4 Buah Penghilang Mual Saat Hamil yang Bisa Meredakan Morning Sickness

Buah penghilang mual saat hamil dapat dikonsumsi ketika Bunda mengalami mual atau morning sickness. Jika mengonsumsi buah ini, keluhan mual selama hamil bisa mereda dan tentunya ibu hamil dapat kembali melakukan aktivitas sehari-harinya. Penasaran, buah apa saja yang bisa menghilangkan mual pada ibu hamil?

Mual merupakan kondisi yang wajar terjadi di masa awal kehamilan atau di trimester pertama. Keluhan ini bisa berlangsung sepanjang hari lho, bahkan sampai membuat ibu hamil enggan makan.

Mual selama kehamilan biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti meningkatnya kadar hormorn estrogen dan human chorionic gonadotropin (hCG), kadar gula darah rendah, stres selama hamil, atau sensitif terhadap aroma tertentu, misalnya aroma makanan atau parfum yang menyengat.

Beragam Buah Penghilang Mual Saat Hamil

Nah, untuk meredakan keluhan mual saat hamil, Bunda dapat mencoba mengonsumsi buah-buahan penghilang mual berikut ini:

1. Pisang

Bunda tahu nggak, makan satu buah pisang sehari bisa menghilangkan rasa mual lho. Makanya, pisang bisa menjadi pilihan sebagai buah penghilang rasa mual saat hamil.

Saat Bunda makan pisang, buah ini bisa mencegah kadar asam lambung naik. Tidak hanya itu saja, pisang juga dapat mengembalikan kalium yang hilang akibat mual dan muntah.

2. Semangka

Nah, selain air putih, ternyata semangka bisa membantu menghidrasi tubuh Bunda selama menjalani masa kehamilan. Solanya, mual dan muntah saat hamil bisa menyebabkan dehidrasi.

Dengan mengonsumsi semangka, keluhan mual dan muntah bisa cepat mereda. Ini berkat kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang cukup tinggi pada buah semangka.

3. Lemon dan jeruk

Lemon atau jeruk juga bisa dikonsumsi sebagai buah penghilang mual saat hamil. Buah yang tinggi vitamin C ini memiliki antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa gangguan pencernaan dan mencegah morning sickness

Meski rasanya asam, lemon atau jeruk cenderung tidak mengiritasi dinding lambung. Ditambah lagi aroma lemon dan jeruk juga mampu mengurangi rasa mual yang Bunda rasakan selama mengandung Si Kecil.

4. Apel

Apel kaya akan serat yang juga mampu meredakan mual saat hamil, Bun. Ini karena serat di dalam apel bisa memperlancar saluran pencernaan dan mengurangi asam lambung berlebih. Dengan begitu, rasa mual selama hamil bisa diatasi.

Namun, jangan mengonsumsi apel secara berlebihan ya, Bun. Soalnya, terlalu banyak serat yang dimakan bisa memicu peningkatan rasa mual. Jadi, cukup makan satu buah apel sehari, ya. Agar lebih aman, pilih juga buah apel yang manis, jangan yang terlalu asam.

Selain mengonsumsi buah penghilang mual saat hamil, Bunda juga bisa melakukan cara sederhana untuk menghalau rasa mual, seperti:

  • Hindari makanan berminyak, pedas, dan berlemak
  • Makanlah dalam porsi kecil, pelan-pelan, tetapi sering
  • Banyak minum air putih dan hindari minuman kafein, beralkohol, dan bersoda
  • Konsumsi suplemen vitamin B6 setiap hari jika perlu, untuk membantu meringankan mual
  • Setelah muntah, jangan lupa untuk sikat gigi dan berkumur menggunakan mouthwash ya, Bun. Hal ini dilakukan agar sisa makanan tidak menempel dan meninggalkan bau di mulut serta tidak merusak enamel gigi

Jika keluhan mual masih terjadi atau justru bertambah parah, sebaiknya Bunda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber:

Cleveland Clinic (2023). Morning Sickness.

Mayo Clinic (2022). Morning Sickness.

Mayo Clinic (2021). Is Nausea During Pregnancy a Good Sign?

All About Women Obstetrics and Gynecology (2023). Fruits During Pregnancy: The Good, the Bad, and the Unhealthy.

Everyday Health (2023). 9 Foods That Help Relieve Nausea.

Healthline (2020). Does Watermelon Have Benefits for Pregnancy?

The Mother Baby Center (2022). Morning Sickness: 10 Foods That Fight Nausea During Pregnancy.

Verywell Family (2023). 5 Foods to Fight Nausea During Pregnancy.

WebMD (2022). Morning Sickness.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *