5 Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Daun singkong untuk ibu hamil ternyata menyimpan segudang manfaat. Soalnya, sayuran ini memiliki kandungan vitamin, protein, mineral, dan asam amino yang baik untuk tubuh. Nah, berkat kandungan nutrisi tersebut, daun singkong bisa dijadikan sebagai alternatif sayuran sebagai menu makan harian selama hamil.

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong untuk ibu hamil:

1. Mencegah anemia

Sebagai salah satu sumber zat besi, daun singkong untuk ibu hamil bisa digunakan untuk mencegah anemia lho, Bun. Pada masa kehamilan, kebutuhan zat besi pada ibu hamil berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang bertugas mengantarkan oksigen ke janin.

Tidak hanya kaya akan zat besi, daun singkong juga mengandung banyak vitamin C dan asam folat yang bermanfaat untuk menunjang proses tumbuh kembang janin serta memaksimalkan penyerapan zat besi sehingga bisa mendukung proses pembentukan sel darah merah yang sehat.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Daun singkong juga bisa membantu Bunda untuk menjaga daya tahan tubuh selama hamil. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya yang dapat melindungi tubuh dari infeksi sekaligus menangkal radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis.

Dengan makan daun singkong, sistem imun akan kuat dan Bunda pun tidak mudah jatuh sakit.

3. Menjaga kesehatan tulang

Daun singkong untuk ibu hamil kaya akan kandungan mineral, terutama kalsium. Mineral ini berperan penting dalam mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin sekaligus membantu otot dan persendian berkembang dengan baik.

Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang, sekaligus mencegah osteoporosis pada ibu hamil. Makanya, yuk jadikan daun singkong sebagai tambahan asupan kalsium selama hamil.

4. Mengurangi tekanan darah

Manfaat daun singkong yang juga sayang untuk dilewatkan adalah mengurangi tekanan darah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalium di dalamnya.

Nah, nutrisi ini dapat membantu Bunda untuk menurunkan tekanan darah selama menjalani kehamilan sehingga bisa mencegah risiko terjadinya gangguan kehamilan, seperti preeklamsia.

5. Melancarkan pencernaan

Daun singkong mengandung prebiotik dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi daun singkong, ibu hamil akan terhindar dari gangguan pencernaan, termasuk sembelit atau bahkan diare

Perlu Bunda ketahui nih, daun singkong mengandung zat beracun berupa sianida. Oleh karena itu, Bunda tidak bisa sembarangan mengolahnya.

Pastikan untuk selalu mencuci daun singkong sampai bersih dan memasaknya hingga matang ya, Bun. Hal ini guna menghilangkan zat beracun dan mendapatkan manfaat daun singkong tanpa mengurangi kadar nutrisi di dalamnya.

Selain itu, Bunda juga perlu berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, mengurangi stres, dan memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter sesuai jadwal agar kondisi kesehatan Bunda dan Si Kecil tetap terpantau.

Sumber:

Baby Center (2021). Calcium During Pregnancy.

Health Benefits (2020). Cassava Leaf.

Healthline (2023). What Is Cassava? Health Benefits and How to Prepare It.

Verywell Fit (2022). Cassava Nutrition Facts and Health Benefits.

Verywell Health (2023). Health Benefits of Cassava.

WebMD (2023). Cassava – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *