8 Sayuran untuk Ibu Hamil yang Bagus Dikonsumsi

Sayuran untuk ibu hamil kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui jenis sayuran yang baik dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil dan mendukung tumbuh kembang janin.

Ada banyak nutrisi dari sayuran yang Bunda butuhkan selama menjalani masa kehamilan, seperti asam folat, beta karoten, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, zat besi, dan kalsium.

Tidak hanya menjaga kesehatan Bunda dan Si Kecil, konsumsi sayuran untuk ibu hamil juga mampu meredakan mual dan mencegah sembelit yang kerap terjadi saat hamil.

Pilihan Sayuran untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah pilihan sayuran untuk ibu hamil yang bisa Bunda konsumsi:

1. Brokoli

Brokoli memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Sayuran hijau ini mengandung banyak asam folat, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalsium. Brokoli juga diperkaya oleh serat dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan Bunda dan Si Kecil.

Kandungan vitamin dan mineral dalam brokoli juga berperan penting dalam menunjang proses tumbuh kembang janin, mencegah sembelit, serta menurunkan risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan, seperti anemia, diabetes gestasional, atau preeklamsia.

2. Bayam

Selama hamil, Bunda juga disarankan untuk makan bayam, terutama pada trimester pertama kehamilan. Sayuran untuk ibu hamil ini mengandung banyak asam folat, zat besi, dan kalsium yang berperan penting untuk mendukung perkembangan janin serta mencegah cacat lahir pada bayi dan anemia.

3. Kale

Selain bayam, sayuran hijau yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah kale.Di dalam kale, terkandung vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan mendukung perkembangan bayi.

Ditambah lagi, sayuran untuk ibu hamil ini juga dapat memenuhi lebih dari 70% kebutuhan vitamin K harian. Hal ini sangat penting untuk mencegah perdarahan berlebih saat persalinan dan mencegah kekurangan vitamin K.

4. Daun bawang

Mengandung nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan bayi, daun bawang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi saat hamil. Nah, sayuran ini kaya akan kalsium dan vitamin B6 yang penting untuk perkembangan tulang janin serta meredakan mual dan muntah (morning sickness).

5. Wortel

Kandungan beta karoten yang berlimpah di dalam wortel mampu mendukung perkembangan mata, kulit, dan organ janin. Selain itu, sayuran berwarna kekuningan ini juga tinggi serat dan kaya vitamin C, lho. Nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan kolagen dan meningkatkan daya tahan tubuh Bunda selama hamil.

6. Paprika merah

Perlu Bunda ketahui nih, satu buah paprika merah mengandung vitamin C 2 kali lebih banyak daripada jeruk, lho. Nutrisi ini berperan penting dalam mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi saat hamil, seperti tekanan darah tinggi.

Kandungan vitamin C dalam paprika merah juga memiliki efek antioksidan yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin dan membantu tubuh Bunda untuk menyerap zat besi yang sangat dibutuhkan selama mengandung Si Kecil.

7. Kol

Kol juga termasuk salah satu jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil. Sayur ini mengandung banyak serat dan vitamin C, vitamin B, kalium, dan kalsium. Asupan nutisi tersebut bisa membantu memperkuat imunitas tubuh Bunda, mendukung tumbuh kembang janin, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

8. Ubi

Ubi kerap dikonsumsi karena murah, mudah ditemukan, dan bergizi. Ini menjadikan ubi termasuk sayuran untuk ibu hamil yang tidak boleh Bunda sepelekan. Ubi kaya akan karbohidrat kompkeks, protein, vitamin A, kalium, dan serat. Berkat kandungan nutrisinya yang tinggi, ubi bisa Bunda konsumsi untuk menambah energi, mendukung pertumbuhan janin, dan menambah berat badan saat hamil.

Berbagai pilihan sayuran untuk ibu hamil di atas bisa Bunda jadikan sebagai menu makan sehari-hari. Pastikan untuk selalu memilih sayuran yang segar dan mencucinya hingga bersih sebelum dikonsumsi, ya.

Selain itu, Bunda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, misalnya dengan rajin berolahraga, mencukupi asupan cairan, dan mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil. Hal yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk selalu memeriksakan kandungan ke dokter ya, Bun.

Sumber:

Johns Hopkins University (2023). Wellness and Prevention. Nutrition During Pregnancy.

All About Woman Obstetrics and Gynecology (2023). Benefits of Eating Vegetables for Expectant Mothers During Pregnancy.

Allo Health (2023). Eating Carrots During Pregnancy: Benefits and Risks.

Allo Health (2023). Eating Spinach During the First Trimester of Pregnancy.

Allo Health (2023). The Benefits of Eating Broccoli During Pregnancy.

Baby Center (2021). What to Eat When Pregnant: The 12 Best Foods.

Healthline (2023). 9 Health Benefits of Kale.

Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

Healthline (2019). Understanding Vitamin K Deficiency.

Parents (2022). 27 Pregnancy Power Foods.

WebMD (2022). Health Benefits of Leeks.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *