-bahan kimia yang mungkin dapat membahayakan janin. Ditambah lagi, krim ini bisa meresap ke dalam lapisan kulit kepala. Maka dari itu, krim untuk creambath juga perlu diperhatikan. Pilih bahan-bahan alami yang aman untuk ibu hamil. 

BACA: Masker untuk Ibu Hamil, Apakah Aman?

Cara Membuat Krim Creambath Alami di Rumah

Sulit menemukan produk dengan bahan alami atau merasa harganya terlalu mahal? Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di temukan di rumah atau di supermarket. Agar lebih aman lagi, Bunda bisa melakukan perawatan di rumah dengan membuat sendiri krim creambath dari bahan alami.

  1. Minyak zaitun

Untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut, Bunda bisa melakukan creambath dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat menjaga sekresi sebum, merangsang pertumbuhan, dan menguatkan akar. Minyak ini juga kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa menjaga kelembapan, melembutkan, serta menghindarkan dari ketombe dan rambut rontok.

Cara membuat:

Agar makin maksimal dan mendapatkan harum yang diinginkan, Bunda bisa mencampur minyak zaitun dengan Virgin Coconut Oil (VCO) dan essential oil. 

  1. Alpukat

Kandungan protein pada alpukat sangat efektif menguatkan rambut. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral lain dalam alpukat juga mampu menutrisi rambut. 

Cara membuat: 

Bunda tinggal menghaluskan alpukat, campurkan dengan VCO dan minyak esensial, lalu balurkan di kulit kepala dan batang rambut. Diamkan selama 30 menit-1 jam, kemudian bilas dengan sampo kesukaan Bunda.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu menghilangkan minyak berlebih, menenangkan kulit kepala, dan melindungi helai rambut. Lidah buaya juga mampu mengontrol sekresi sebum dan membuat rambut jadi lebih lembut. 

Cara membuat:

Hancurkan daging lidah buaya, lalu campurkan dengan sedikit lemon untuk mengurangi minyak berlebih di kulit kepala. Oleskan pada kulit kepala, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Namun bunda dengan kulit kepala sensitif perlu mempertimbangkan pemberian air lemon, karena sifatnya yang sangat asam dan tingkat pH-nya yang tinggi.

BACA: Mengenali Manfaat dan Memilih Pijat Hamil yang Aman

  1. Minyak kemiri

Selain lidah buaya, penggunaan minyak kemiri juga mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Minyak kemiri akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, minyak kemiri juga bisa merangsang rambut untuk tumbuh. 

Cara membuat:

Bunda bisa langsung membeli minyak kemiri yang ada di pasaran atau membuatnya sendiri. Caranya campurkan kemiri yang sudah dihaluskan dengan VCO. Cukup oles rata minyak kemiri di kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas bersih dengan sampo.

Itu tadi beberapa cara membuat ramuan creambath alami sendiri di rumah. Bunda bisa membuat ramuan creambath ini, lalu membawanya ke salon untuk dipakaikan. 

Selain itu, usahakan untuk tidak memakai hair tonic setelah creambath. Bahan hair tonic umumnya mengandung alkohol dan bahan kimia yang berbahaya untuk ibu hamil. Lalu, pastikan juga creambath saat hamil dilakukan dengan pijatan yang lembut ya, Bun. Jangan lupa juga untuk menginfokan kepada petugas salonnya jika Bunda sedang hamil.

BACA: Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil

Sumber

First Cry Parenting. 2018. Are Spa Treatments Safe During Pregnancy?

By dr. Andri Welly, Sp. OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *