Mata Kering saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini!

Apakah saat hamil Bunda pernah mengalami mata kering? Gangguan mata termasuk mata kering memang merupakan hal yang yang wajar terjadi pada saat kehamilan. Walaupun terdengar sepele, mata kering saat hamil tentu dapat menghambat aktivitas Bunda karena dapat membuat Bunda merasa tidak nyaman.

Mata kering terjadi karena kurangnya kelembaban mata yang dapat disebabkan karena faktor hormonal saat hamil atau menyusui. Namun, jangan khawatir, Bun. Gejala mata kering ini dapat menghilang dengan sendirinya ketika hormon Bunda sudah stabil kembali, kok.

Penyebab Mata Kering saat Hamil

Gejala mata kering saat hamil biasanya terjadi sejak trimester pertama kehamilan dan dapat semakin parah di akhir trimester ketiga. Kondisi ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon estrogen yang menekan produksi air mata.

Air mata terdiri dari 98 persen air untuk kelembaban, dan 2 persennya mengandung minyak untuk pelumasan, mucus untuk menyebarkan, garam serta 1500 protein lainnya yang berfungsi untuk melembabkan mata, melindungi kornea, proteksi terhadap infeksi, dan mencegah bakteri.

Maka dari itu, ketika produksi air mata berkurang, hal ini dapat menyebabkan mata kering yang dapat disertai dengan gejala mata gatal, mata merah, kering, lelah, terasa panas, dan terasa ada yang mengganjal atau berpasir.

Selain dipengaruhi oleh faktor hormon kehamilan, mata kering saat hamil juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti:

  • Penggunaan lensa kontak
  • Dehidrasi
  • Paparan sinar matahari
  • Paparan kipas angin
  • Berada di luar saat cuaca dingin atau berangin
  • Kurang asupan vitamin A
  • Kurang mengonsumsi asam lemak omega-3

BACA: Kaki Bengkak Saat Hamil? Waspada Gangguan Kehamilan Ini

Cara Mengatasi Mata Kering saat Hamil

Gejala mata kering memang merupakan salah satu keluhan kehamilan yang wajar terjadi. Walaupun keluhan ini tidak serius dan tidak mengganggu kesehatan janin, namun mata kering saat hamil dapat mengganggu kenyamanan Bunda dalam beraktivitas. Untuk itu, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi mata kering saat hamil:

1.       Cukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi terutama jika Bunda mengalami morning sickness

2.       Konsumsi sayuran dan buah

3.       Hindari terlalu lama menatap layar handphone atau komputer

4.       Cukupi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi vitamin kehamilan

5.       Gunakan kacamata hitam saat di luar rumah untuk menghindari paparan sinar matahari

6.       Gunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan yang aman untuk ibu hamil

7.       Pijat atau cuci mata dengan air bersih

8.       Gunakan air humidifier untuk menjaga ruangan tetap lembab

9.       Letakan tumbuhan di dalam rumah untuk menjaga kelembapan udara

10.   Hindari paparan kipas angin secara langsung

11. Sering membuka dan menutup mata, terutama jika mata Bunda terasa lelah, maka diupayakan untuk memejamkan atau menutup mata.

BACA: Mendengkur saat Hamil? Waspada Bahaya Ini

Kapan Harus ke Dokter?

Mata kering saat hamil termasuk keluhan kehamilan yang ringan. Namun kondisi ini dapat menandakan gejala gangguan kehamilan yang serius jika disertai dengan beberapa keluhan lainnya seperti:

  •  Penglihatan kabur (penglihatan menjadi tidak jelas)
  •  Perubahan dalam penglihatan warna
  • Melihat aura atau lingkaran cahaya pada objek
  • Sering melihat kilatan cahaya
  •  Melihat titik atau benda kecil yang seperti “mengambang” pada area pandang mata
  • Terdapat bintik hitam atau gelap saat melihat
  •  Ketidakmampuan mata untuk fokus
  • Kebutaan sementara

Jika Bunda mengalami beberapa gejala gangguan mata seperti yang sudah disebutkan di atas, segera kunjungi dokter karena hal ini dapat menjadi salah satu gejala komplikasi kehamilan. Begitu pula jika muncul rasa sakit ada mata atau ada rasa tekanan benda berat pada mata karena hal ini dapat menjadi salah satu gejala preeklamsia.

Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah yang tinggi. Beberapa gejalanya antara lain nyeri kepala, mual, muntah, bengkak pada kaki,tangan atau wajah, serta penglihatan yang menjadi buram. Jika dibiarkan, preeklamsia yang tidak ditangani dapat berakibat fatal bagi ibu dan janin.

Selain itu, gangguan mata saat hamil juga dapat menjadi gejala penyakit diabetes melitus, diabetes gestasional, hipertensi dalam kehamilan termasuk diantaranya preeklamsia dan hipertensi kronik, toksoplasmosis, dan juga penyakit ginjal. Beberapa penyakit ini bahkan dapat menimbulkan risiko gangguan penglihatan yang cukup serius. Untuk itu, lakukan pemeriksaan rutin selama kehamilan agar kesehatan Bunda dapat terpantau dengan baik.

Mata kering saat hamil merupakan salah satu kehamilan yang wajar dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon kehamilan yang mempengaruhi produksi air mata. Namun, jika Bunda mengalami mata kering saat hamil, sebaiknya tetap konsultasikan hal ini ke dokter kandungan untuk memastikan bahwa gejala yang Bunda alami bukan merupakan pertanda kondisi yang serius.

Sumber

Healthline. 2020. What Causes Dry Eyes During Pregnancy, and How Can You Get Relief?

Medical News Today. 2021. What to Know About Dry Eyes During Pregnancy

Very Well Health. 2020. Dry Eyes During Your Pregnancy

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *